5 Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka, Ketahui Penyebabnya

"Jika Facebook Lite Anda tidak bisa dibuka, Anda dapat mengatasinya dengan langkah-langkah berikut."

Tech | 02 July 2022, 15:24
5 Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka, Ketahui Penyebabnya

Sebelum masuk pada pembahasan utama, sebaiknya Anda perlu mengetahui apa itu Facebook Lite? dan apa perbedaanya dengan Facebook biasa? Facebook Lite ini adalah aplikasi yang sengaja didesain untuk ponsel dengan kemampuan perangkat dan kualitas jaringan internet yang rendah. Facebook Lite ini hanya membutuhkan ruang penyimpanan internal kecil yang kurang dari 10 MB.

Perbedaan paling signifikan antara Facebook biasa dengan Facebook Lite adalah pada tampilanya dan fitur yang tampak lebih sederhana. Facebook Lite ini khusu dibuat untuk pengguna Android.

Di dalam Facebook Lite, tidak ada perbedaan fitur dengan Facebook pada umumnya. Seperti di atas, perbedaanya hanya terdapat pada tampilanya saja yang lebih ringkas, sehingga terkesan sederhana.


Penyebab Facebook Tidak Bisa Dibuka

Daun.id

pexels.com

Ada banyak hal yang menjadi penyebab Facebook Lite tidak bisa dibuka. Nah, sebelum melangkah lebih lanjut, sebaiknya Anda mengerti dan mengetahui apa yang menyebabkan Facebook Lite tidak bisa dibuka.

Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan Facebook Lite tidak bisa dibuka, yaitu Pertama adalah masalah jaringan, kedua adalah masalah pada aplikasi, dan ketiga adalah kendala dari perangkat yang kamu gunakan.

Sebagian pengguna Facebook Lite mungkin pernah mengalami masalah,  contohnya adalah saat ingin membuka aplikasi Facebook Lite namun aplikasi tetap tidak merespons. Masalah lainya, tiba-tiba terdapat pemberitahuan "Sayangnya Aplikasi Facebook Lite Telah Terhenti", lalu akun keluar dengan sendirinya.

Salah satu penyebab yang memicu aplikasi tidak bisa berjalan dengan normal adalah karena minimnya ruang penyimpanan memori aplikasi (RAM) saat menjalankan aplikasi. Sehingga Facebook Lite dapat menjalankan perintah.

Pada pembahasan kali ini, Daun.id telah merangkumkan beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah Facebook Lite tidak dapat dibuka.

Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka

Daun.id

pexels.com

Saat Facebook Lite tidak bisa dibuka, barangkali terjadi masalah dan gangguan pada hp Android Anda. Sehingga untuk itu, Anda dapat melakukan cara-cara ini untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah facebook tidak bisa dibuka.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi Facebook Lite tidak bisa dibuka.

1. Memastikan Koneksi Internet Baik-Baik Saja
Bisa jadi saat Facebook Lite Anda tidak dapat dibuka adalah karena koneksi internet Anda sedang buruk, atau bisa jadi Anda lupa bahwa paket data Anda telah habis. Hal itu juga bisa menjadi penyebab Facebook Lite Anda tidak bisa dibuka. Sehingga, pastikan koneksi internet dan paket data Anda aman.

Selain cara di atas, untuk mengatur koneksi internet, Anda dapat melakukanya dengan cara yang lainnya. Anda dapat mengaktif mode pesawat untuk merestart ulang jaringan.

2. Restart Hp Anda
Dengan merestart Hp Android Anda, semua sistem akan kembali memulai dari awal. Jika setelah merestart Hp, Facebook Lite Anda berjalan dengan normal kembali. Artinya RAM pada Hp Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk membuka aplikasi.

3. Hapus File Cache/Sampah pada Hp
Cara untuk mengatasi Facebook Lite yang tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan menghapus file cache atau sampah pada Hp. Cara ini dapat Anda lakukan melalui pengaturan di Hp.

Berikut adalah langkah-langkahnya secara singkat. Buka pengaturan, lalu pilih menu manajemen aplikasi. Setelah itu, cari "Facebook Lite" dan pilih "Hapus Cache". Pengaturan ini dapat disesuaikan dengan ponsel masing-masing.

4. Paksa berhenti dan hapus data Facebook Lite
Jika Anda melakukan cara ini, Anda akan menghapus data login, basis data, cache, history, dan hal lain secara permanen. Namun cara ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi Facebook Lite yang tidak bisa dibuka.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya. Buka pengaturan dan pilih menu manajemen aplikasi. Setelah itu, cari "Facebook Lite" lalu klik "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data". Perlu diingat bahwa pengaturan ini bisa disesuaikan dengan ponsel masing-masing.

5. Menghapus dan Menginstal ulang Facebook Lite

Cara mengatasi Facebook Lite yang tidak bisa dibuka juga dapat Anda lakukan dengan menghapus dan menginstal ulang Facebook Lite. Cara ini bisa membuat FB lite menjadi baru seperti belum pernah digunakan.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya