7 Cara Mengatasi Alergi Udang, Pertolongan Pertama dan Pencegahan

"Tidak hanya gatal, ketahui juga gejala lainnya."

Life | 27 February 2022, 08:24
7 Cara Mengatasi Alergi Udang, Pertolongan Pertama dan Pencegahan

Reaksi alergi udang biasanya muncul saat penderita alergi udang konsumsi udang dengan langsung atau makanan yang terdapat udang. Akan tetapi, dalam kasus tertentu, reaksi alergi juga dapat timbul saat penderitanya makan makanan yang diolah dengan peralatan yang dipakai guna memasak udang.

Alergi udang mampu diatasi dan dicegah dengan memakai obat alergi udang. Akan tetapi, tidak hanya obat-obatan, cara pencegahan juga penting dilaksanakan agar mencegah kambuhnya gejala alergi udang.

Alergi udang muncul saat sistem kekebalan tubuh penderita alergi terjadi respons dengan berlebihan, ketikan terkena protein atau senyawa tertentu di udang, seperti ciguatera, tropomiosin, atau saxitoxin.

Saat tubuh penderita terkena udang atau senyawa itu, sistem kekebalan tubuhnya dapat memproduksi histamin maka terjadi reaksi alergi. Reaksi alergi yang terjadi dapat berbeda-beda, diawali yang ringan sampai berat. Dikutip dari Cleveland Clinic, gejala alergi bisa muncul terhadap intensitas ringan sampai buruk.

Bagi beberapa penderita, mereka hanya terkena gatal-gatal sementara. Namun terhadap penderita lainnya, reaksi alergi justru mampu mengancam nyawa. Keadaan ini ditandai dengan terjadinya gangguan pernapasan, hingga gejala lain yang memengaruhi pencernaan, kulit, dan organ jantung.

Adapun beberapa gejala alergi udang yang harus diwaspadai, yakni:

- Gatal
- Eksim
- Diare
- Pusing
- Nyeri
- Kesemutan
- Sesak di dada
- Suara mengi
- Batuk-batuk
- Mual dan muntah
- Denyut nadi lemah
- Hilangannya kesadaran atau pingsan
- Kulit berubah jadi pucat atau kebiruan
- Sesak napas sampai kesusahan bernapas
- Pembengkakan di bibir, lidah atau tenggorokan
- Reaksi alergi buruk yang membahayakan nyawa. Keadaan ini disebut dengan syok anafilaktik

Selain itu, ketahui juga ciri-ciri alergi udang yang biasanya muncul seperti:

- Pucat
- Pusing
- Batuk dan suara serak
- Terjadi biduran, ruam, dan gatal-gatal
- Mulut dan tenggorokan bengkak
- Bingung hingga kehilangan kesadaran
- Terdapat masalah pernapasan contonya sesak napas
- Gangguan pencernaan misalnya sakit perut, muntah, dan diare

Mengutip dari Healthline, pada keadaan darurat misalnya terjadi gejala anafilaktik, pemberian suntikan epinephrine sangat direkomendasikan. Suntikan itu bisa diberikan sebagai usaha penanganan medis terhadap fasilitas kesehatan terdekat.

Saat ditemukan keadaan ini, berikut merupakan beberapa cara yang harus dilakukan sebelum memperoleh suntikan epinephrine yakni:

1. Mencari tahu penderita membawa alat suntik epinephrine atau tidak?
2. Membantu dalam menenangkan penderita.
3. Membantu penderita untuk berbaring.
4. Menaikkan letak kaki penderita 30 cm lebih tinggi dibandingkan dada.
5. Apabila muntah, kamu dapat membaringkan penderita dengan posisi miring.
6. Usahakan penderita menggunakan pakaian yang longgar.
7. Jangan berikan makanan atau minuman.
8. Jangan mengangkat kepala penderita yang kesusahan bernapas.

Bagi kamu yang hendak mengatasi alergi udang dengan cara:

1. Lemon

Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Cara mengatasi alergi udang dengan lemon.Lemon nyatanya mempunyai khasiat guna mengobati alergi udang. Hal ini diakibatkan sebab terdapat kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya yang mampu meningkatkan sistem imun. Ketika gejala alergi mulai terjadi maka lekas buat satu gelas lemon hangat dan cepat minum habis. Buah lemon ini dapat bermanfaat dalam mengurangi bercak kemerahan karena alergi yang terjadi.

2. Jahe

Jahe juga dapat dipakai dalam mengobati gatal-gatal karena alergi makanan laut. Alasannya, sebab jahe mempunyai sifat antibakteri, antioksidan, anti-inflamasi, dan analgesik. Apabila gatal dan bercak merah mulai terjadi lekas minum satu gelas jahe hangat. Cara tersebut dapat mengobati alergimu dengan cepat.

3. Makanan mengandung vitamin E

Cara terbaik dalam mengobati alergi udang secara cepat adalah konsumsi makanan yang kaya vitamin E, seperti kacang-kacangan. Makanan kaya vitamin E terdapat antialergen yang mampu menyembuhkan dan mencegah alergi terhadap hampir semua jenis makanan.

4. Bawang putih

Cara mengatasi alergi udang berikutnya menggunakan bawang putih. Bumbu ini mampu menurunkan gejala alergi udang dengan memperkuat sistem kekebalan tubuhmu dan mengakibatkan tahan dengan alergen makanan sebab aktivitas antioksidan dan anti alerginya. Bawang merupakan makanan dengan antihistamin yang mempunyai kemampuan efektif guna membantu meringankan gejala alergi kerang-kerangan contohnya hidung tersumbat, kesusahan bernapas, dan bersin. Kamu cukup menambahkannya pada makananmu, misalnya pada sup maupun nasi.

5. Madu

Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Cara mengatasi alergi udang selanjutnya adalah memakai madu. Madu juga dipercaya sebagai obat alergi udang yang sangat mujarab. Segera minum segelas air hangat yang dicampur dengan sesendok madu. Madu ternyata memiliki kandungan vitamin yang mampu menghilangkan gatal.

6. Minyak biji jarak

Obat terbaik dalam mengatasi alergi udang, yakni dengan minum minyak biji jarak yang sudah dilarutkan pada air hangat. Hingga seminggu sesudah sembuh, sepatutnya larutan itu tetap diminum.

Dalam mencegah reaksi alergi terjadi, berikut ini merupakan cara yang bisa dicoba seperti:

1. Membaca label kemasan sebelum membeli makanan

Kamu bisa melakukan dengan membaca label kemasan sebelum membeli makanan. Makanan kemasan yang memakai seafood misalnya udang memang jarang, namun membaca label kemasan adalah hal penting yang perlu dilakukan. Terutama apabila kamu dan keluarga terkena alergi seafood.

2. Waspada ketika makan di luar rumah

Cara ini menjadi yang paling susah dilakukan. Alasanya, kamu perlu memastikan alat masak yang dipakai tidak digunakan dalam memasak udang. Cara ini dilakukan supaya menghindari cross-contamination. Sehingga, kamu sepatutnya menjauhi makan di tempat makan yang terdapat makanan laut.

3. Jauhi bahan non pangan yang terdapat udang

Apabila terkenaa alergi udang yang parah, kamu juga harus mewaspadai sejumlah bahan non pangan yang terdapat seafood, contohnya makanan hewan peliharaan. Setiap penderita alergi udang dapat terkena reaksi alergi pada intensitas berbeda, baik dari ringan sampai berat. Jangan lupa supaya memastikan apabila kamu merupakan penderita alergi udang, dengan melakukan tes alergi pada fasilitas kesehatan terdekat.

4. Menjaga jarak terhadap alergen

Bagi beberapa penderita alergi udang, gejala alergi dapat terjadi walau hanya terdapat di sekitar tempat pengolahan udang, tanpa mengonsumsinya. Sehingga, direkomendasikan guna menjaga jarak terhadap alergen. Hindari menyentuh atau menghirup uap udang yang tengah diproses.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 15 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya