10 Barang Keren yang Wajib Dibawa ke Sekolah Saat Tahun Ajaran Baru

"Barang-barang yang wajib ada dalam daftar belanja kebutuhan sekolah. Temukan daftar lengkapnya di sini!"

Life | 29 December 2023, 00:01
10 Barang Keren yang Wajib Dibawa ke Sekolah Saat Tahun Ajaran Baru

Tahun ajaran baru sudah di depan mata, dan itu artinya kehidupan baru di sekolah akan dimulai lagi. Bulan Juli adalah bulan di mana siswa-siswa akan kembali ke sekolah untuk belajar.

Tapi, tidak semua siswa merasa senang menyambut tahun ajaran baru ini. Mereka mungkin sudah terbiasa dengan liburan di rumah bersama keluarga atau bermain dengan teman-teman.

Namun, peran orangtua sangat penting dalam membangkitkan semangat anak-anak untuk kembali belajar di sekolah. Salah satu cara yang ampuh yang biasanya dilakukan orangtua adalah dengan melengkapi kebutuhan sekolah anak-anak. Anak-anak akan lebih semangat masuk sekolah jika mereka memiliki semua barang yang dibutuhkan, terutama jika barang-barang tersebut baru.

Berikut ini adalah 10 barang kebutuhan sekolah yang wajib dipersiapkan menjelang tahun ajaran baru:

1. Seragam sekolah: Seragam sekolah adalah hal yang penting dan harus dimiliki oleh setiap siswa. Seragam ini tidak harus baru, siswa yang naik kelas masih bisa menggunakan seragam sebelumnya. Namun, siswa yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi biasanya membeli seragam yang sesuai dengan kriteria sekolah barunya.

2. Tas sekolah: Tas sekolah juga merupakan barang penting yang harus dipersiapkan. Tas berfungsi sebagai tempat menyimpan alat tulis dan barang-barang lainnya. Ukuran tas biasanya berbeda-beda untuk setiap jenjang pendidikan.

3. Buku tulis: Buku tulis adalah barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Buku ini digunakan untuk mencatat materi yang disampaikan oleh guru dan juga sebagai pengingat saat siswa lupa dengan suatu materi. Jumlah halaman buku bisa disesuaikan dengan banyaknya materi suatu mata pelajaran.

4. Pulpen: Pulpen adalah pasangan buku tulis dan juga merupakan barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Pulpen digunakan untuk mencatat materi yang disampaikan oleh guru. Disarankan untuk menyediakan dua pulpen agar siswa tidak kebingungan jika tinta pulpen habis di tengah pembelajaran.

5. Sepatu dan kaos kaki: Sepatu dan kaos kaki adalah barang penting yang harus dipersiapkan. Sepatu yang digunakan harus sesuai dengan aturan sekolah, biasanya sepatu warna hitam. Selain itu, kaos kaki juga diperlukan agar siswa merasa nyaman saat menggunakan sepatu.

6. Tempat pensil/pulpen: Tempat pensil atau pulpen penting untuk menyimpan alat tulis agar tidak bercampur dengan buku. Tempat pensil juga memudahkan siswa dalam mencari pensil atau pulpen yang dibutuhkan.

7. Peralatan menggambar dan mewarnai: Peralatan ini penting terutama bagi siswa PAUD, TK, dan juga mata pelajaran Seni di SD, SMP, dan SMA. Peralatan ini digunakan untuk menggambar dan mewarnai, dan bisa membantu siswa dalam proses pembelajaran.

8. Topi dan dasi: Topi dan dasi diperlukan saat upacara bendera di sekolah. Peserta upacara wajib menggunakan topi dan dasi sesuai aturan sekolah. Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkan topi dan dasi agar tidak dihukum saat upacara bendera.

9. Tempat air: Tempat air penting terutama bagi anak-anak PAUD dan TK. Anak-anak ini sebaiknya membawa bekal air minum sendiri karena mereka masih dalam bimbingan guru. Bagi siswa SD sampai SMA, membawa tempat air bisa mengurangi uang saku.

10. Tempat bekal makanan: Tempat bekal makanan juga penting bagi anak-anak PAUD dan TK. Mereka bisa membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Bagi siswa SMP dan SMA, membawa bekal makanan bisa menjadi pilihan untuk menghemat uang jajan.

Itulah 10 barang kebutuhan sekolah yang perlu dipersiapkan menjelang tahun ajaran baru. Pastikan kamu sudah siap dengan semua barang tersebut agar semangat belajarmu tetap menyala sepanjang tahun ajaran baru ini!

(t/p)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 21 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya