Doa Memakai Baju Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Adapun doanya sebagai berikut"

Life | 11 August 2022, 19:00
Doa Memakai Baju Teks Arab, Latin, dan Artinya

Memakai pakaian atau berpakaian adalah sesuatu yang mudah dan biasa saja jika dilakukan. Namun memakai pakaian juga ada doa yang bisa kita baca yaitu doa memakai pakaian atau doa berpakaian baik setelah mandi atau keperluan lain.

Selain karena ajaran Rasulullah SAW untuk berdoa, terdapat manfaat lain yang telah diungkapkan melalui beberapa hadits, yaitu:


Daun.id

sumber: pixabay.com

1. Melindungi Tubuh saat Aurat Terbuka
Baju juga dapat bermanfaat untuk membantu menutupi aurat, yakni bagian-bagian tubuh yang tidak pantas untuk diperlihatkan dalam pandangan agama. Selama aurat tertutup maka baik, dan jika terbuka maka menjadi buruk.

Aurat perempuan seluruh tubuh, kecuali muka dan telapak tangan.Adapun aurat untuk laki-laki adalah menutup anggota tubuh antara pusar dan lutut baik di dalam salat atau di luar salat, serta boleh terbuka saat bersama istri.

Ini juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan kepada anak bahwa ada yang namanya aurat dalam Islam. Meski belum diwajibkan, ini bisa menjadi pembiasaan yang baik untuk menggunakan baju yang tertutup.

2. Menanamkan Rasa Malu
Dalam hadis riwayat Tirmidzi, umat muslim harus menghindari tanpa berpakaian sebab ada malaikat yang selalu berada berdampingan. Tetapi ada suatu kondisi di mana malaikat berhenti mengikuti yaitu saat berada di toilet dan saat berhubungan dengan pasangan.

Rasa malu ini harus ditanamkan sejak dini. Apalagi melihat kondisi saat ini yang begitu mengerikan, terutama untuk anak yang belum bisa membedakan dengan baik apa itu kejahatan. Menanamkan rasa malu akan menuntunnya kepada menjaga diri dengan baik.

3. Melindungi Tubuh dari Pandangan Jin
Rasulullah SAW telah menjelaskan bagaimana bahayanya ‘ain atau pandangan mata yang dapat menyebabkan kerusakan. Selain manusia, pandangan jin terhadap aurat manusia juga dapat berdampak buruk.

Bahkan jin dapat masuk ke dalam tubuh manusia hanya karena mereka suka terhadap manusia. Hal ini dapat terjadi karena jin melihat bagaimana kemolekan tubuh manusia sehingga mereka tertarik. Rasulullah SAW bersabda: Anas Ra:

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ: إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الخَلَاءَ، أَنْ يَقُولَ: بِسْمِ اللَّهِ

Artinya:

“Penutup antara pandangan jin dan aurat anak Adam ketika seorang melepas pakaiannya adalah dengan mengucapkan ‘Bismillah’ (Dengan menyebut nama Allah aku melepas pakaian),” (HR Tirmidzi).

Berikut ini beberapa doa memakai baju dan melepaskannya yang bisa dipraktekkan sehari-hari:

1. Doa Memakai Baju Sehari-hari
بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

(Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu)

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

2. Doa Memakai Baju Baru
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

(Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin)

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rezeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku.”

3. Doa Melepas Baju
Daun.id

sumber: pixabay.com

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

(Bismillaahil Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwa)

Artinya: “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.”

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 28 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:02 ISYA 19:11  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya