6 Cara Mengatasi Lidah Putih Secara Sederhana

"Gangguan lidah putih dapat terjadi pada siapa saja, kondisi ini tentunya dapat menimbulkan rasa yang sangat kurang nyaman."

Life | 25 February 2022, 18:12
6 Cara Mengatasi Lidah Putih Secara Sederhana

Terjadinya lidah putih dapat menimbulkan bau tak sedap di sekitaran mulut. Kondisi ini disebabkan terangkatnya papila, selain itu juga dapat terjadi karena bakteri, kotoran, dan sisa makanan yang terperangkap di dalam papila yang berada di lidah. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya papila membengkak, dan muncul warna putih pada papila.

Menjaga kebersihan mulut sangat mempengaruhi kondisi ini, lidah putih dapat hilang dalam beberapa minggu. Jika tidak dapat hilang, maka kondisi ini harus diwaspadai. Barangkali ada sangkut pautnya dengan kondisi medis tertentu. Maka, kondisi ini harus segera mendapat penanganan sehingga lidah kembali normal seperti pada umumnya.

Pada umumnya kondisi normal lidah akan memiliki warna merah muda memiliki lapisan tipis berwarna putih di atasnya. Namun, jika kondisi lapisan putih terlalu tebal, kondisi ini dapat disebut sebagai gangguan pada lidah. Kondisi ini pada umumnya sering kali dikaitkan dengan kondisi kebersihan mulut yang dimiliki oleh seseorang.

Kondisi lidah putih terjadi karena adanya bakteri, kotoran, jamur, sel mati, dan sisa makanan. Jika semuanya terjebak pada papila, dapat menyebabkan timbulnya warna putih pada lidah hingga terlalu tebal. Selain itu kondisi lidah putih juga dapat menandakan tentang kondisi medis tertentu, misalnya sifilis, leukoplakia, infeksi, bahkan kanker.

Mengenal penyebab terjadinya lidah putih

Lidah putih merupakan suatu kondisi ketika lidah sedang diselimuti oleh bercak putih tebal. Bercak bisa menutupi seluruh atau hanya sebagian lidah saja. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat dehidrasi parah, mulut kering, demam tinggi, hingga iritasi di dalam mulut karena gesekan antar gigi, kawat gigi atau gigi palsu.

Daun.id

sumber; pexels

Selain itu juga dapat disebabkan oleh berbagai penyebab lainnya, berikut ini penyebab terjadinya lidah putih :

- Sifilis, penyakit kelamin ini bisa menyebabkan luka pada area mulut Anda. Penularan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum ini yaitu melalui kontak dengan orang yang terinfeksi saat melakukan aktivitas seksual. Jika sifilis tidak diobati, maka bercak putih yang disebut leukoplakia sifilis bisa menjadi penyebab terjadinya warna lidah putih.

- Oral lichen planus, merupakan suatu kondisi yang menandai adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh seseorang. Akibatnya, bercak putih di mulut dan lidah tidak dapat dihindari. Penyebab lidah berwarna putih ini juga mengakibatkan gusi yang terasa sakit. Kemungkinan seseorang dapat mengalami luka di sepanjang lapisan dalam mulut yang cukup tinggi.

- Kanker mulut, hal ini dapat terjadi saat sel di bibir atau mulut seseorang mengalami mutasi DNA. Mutasi ini memungkinkan sel kanker untuk terus tumbuh dan membelah saat sel sehat akan mati. Akumulasi sel kanker mulut abnormal ini bisa membentuk tumor yang akan menyebar ke dalam mulut dan area kepala serta area leher. Kondisi ini dapat menyebabkan lidah putih.

- Mengonsumsi obat secara berlebihan, seperti halnya mengonsumsi antibiotik dapat menyebabkan tumbuhnya infeksi jamur di area mulut. Hal ini pula yang tanpa disadari juga menjadi salah satu penyebab lidah yang berwana putih. Maka, mulailah memperhatikan jika sedang mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu.

Daun.id

sumber; pexels

- Kanker lidah, merupakan suatu bentuk kanker yang dimulai dari sel-sel lidah. Kanker lidah seringkali dimulai pada sel skuamous tipis dan datar yang melapisi permukaan lidah. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala kanker lidah umumnya mirip dengan gejala kanker mulut lainnya. Salah satunya dapat menimbulkan kondisi lidah berwarna putih.

- Geographic tongue, kondisi ini menandai terjadinya peradangan pada lidah, namun tidak berbahaya jika sedang mempengaruhi permukaan lidah seseorang. Jika pada lidah yang sehat permukaanya ditutupi oleh papila berwarna merah muda, maka pada geographic tongue sebagian lidah akan terlihat seperti bercak yang tidak berpapila, hingga dapat menimbulkan warna lidah menjadi putih.

- Oral thrush, merupakan penyebab lidah menjadi warna putih ini merupakan infeksi mulut yang disebabkan oleh jamur candida. Oral thrush umumnya menyerang lebih banyak perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Seseorang memiliki risiko terkena oral thrush jika menderita diabetes, serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena menderita penyakit tertentu.

- Leukoplakia, merupakan suatu ondisi ini biasanya menyebabkan bercak putih di pipi bagian dalam, sepanjang gusi, dan terkadang di lidah seseorang. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan, merokok, dan mengunyah tembakau menjadi penyebab dari kondisi ini. Tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, penyebab lidah menjadi warna putih juga bisa berkembang menjadi kanker mulut.

Itulah beberapa penyebab terjadinya lidah putih. Hindarilah beberapa penyebab di atas untuk mengurangi risiko terjadinya lidah putih. Sebab lidah putih memiliki kaitan erat dengan suatu kondisi medis tertentu yang sangat berat.

Cara mengatasi lidah putih

Untuk mengatasi lidah putih, perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab kemunculannya. Sebab bila lidah putih disebabkan oleh penyakit tertentu, maka pengobatan harus terfokuskan pada penyakit dasarnya atau penyebab lidah putih. Jika penyebabnya bukan karena kondisi medis tertentu, lidah putih dapat diatasi melalui cara alami.

Berikut ini cara mengatasi lidah putih :

1. Mengunyah bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan antijamur yang dapat mengatasi atau obat secara alami yang efektif untuk mengatasi penyebab lidah putih. Penelitian menunjukkan bahwa allicin, salah satu senyawa aktif dalam bawang putih yang dapat mengatasi lidah putih. Untuk mengobati lidah putih, terutama karena sariawan atau pertumbuhan bakteri berlebihan, ambil satu siung bawang putih mentah per hari untuk dikunyah secara mentah-mentah.

2. Mengonsumsi makanan probiotik

Daun.id

sumber; pexels

Probiotik merupakan sekumpulan bakteri baik yang hidup di dalam tubuh manusia, khususnya pada sistem pencernaan. Tanpa sadar, kekurangan bakteri probiotik dapat mengakibatkan kondisi mulut tertentu hingga lidah putih. Probiotik dapat membantu untuk menyeimbangkan jumlah bakteri di dalam sistem pencernaan, sehingga dapat mengatasi lidah putih.

3. Berkumur dengan menggunakan gel lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Beberapa zat tersebut dapat digunakan sebagai bahansalah satu cara untuk mengatasi lidah putih secara alami. Lidah buaya mengandung enzim yang dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dan mendorong regenrasi jaringan kulit. Berkumurlah dengan gel lidah buaya untuk mengatasi lidah putih.

4. Berkumur menggunakan garam

Daun.id

sumber; pixabay

Dari sekian banyak jenis garam yang ada, garam laut adalah salah satu yang bermanfaat baik untuk mengatasi lidah putih pada mulut. Pasalnya, garam laut memiliki kandungan antibakteri alami yang mampu mengatasi bakteri penyebab lidah putih. Teksturnya yang kasar juga dapat mengeksfoliasi lapisan putih pada lidah. Gunakan garam laut untuk berkumur dapat mengatasi lidah putih.

5. Taburkan baking soda pada pasta gigi

Menggunakan baking soda dapat membantu untuk membunuh mikroorganisme penyebab infeksi mulut, seperti Streptococcus dan Candida. Tidak hanya itu, baking soda juga mampu membantu mengeksfoliasi lidah, menghilangkan residu yang menyebabkan lidah putih, sekaligus mempertahankan kadar pH yang sesuai untuk mulut. Baking soda dapat mengatasi lidah putih.

6. Mencukupi kebutuhan minum air putih

Daun.id

sumber; pixabay

Salah satu cara yang paling praktis untuk mengatasi lidah putih adalah minum air putih yang banyak. Pada kondisi tertentu, lidah putih bisa muncul sebagai pertanda dehidrasi. Kekurangan cairan dapat menurunkan kekebalan tubuh dan mendorong produksi bakteri penyakit. Maka dari itu, Cobalah minum air putih minimal 8 gelas perhari, sehingga dapat mengatasi lidah putih.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi lidah putih. Jika mengalami kesulitan untuk mengatasi lidah putih setelah melakukan beberapa cara di atas. Sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter sehingga mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya