3 Cara Menghapus Background Video tanpa Green Screen, Mudah dan Cepat

"Cara menghapus background tanpa green screen itu tidak sulit, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini."

Tech | 12 May 2022, 15:16
3 Cara Menghapus Background Video tanpa Green Screen, Mudah dan Cepat

Videografi adalah sebuah kegiatan merekam kejadian atau momen yang kemudian akan dirangkum ke dalam satu gambar maupun suara. Sederhananya, videografi adalah proses pembuatan gambar bergerak atau video menggunakan peralatan perekam.

Dalam proses pembuatan film atau video, Anda akan mendapati sebuah kain berwarna hijau atau sering disebut green screen. Adanya green screen adalah agar memudahkan pengeditan background dengan tempat yang berbeda.

Cara umum menghilangkan background dapat menggunan PC atau laptop sudah biasa misalnya pakai Adobe Premier Pro, Filmora ataupun Affter Effect.

Lalu bagaimana caranya jika tidak memiliki green screen? dan bagaimana caranya merubah background video?

Cara Menghapus Background Video tanpa Green Screen

Di sini Daun.id akan memberikan tips mengenai cara menghapus background video tanpa green screen. Berikut ini adalah cara-caranya, yaitu:

1. Tanpa Menggunakan Aplikasi
Menghapus background tanpa aplikasi dapat dilakukan melalui situs Unscreen. Situs ini terbilang ampuh untuk menghilangkan background video tanpa harus menggunakan green screen.

Situs Unscreen mengklaim pengguna dapat menggunakannya secara gratis. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

- Buka web browser, Anda dapat menggunakan Chrome atau yang lainnya. Setelah itu kunjungi alamat web Unscreen.com.

- Kemudian gulir ke bawah dan pilih opsi Upload Clip maka nanti kalian akan diarahkan ke galery HP. Pilih video yang akan dihilangkan backgroundnya.

- Setelah video terupload, tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai.

- Jika sudah maka video kalian akan terlihat transparan.

- Kalian juga diberikan beberapa pilihan untuk merubah background video diantarnya background gambar, background video atau kalian dapat mengupload sendiri background yang kalian punya.

- Jika sudah, download untuk menyimpan hasil video.

- Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi CapCut
Cara ini terbilang sangat efektif dan admin sendiri sudah mencobanya. Kalian dapat mendownload aplikasi Capcut di play store, atau jika gak mau ribet bisa melalui link yang admin siapkan dibawah ini beserta tutorialnya.

Yang Harus Diperhatikan
Silahkan rekam video kalian di suatu tempat bebas. Namun admin sarankan untuk menggunakan background yang polos atau tidak ada benda lain di belakang kalian, misalnya meja, kursi foto dan sebagainya.

Hal ini bertujuan agar hasil penghapusan background lebih rapi dan detail. Sehingga tidak ada bagian objek utama yang ikut terhapus. Kalian bisa gunakan dinding sebagai background video.

- Pertama silahkan instal aplikasi CapCut yang udah didownoad tadi smapapi selesai.

- Selanjutnya buka aplikasi Capcut lalu pilih ikon Tambah "+" bertuliskan Proyek Baru dan import video yang udah kalian rekam sebelumnya ke aplikasi ini.

- Langkah selanjutnya lihat beberapa pilihan tool yang ada di bagian bawah. Nah silahkan kalian geser kesamping dan cari tool Hapus Latar Belakang, kemudian tunggu hingga proses selesai dan lihatlah hasilnya.

- Jika tool tersebut tidak ada, kalian select terlebih dahulu video yang telah di import.

- Untuk merubah backgroudnya, kalian pilih aja tool Overlay dan masukkan backgound yang diinginkan.

- Selesai

3. Menggunakan Aplikasi Kinemaster
Fitur ini memungkinkan penggabungan dua gambar dalam satu video, dimana latar belakang gambar akan dihilangkan dan digantikan dengan gambar lain. Teknik ini sudah sangat familiar dilakukan di dunia perfilman.

Yang Harus Diperhatikan

Agak berbeda dengan aplikasi CapCut yang dimana direkomendasikan menggunakan background video yang polos agar mendapatkan hasil yang rapi, Kinemaster ini direkomendasikan menggunakan background yang polos dan berwarna solid.

Artinya hanya terdapat satu warna bukan gradasi. Karena cara kerja Croma Key adalah membaca warna yang dipilih. Tidak harus berwaran hijau akan tetapi jangan sampai warna pakaian kalian sama dengan warna background agar tidak ikut terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya.

-  Download dan instal aplikasi Kinemaster di ponsel kalian masing-masing.

- Jika sudah buka aplikasi Kinemaster pilih tanda Plus " +" yang ada di bagian kanan lalu kalian pilih aja background sesuai keinginan. Ingat pilih background bukan video utama.

- Langkah selanjutnya lihat beberapa toll yang ada di kanan atas, dan pilih Layer. Kemudian cari video yang akan dihilangkan backgroundnya.

- Setelah video berhasil terupload, select videonya lalu lihat beberapa fitur yang muncul di bagian kanan. Cari fitur Chroma Key/ Kunci Kroma kemudian setting waranya sesuai warna background.

- Setelah itu lihat hasilnya. Kalian juga bisa mengatur dengan mengeser level titik yang ada di bawahnya agar lebih mulus dan rapi.

- Selesai.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya