9 Cara Mengatasi Cantengan di Jempol Kaki, Ketahui Penyebabnya

"Kuku pada jempol kaki dapat mengalami rasa sakit yang luar biasa, biasanya kondisi ini sedang terjadi cantengan di jempol kaki."

Life | 15 February 2022, 15:38
9 Cara Mengatasi Cantengan di Jempol Kaki, Ketahui Penyebabnya

Ketika sedang terjadi cantengan di jempol kaki, tentunya dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat luar biasa. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, pasalnya dapat terasa sakit ketika digunakan untuk berjalan. Cantengan merupakan suatu masalah yang menyerang kuku, selain dapat terjadi pada jempol kaki, hal ini juga dapat terjadi pada tangan.

Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan nyut-nyutan. Infeksi ini dapat menjadi parah jika tidak segera diatasi, cantengan tumbuh dan masuk ke bagian dalam daging di bawah kuku. Jika kondisi ini sudah parah, maka diperlukan untuk melakukan operasi. Ketika sedang terjadi cantengan di jempol kaki yang masih ringan, sebaiknya segera diatasi agar tidak parah.

Kaki jika tidak terjaga dengan baik, memiliki risiko yang sangat tinggi terserang cantengan jempol kaki. Masalah ini perlu ditangani sendiri ketika masih tergolong ringan, agar tidak terjadi cantengan yang lebih serius. Ketika kuku tumbuh ke bagian dalam daging dapat menimbulkan terjadi cantengan di jempol kaki. Untuk mengatasinya, perlu mencari penyebabnya terlebih dahulu.

Mengenal penyebab cantengan di jempol kaki

Seperti halnya di atas, telah disebutkan penyebab cantengan di jempol kaki salah satunya ialah tumbuhnya kuku yang masuk ke dalam kaki. Akan tetapi hal itu bukan satu-satunya penyebab. Masih ada beberapa penyebab lain yang perlu diketahui. Berikut ini penyebab cantengan di jempol kaki :

Daun.id

sumber; pexels

- Sepatu ketat, sakit cantengan timbul akibat kuku yang terdorong untuk tumbuh ke dalam kulit kaki. Kondisi ini dapat terjadi akibat pemakaian sepatu yang terlalu ketat. Akhirnya memicu pertumbuhan kuku yang salah dan menjadi penyebab cantengan di jempol kaki.

- Memotong kuku kaki dengan cara yang kurang benar, kebiasaan memotong kuku terlalu pendek atau menembus hingga ke bagian pinggiran kuku, dapat menyebabkan cantengan di jempol kaki yang paling sering terjadi. Selain itu juga dapat menyebabkan pertumbuhan kuku di jempol kaki kurang normal.

- Kebersihan kaki dan kuku kurang terjaga, cantengan jempol di kaki, dapat disebabkan kaki terlalu lembab, hangat, kurang bersih, atau keringat berlebihan. Kaki harus sering dan teratur dibersihkan sehingga terjaga dan terhindar dari cantengan.

- Perawatan pendikur yang salah, Bagi para pecinta perawatan pedikur pada bagian kaki dan pembersihan kuku juga dapat menimbulkan risiko cantengan. Maka perklu memastikan agar melakukan perawatan pendikur dengan orang yang tepat, sehingga terhindar dari cantengan di jempol kaki.

Daun.id

sumber; pexels

- Kelainan kuku, cedera kuku bisa menjadi salah satu penyebab cantengan di jempol kaki karena kuku tumbuh melengkung ke dalam, inilah pemicu cantengan. Kuku yang tumbuh ke dalam jaringan kulit akan meningkatkan risiko peradangan dan kemungkinan infeksi.

- Faktor genetik, penyebab cantengan jempol kaki yang sulit dihindari adalah faktor keturunan. Apabila ada anggota keluarga yang memiliki cantengan, maka risiko seseorang mengalami cantengan akan lebih besar.

- Ukuran jari jempol yang kurang seimbang, setiap orang memiliki ukuran jari yang berbeda-beda. Kondisi ini dapat menjadi salah satu pemicu cantengan di jempol kaki. Ukuran jari kaki yang kurang seimbang dengan kuku dapat menyebabkan terjadinya cantengan di jempol kaki.

- Bakteri dan jamur, kondisi ini biasanya terjadi kepada orang yang terus-menerus bekerja di dalam air. Jari yang basah akibat berendam terlalu lama dapat melemahkan kutikula kuku yang berfungsi sebagai pelindung alami. Sehingga jempol kaki dapat mengalami infeksi bakteri dan jamur.

- Kebiasaan buruk, Misalnya bermain bola tanpa menggunakan pelindung kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya cantengan di jempol kaki ketika terjadi luka pada jempol kaki.

- Cedera kaki, Cedera pada kaki seperti tersandung atau menendang benda keras dengan tidak sengaja dapat menyebabkan kerusakan kuku. Kondisi ini dapat menimbulkan cantengan di jempol kaki, maka harus diwaspadai.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya cantengan di jempol kaki. Waspadailah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan terjadinya cantengan di jempol kaki.

Cara mengatasi cantengan di jempol kaki

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cantengan di jempol kaki. Cara ini dapat dilakukan secara mandiri di rumah, hal ini diperuntukan untuk cantengan yang tergolong ringan. Berikut ini cara mengatasi cantengan di jempol kaki :

1. Meredam kaki dengan baking soda

Daun.id

sumber; pexels

Baking soda dapat mengubah tingkat pH kulit sehingga mampu mengurangi pertumbuhan bakteri pada cantengan. Cara mengobati cantengan dengan baking soda cukup mudah. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan beberapa tetes air. Setelah itu, tinggal oleskan campuran tersebut pada kuku yang terinfeksi. Langkah ini dapat kamu lakukan sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari.

2. Menggunakan kunyit

Kunyit selain sebagai bumbu dapur, kunyit juga dapat digunakan untuk mengatasi cantengan di jempol kaki. Kandungan anti-inflamasi pada kunyit dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri. Cara menggunakan kunyit sebagai obat cantengan sangat mudah yaitu dengan cara membuat parutan kunyit lalu panaskan parutan kunyit dengan api hingga hangat. Setelah dingin gunakan untuk mengoleskan cantengan di jempol kaki.

3. Mencabut kuku

Ketika kuku sedang tumbuh dengan kurang normal, biasanya dokter akan menyarankan untuk diangkat. Ketika selesai proses pengangkatan kuku di jempol kaki harus mendapat perawatan yang baik di rumah. Sehingga terhindar dari cantengan.

4. Minum obat pereda nyeri

Daun.id

sumber; pexels

Obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan naproxen, dapat Anda gunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit pada cantengan di jempol kaki. Selain itu, minum obat ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan.

5. Minyak pohon teh

Selain baik untuk kesehatan wajah, tea tree oil juga dapat kamu gunakan untuk mengobati cantengan. Hal tersebut memungkinkan karena tea tree oil memiliki kandungan yang berperan sebagai antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri. Cara menggunakannya dengan menaruh beberapa tetes tea tree oil pada kasa lalu balutkan pada cantengan hingga dapat teratasi.

6. Gunakan cuka apel

Daun.id

sumber; pexels

Cuka apel juga dapat digunakan untuk mengatasi cantengan karena mengandung antimikroba dan antibakteri alami. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan cara merendam kapas pada cuka apel, setelah itu ditempelkan pada bagian cantengan jempol di kaki.

7. Rendaman Air Hangat

Merendam kaki di air hangat dapat mengurangi rasa sakit pada peradangan akibat cantengan di jempol kaki. Caranya, campurkan satu sendok garam pada rendaman air hangat lalu rendam kaki selama 15 hingga 20 menit. Dengan begitu, kamu dapat menghilangkan bakteri yang menempel pada kaki dan mengatasi cantengan di jempol kaki.

8. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya dapat diketahui mampu mendinginkan kondisi kulit, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada cantengan di jempol kaki. Selain itu, gel lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik serta mengandung antioksi dan polyphenol untuk mengurangi inflamasi akibat cantengan di jempol kaki.

9. Gunakan kapas antiseptik

Daun.id

sumber; pexels

Buatlah gulungan kapas kecil lalu celupkan pada cairan antiseptik. Kemudian taruh di antara kuku dan kulit jari jempol. Sehingga kuku yang tumbuh menembus kulit dapat lebih mudah dan mengurangi peradangan. Antiseptik juga dapat melawan bakteri dan kuman yang terdapat pada area cantengan di jempol kaki.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cantengan di jempol kaki. Jika masih kesulitan dalam mengatasinya, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Agar mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya