6 Cara Mengatasi Tremor di Usia Muda Secara Efektif, Ketahui Penyebabnya

"Kondisi termor akan mengakibatkan penderita mengalami kesulitan beraktivitas"

Life | 28 January 2022, 17:27
6 Cara Mengatasi Tremor di Usia Muda Secara Efektif, Ketahui Penyebabnya

Tremor adalah kondisi tangan bergetar dengan sendirinya, dan susah untuk dikendalikan. Ini menyebabkan penderita mengalami kesulitan untuk menulis hingga mengambil barang.

Tidak hanya pada tangan, kondisi ini juga dapat terjadi pada bagian kaki, leher hingga kepala.

Kondisi tremor dapat terjadi pada segala usia, dari muda hingga tua. Tremor pada usia muda dapat mengganggu kesehatan sehari-hari, namun secara umum tremor dapat dapat hilang dengan sendirinya.

Pada kondisi khusus, tremor yang Anda alami bisa menjadi gelaja kondisi yang lebih serius. Anda harus berhati-hati jika tremor yang Anda alami berlangsung cukup lama.

Penyebab Tremor
Saat Anda mengalami tremor, kondisi tersebut tentu memiliki pemicu atau penyebab. Berikut ini adalah penyebab tremor, antara lain:

- Faktor genetik

Daun.id

pexels.com

Faktor genetik adalah penyebab utama tremor pada usia muda. Kondisi ini timbul karena gejala tremor menurun dari orang tua yang menderita tremor juga.

- Stress

Daun.id

pexels.com

Stress juga menjadi penyebab dari tremor yang Anda alami. Kondisi ini akan berangsur menghilang dengan sendirinya saat perasaan sudah mulai stabil.

- Dystonia
Dystonia merupakan kelainan gerakan yang disebabkan karena otak salah mengirim pesan yang menyebabkan otot bergerak terlalu aktif.

Kondisi ini bisa menjadi penyebab tremor tangan pada usia muda, ini biasa terjadi bahkan pada orang yang sehat sekalipun. Tremor akan hilang dengan sendirinya saat Anda beristirahat.

- Hipertiroid
Kelebihan tiroid adalah penyebab tremor tangan pada usia muda namun bisa hilang jika tiroid sudah kembali normal.

- Kafein

Daun.id

pixabay.com

Terlalu banyak mengonsumsi kafein menjadi penyebab tremor tangan pada usia muda. Sebaiknya Anda mengurangi takaran kafein jika terjadi tremor setelah minum kopi.

- Penggunaan obat tertentu
Penggunaan obat asma, obat amfetamin, kortikosteroid, serta obat-obatan yang digunakan untuk gangguan kejiwaan dan neurologis tertentu dapat menimbulkan tremor pada tangan.

- Sakit Parkinson
Salah satu gejala dari Parkinson adalah tremor pada tangan, dagu, wajah maupun kaki. Biasanya terjadi saat penderita sedang diam dan akan membaik saat mulai beraktivitas.

Cara Mengatasi Tremor
Saat Anda mengalami tremor, Anda pasti akan merasa risih dan ingin segera menghilangkanya. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut adalah cara mengatasi tremor pada usia muda, antara lain:

1. Relaksasi

Daun.id

pexels.com


Melakukan relaksasi seperti meditasi dan yoga dapat menjadi cara untuk mengatasi tremor di usia muda. Cara ini dapat mengatasi stres dan panik yang memicu gangguan pada saraf sehingga menyebabkan tremor.

Tremor akibat stres akan berangsur membaik jika pikiran sudah  lebih stabil. Oleh karena itu, melakukan relaksasi adalah cara mengatasi tremor pada usia muda.

2. Mengurangi kafein

Daun.id

pixabay.com

Anda harus mengurangi jumlah kafein untuk mengatasi tremor. Kandungan pada kafein akan menyebabkan tremor apabila dikonsumsi secara berlebihan.

3. Mengurangi aktivitas tangan
Mengurangi aktivitas tangan yang mengalami tremor dapat menjadi cara mengatasi tremor di usia muda. Melakukan aktivitas yang terlalu berat pada tangan yang mengalami gejala tremor dapat memperparah tremor.

Beristirahat dan mengurangi aktivitas tangan dapat mengatasi gejala tremor.

4. Gaya hidup yang baik

Daun.id

pixabay.com

Coba mulai dengan mengurangi atau menghindari zat yang memicu tremor seperti kafein dan amphetamine. Gaya hidup yang baik akan mengurangi bahkan menghilangkan kondisi tangan gemetar atau tremor.

5. Konsumsi obat

Daun.id

pixabay.com

Hingga saat ini sebenarnya belum ada obat yang bisa mengobati tremor secara permanen, namun beberapa jenis obat dapat membantu mengurangi gejalanya.

Jenis obat seperti beta blocker, obat anti kejang dan obat penenang dapat membantu mengatasi tremor. Sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat di atas guna mengatasi tremor.

6. Terapi fisik
Terapi fisik seperti angkat beban, latihan menyentuh barang, menggunakan pensil atau alat makan yang berat dapat menjadi terapi tangan yang baik untuk mengurangi tremor. 

Melakukan terapi fisik akan membantu meningkatkan kekuatan dan kontrol otot sehingga mengurangi tremor.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya