Apa Itu Haters? Ketahui Pengertian Menurut Para Ahli dan Cara Menghadapinya

"Tetap Berkarya dan Kreatif"

Life | 13 July 2023, 12:10
Apa Itu Haters? Ketahui Pengertian Menurut Para Ahli dan Cara Menghadapinya

Anda aktif di media sosial? Tentu ada haters kan? Ya, haters tak hanya dihadapi oleh para selebriti, karena sekarang semua orang menjadi 'publik figur' di media sosial. Sehingga seringkali ada miskomunikasi atau salah paham yang memunculkan haters. 

Nah, apa sih sebenarnya haters itu?  


Istilah "haters" dalam media sosial mengacu pada individu atau kelompok yang secara aktif mengekspresikan kebencian, kritik, atau sikap negatif terhadap orang lain, organisasi, produk, atau gagasan yang mereka anggap tidak menyukai. Haters seringkali menggunakan platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, atau YouTube untuk mengeluarkan pendapat mereka yang tidak menyenangkan.

Haters dapat memiliki beragam alasan untuk memperlihatkan kebencian mereka. Beberapa mungkin hanya ingin mengganggu atau menarik perhatian, sedangkan yang lain mungkin memiliki masalah pribadi atau rasa ketidakpuasan yang mendorong mereka untuk mengekspresikan kebencian secara online. Beberapa haters mungkin juga merasa anonimitas di media sosial memungkinkan mereka untuk mengungkapkan sikap negatif tanpa konsekuensi.

Haters seringkali memberikan komentar atau pesan yang tidak sopan, mencela, atau menyerang secara pribadi individu atau kelompok yang menjadi sasaran mereka. Mereka juga dapat menggunakan bahasa kasar atau pelecehan verbal dalam upaya mereka untuk menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan bagi orang yang mereka sasar.

Penting untuk diingat bahwa haters bukanlah representasi mayoritas pendapat di media sosial. Sementara mereka seringkali terlihat dan terdengar keras, masih ada banyak individu yang mendukung, menghargai, atau memiliki opini positif yang tidak terlalu vokal di media sosial.

Pengertian Haters Menurut Pandangan Ahli:

Daun.id

Cara Menghadapi Haters/pixabay

1. Whitney Phillips, seorang ahli komunikasi digital, berpendapat bahwa haters di media sosial seringkali merupakan bagian dari "kultur troll" yang menikmati mengganggu dan menghancurkan suasana online. Mereka mencari perhatian dan kesenangan dalam memancing reaksi negatif dari orang lain.

2. Alice Marwick, seorang peneliti di bidang budaya internet, mengamati bahwa haters menggunakan platform media sosial untuk memanifestasikan sikap dan keyakinan negatif mereka. Mereka mungkin merasa anonimitas memberikan kebebasan untuk mengungkapkan kebencian mereka tanpa rasa takut akan konsekuensi sosial.

3. Berdasarkan penelitian tentang psikologi online, haters seringkali memiliki tingkat empati yang rendah dan cenderung memanifestasikan perilaku agresif di media sosial. Mereka mungkin merasa terkuat saat mengekspresikan ketidaksenangan dan kebencian mereka terhadap orang lain.

4. Dr. Susan Krauss Whitbourne, seorang psikolog, menjelaskan bahwa haters seringkali menggunakan media sosial sebagai outlet untuk memperlihatkan rasa frustrasi, kecemburuan, atau ketidakpuasan dalam kehidupan mereka. Kritik dan kebencian mereka dapat mencerminkan ketidakpuasan yang lebih dalam yang mereka rasakan.

Beberapa ahli menyarankan bahwa menghadapi haters dengan kebijakan "tidak memberi makan troll" adalah strategi yang efektif. Dengan tidak memberikan reaksi atau perhatian kepada haters, mereka kehilangan panggung yang mereka cari dan mungkin berhenti mengganggu.

Beberapa tips yang dapat membantu Anda menghadapi haters:


1. Jaga emosi Anda:
Penting untuk tetap tenang dan tidak terbawa emosi ketika berhadapan dengan haters. Jangan biarkan komentar negatif mereka mempengaruhi perasaan atau kepercayaan diri Anda. Ingatlah bahwa komentar mereka mungkin tidak berdasar atau tidak relevan.

2. Jangan terlibat dalam konfrontasi:
Hindari terjebak dalam perdebatan yang tidak produktif atau berkepanjangan dengan haters. Mereka mungkin mencari perhatian atau memprovokasi Anda. Tetaplah profesional dan jangan turun ke level mereka dengan merespons dengan kemarahan atau kebencian.

3. Blokir atau hapus komentar negatif:
Jika komentar haters mengganggu Anda, Anda memiliki opsi untuk memblokir atau menghapus komentar mereka. Ini akan membantu menjaga lingkungan media sosial Anda menjadi lebih positif dan mengurangi interaksi dengan haters.

4. Fokus pada konten positif:
Teruslah memproduksi dan berbagi konten yang bernilai dan positif. Fokus pada pengembangan konten yang relevan dan bermanfaat bagi audiens Anda. Dengan melanjutkan memberikan nilai positif, Anda dapat menarik perhatian orang-orang yang lebih peduli dan berpikiran positif.

5. Dapatkan dukungan dari pengikut Anda:
Jika Anda menghadapi haters secara teratur, berbagi pengalaman Anda dengan pengikut Anda. Minta dukungan mereka dan biarkan mereka tahu bahwa komentar negatif tidak akan menghalangi Anda untuk terus berkontribusi dengan konten yang Anda sajikan.

6. Hindari membalas dengan kebencian:
Jangan pernah membalas dengan kebencian atau merespons komentar negatif dengan lebih banyak kebencian. Ini hanya akan memperburuk situasi dan memberikan haters lebih banyak amunisi untuk menyerang Anda.

7. Laporkan perilaku yang melanggar:
Jika haters melampaui batas dan melakukan pelecehan atau ancaman, laporkan perilaku mereka kepada platform media sosial yang Anda gunakan. Banyak platform memiliki kebijakan tentang perilaku yang tidak pantas dan mungkin akan mengambil tindakan.

8. Fokus pada kehadiran positif:
Alihkan perhatian Anda pada interaksi dan umpan balik positif dari pengikut dan audiens Anda. Berinteraksi dengan orang-orang yang mendukung dan menghargai konten Anda akan membantu mengurangi dampak negatif yang mungkin Anda alami dari haters.

Selalu ingat bahwa haters biasanya merupakan minoritas, dan banyak orang di media sosial yang menghargai dan mendukung Anda. Tetaplah fokus pada tujuan dan visi Anda, dan jangan biarkan haters menghalangi Anda untuk terus berkontribusi dengan konten yang Anda ciptakan.

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya