Gus Baha: Mana yang Lebih Penting, Membangun Masjid Mewah atau Membantu Orang Miskin?

"Gus Baha, ulama NU asal Rembang, menyayangkan jika ada orang kaya lebih mementingkan pembangunan masjid mewah dengan mengesampingkan orang miskin dan fakir di sekitarnya."

Life | 12 April 2024, 23:50
Gus Baha: Mana yang Lebih Penting, Membangun Masjid Mewah atau Membantu Orang Miskin?

Ada satu fenomena yang kini menjamur di tengah masyarakat. Masjid megah dibangun di mana-mana. Dalam satu kampung, terkadang ada dua atau lebih masjid mewah yang menghabiskan dana begitu besar.

Ada pernyataan menggelitik dari ulama NU asal Rembang, Gus Baha. Pemilik nama lengkap KH Ahmad Bahaudin Nursalim ini justru menyayangkan jika ada orang kaya lebih mementingkan pembangunan masjid mewah dengan mengesampingkan orang miskin dan fakir di sekitarnya.

Sering sekali kita dengar untuk membangun masjid habis uang tidak sedikit, sumbangan bisa di atas Rp1 miliar, bahkan bisa Rp2 miliar. Disini ada orientasi yang berbeda dari diri manusia. Gus Baha mencoba mempertanyakan penting mana antara bangun masjid dengan kebaikan yang lain, misalnya bantu fakir miskin atau kaum dhuafa.

"Coba misalnya Anda bangun masjid habis Rp2 miliar yang harusnya Rp1 miliar sudah jadi. Terus nanti suatu saat ketemu Allah ditanya, itu ada orang miskin, fakir miskin yatim andaikan kamu sumbang Rp1 miliar bisa sejahtera semua orang miskin itu," kata Gus Baha seperti yang dikutip dari Channel Youtube @gusbahatv702.

Gara-gara kamu bangun masjid terlalu mewah. Ada orang-orang yang terabaikan," tambahnya. Meski demikian, Gus Baha memahami persoalan kebaikan serta orientasi seseorang. "Tapi kadang-kadang orang kebaikannya itu orientasinya bangun masjid, enggak tertarik nyumbang fakir miskin," sebutnya. "Wong saat itu cara berpikir gitu mau apa?," tambahnya.

"Tapi kalau diaku luhur, manusia terbaik karena bangun masjid Rp2 miliar coba diaudit secara kepentingan syar'i, penting mana dengan ngasih makan fakir miskin, penting mana dengan menikahkan janda misalnya," terangnya. "Penting mana dengan pendidikan, apa artinya masjid mewah orang nggak tahu halal haram, enggak tahu najis, ndak tahu cara sesuci, ndak tahu cara adzan yang benar," tambahnya. "Terus penting mana untuk beli kitab sama dipakai masjid, apa artinya bikin masjid apa tapi enggak makan, penting mana makan sama beli kitab ada auditnya semua," tandasnya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya