8 Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses Secara Efektif, Ketahui Penyebabnya

"Menggunakan wifi akan menghemat pengeluaran dibandingkan dengan paket data bulanan. Berikut adalah cara mengatasi wifi menolak akses."

Tech | 02 February 2022, 15:35
8 Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses Secara Efektif, Ketahui Penyebabnya

Saat ini sebagaian besar manusia tidak dapat lepas dari penggunaan internet, dengan internet manusia dapat saling berkumunikasi dan berhubungan meskipun tidak bertemu. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat dari menggunakan internet.

Kebanyakan pengguna internet menggunakan paket data dan wifi saat menggunakan perangkatnya, namun secara umum penggunaan wifi dinilai lebih hemat dibandingkan dengan paket data bulanan.

Wifi lebih banyak digunakan pada tempat kerja, cafe, rumah makan, institusi pemerintah dan rumah. Namun meskipun lebih hemat, terkadang wifi juga bisa dapat mengalami masalah dalam koneksinya. Misalnya perangkat tidak dapat tersambung karena wifi menolak akses.

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan wifi menolak akes pada perangkat. Berikut adalah beberapa hal dapat menyebabkan wifi menolak akses.

- Salah satu penyebab wifi menolak akses adalah id perangkat anda telah di blokir oleh si pemilik, ketika pemilik router memblokir  perangkat anda. Maka sebelum pemilik membuka akses tersebut, maka perangkat Anda tidak akan pernah bisa menggunakan wifi tersebut.

- Kapasitas perangkat yang terhubung dibatasi atau akses perangkat yang terhubung sudah makasimal. Umumnya kapasitas wifi hingga 20 perangkat.

- Wifi menolak akses juga dapat disebabkan karena gangguan pada router atau jaringan internet provider itu sendiri.

- Wifi menolak akses selanjutnya juga dapat disebabkan karena terdapat masalah dari perangkat HP atau Laptop yang digunakan, ada beragam masalah yang dapat menyebabkan kondisi tersebut.
Bisa jadi perangkat HP terdapat malware atau virus juga menjadi penyebab Wifi menolak akses.

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses
Saat perangkat Anda tidak dapat terhubung ke wifi, karena wifi menolak akses. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara. Berikut ini adalah cara mengatasi wifi menolak akses.

1. Restart perangkat router
Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi wifi menolak akses adalah dengan merestart perangkat router. Caranya adalah dengan mematikan perangkat router terlebih dahulu, kemudian tunggu dalam beberapa menit dan hidupkan kembali. Cara ini cukup ampuh dalam mengatasi wifi menolak akses di android dan perangkat elektronik lainnya.

Saat Anda melakukan cara ini, Anda dapat melakukanya secara langsung tanpa memanggil teknisi wifi.

2. Mengganti alamat ip wifi
Cara mengatasi wifi menolak akses selanjutnya adalah dengan mengganti alamat ip wifi pada pengaturan android. Cara ini cukup ampuh dalam mengatasi masalah tersebut. Ini karena perangkat android Anda mempunyai alamat ip yang sama dengan perangkat android lain yang telah terhubung pada jaringan wifi tersebut.

Cara mengganti alamat ip nya adalah Anda dengan mengakses pengaturan android pada bagian WIFI > Preferensi WI-FI > Klik Alamat IP. Mengganti ip seperti contoh 192.168.1.22 langsung saja diubah ke 192.168.1.16, maka wifi yang sebelumnya sulit terhubung atau menolak akses dapat terhubung dengan normal.

3. Buka akses perangkat terblokir pada wifi
Cara mengatasi wifi menolak akses selanjutnya adalah dengan membuka kembali akses perangkat terblokir pada router. Saat Anda mengakses wifi tanpa izin terlebih dulu, biasanya ip wifi perangkat Anda akan diblokir oleh pemilik wifi.

Hal ini dapat terjadi karena pemilik dari wifi tersebut dapat melihat siapa saja yang terhubung di wifi melalui pengaturan admin pada router. Sehingga semua perangkat android yang tersambung di jaringan wifi akan terpantau dan diketahui oleh pemiliknya.

4. Restart android
Hal ini juga disebabkan karena data dalam perangkat mengalami crash. Sehingga memungkinkan perangkat yang tersabung wifi harus segera dimuat ulang, agar sistem di dalamnya menjadi lebih optimal. Anda dapat merestart wifi sesuai dengan perangkat yang Anda miliki.

5. Aktifkan mode pesawat

Cara ini merupakan salah satu cara umum yang sering digunakan untuk mengatasi internet yang bermasalah. Ketika mode pesawat aktif, tentu secara otomatis setiap koneksi data ataupun wifi yang tersambung dengan internet akan diputuskan secara paksa. Langkah ini patut Anda coba untuk mengatasi wifi yang menolak akses.

6. Masukan ulang password wifi
Untuk mengatasi wifi menolak akses selanjutnya adalah dengan memasukkan ulang password wifi. Coba teliti kembali dan perhatikan kembali saat menulis password wifi, pastikan juga password yang ditulis telah sesuai dengan yang ada pada pengaturan router/modem tersebut.

7. Ganti provider wifi
Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna wifi adalah gangguan provider. Provider atau penyedia jasa layanan internet ini berperan penting pada kestabilan sinyal dan kelancaran internet akses pada jaringan WiFi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengganti provider wifi yang Anda miliki seperti indihome, bisnet, myrepublik, first media dan provider lainnya.

8. Hubungi Customer Service
Anda bisa pergi atau menghubungi Customer Service dari provider Wifi yang kamu gunakan. Dengan catatan pastikan kendala bukan pada perangkat HP milik kamu dan sudah coba beberapa cara di atas.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya