2 Cara Menghapus Halaman Di PDF, Secara Offline dan Online

"PDF dapat memudahkan dalam menyimpan dokumen yang sudah siap digunakan, sehingga isi dokumen tersebut tidak dapat berubah-ubah"

2 Cara Menghapus Halaman Di PDF, Secara Offline dan Online

Pdf merupakan suatu format dokumen yang sudah baku, dan tidak dapat diubah lagi. PDF (Portable Document Format) merupakan jenis format dokumen atau berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. Awal mulanya format ini digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, sekarang ni format PDF juga banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vector dan citra. Sesuai dengan pengertian PDF di atas, format ini sering digunakan dalam administrasi perkantoran karena kemudahannya. Ketika dokumen sudah berbentuk PDF berarti tidak bisa diubah-ubah lagi isinya.

Meski pada saat awal rilis format ini kurang diminati karena kalah bersaing dengan pendahulunya yakni Microsoft Office, namun karena memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengarsipkan dokumen membuat PDF saat ini semakin banyak digunakan. Bahkan software untuk mengakses format PDF pun tidak hanya Adobe Reader saja. Namun, juga ada Foxit Reader, Adobe Flash, Sumatra PDF dan beberapa lainnya.

Tentu untuk mengubah isi dokumen pdf tidaklah sama dengan cara mengubah pada word. Sementara untuk menghapus dan menggabungkan halaman PDF, Anda tidak perlu mengonversikannya ke format lain. Anda cukup menghapus halaman PDF yang tidak diperlukan, lalu simpan halaman yang Anda diperlukan. Cara ini dapat dilakukan melalui online maupun offline, simak pembahasan di bawah ini.

Cara menghapus halaman di pdf

Untuk menghapus halaman di pdf, ada banyak tools atau aplikasi online yang bisa Anda gunakan secara gratis. Selain itu juga dapat dilakukan melalui offline. Berikut beberapa cara menghapus halaman PDF secara online dan offline yang dapat Anda ikuti;

1. Menggunakan Adobe Acrobat

Adobe Acrobat, merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan menghapus halaman di pdf secara offline. Berikut ini caranya :

Daun.id

sumber; pixabay

- Download dan Instal aplikasi Adobe Acrobat terlebih dahulu.
- Jika sudah, buka klik File » pilih Open » pilih file format PDF » klik Open.
- Klik pada Organize Pages pada panel di sebelah kanan.
- Klik pada halaman yang akan dihapus dari dokumen atau menggunakan tombol “shift + klik kiri pada halaman” untuk memilih halaman lebih dari satu.
- Setelahnya, klik ikon “Tong Sampah” » jika muncul notifikasi “Are you sure you want to delete the Pages …” klik OK » tunggu proses delete
- Klik icon “Save file” pada bagian bawah menu Home atau tekan CTRL + S pada keyboard
- Selesai.

2. Gunakan iLovePDF.com

iLovePDF.com merupakan situs atau tools yang dapat digunakan untuk menghapus halaman di word secara offline. Berikut ini caranya :

Daun.id

sumber; pixabay

- Kunjungi halaman pada google iLovePDF.com
- Klik Pilih file PDF » pilih format PDF » klik Open
- Tunggu sebentar proses upload » Klik pada halaman yang akan dihapus dari dokumen.
- Gunakan tombol “shift + klik kiri pada halaman” untuk menggunakan halaman lebih dari satu.
- Kemudian, klik Hapus halaman » tunggu proses menghapus halaman selama beberapa saat.
- Setelahnya, hasil akan terunduh secara otomatis.
- Selesai.

Selain beberapa aplikasi di atas, tentu masih banyak aplikasi online lainnya yang dapat digunakan untuk menghapus halaman di Pdf. Kedua aplikasi di atas hanya digunakan sebagai contoh salah satu. Selamat mencoba

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 21 SEPTEMBER 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:18 SUBUH 04:28 DUHA 06:05 ZUHUR 11:48
ASHAR 14:59 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:00  

Zodiak Virgo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Virgo akan merasakan kedekatan emosional yang lebih dalam dengan pasangan. Bagi yang lajang, peluang untuk menemukan cinta sejati terbuka lebar, terutama di akhir bulan.



Virgo Selengkapnya







Our Network