Doa Untuk Guru Teks Arab, Latin dan Artinya, Ketahui Adab Belajar

"Bacalah doa untuk guru dan ketahui adab belajar agar ilmu kamu berkah."

Life | 29 August 2022, 18:27
Doa Untuk Guru Teks Arab, Latin dan Artinya, Ketahui Adab Belajar

Guru adalah orang yang paling penting dalam hidup, guru merupakan pendidik rohani dan sekaligus menjadi pendidik jasmani. Kebaikan serta kerja keras mereka dalam membimbing dan mengayomi kita, patut untuk dibalas. Salah satunya melalui doa untuk guru.

Guru telah menjadi ujung tombak generasi penerus bangsa, mereka yang pertama mengukir generasi muda ini kelak menjadi apa. Semenjak mengajari membaca sampai sang siswa menjadi seorang ahli. Guru adalah sosok penting dalam kehidupan kita.

“Nabi SAW berpesan, 'Siapa yang memberikan kebaikan untukmu, maka balaslah. Jika kamu tidak mampu membalasnya, doakanlah ia hingga kamu yakin telah benar-benar membalasnya.'” (HR. Abu Daud).


Doa Untuk Guru Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id

unplash.com

Syekh Abdul Fattah Abu Guddah mengajarkan doa memuliakan dan memohon ampunan bagi guru kita. Tertuang dalam catatan kaki kitab Risâlah al-Mustarsyidin,

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِمَشَايِخِنَا وَلِمَنْ عَلَّمَنَا وَارْحَمْهُمْ، وَأَكْرِمْهُمْ بِرِضْوَانِكَ الْعَظِيْمِ، فِي مَقْعَد الصِّدْقِ عِنْدَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allâhumma-ghfir li masyâyikhinâ wa liman ‘allamanâ wa-rhamhum wa akrimhum biridlwânikal ‘adhîm fî maq’adish shidqi ‘indaka yâ arhamar râhiîn

Artinya: "Wahai Allah ampunilah guru-guru kami dan orang yang telah mengajar kami. Sayangilah mereka, muliakanlah mereka dengan keridhaan-Mu yang agung, di tempat yang disenangi di sisi-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang. (Imam al-Haris al-Muhasibi, Risâlah al-Mustarsyidin, Dar el-Salam, halaman 141).

Adab Ketika Menuntut Ilmu

Daun.id

pixabay.com

Adab mencari ilmu menjadi bagian penting dalam menuntut ilmu yang pada dasarnya diwajibkan bagi tiap muslim. Mengenai kewajiban tersebut, Rasulullah SAW memberikan penegasan dalam hadits berikut,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: "Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim," (HR Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami'ish Shaghiir No 3913).

Berikut ini adalah adab-adab yang perlu diterapkan ketika menuntut ilmu.

- Meluruskan niat (niatus shalihah)

- Melakukan usaha yang terbaik (ihsan)

- Tawakal

- Menaati perintah dan menjauhi larangan Allah SWT

- Berdoa agar terhindar dari malas dan kesukaran

- Berprasangka baik kepada Allah SWT (husnudzan)

- Mengamalkan ilmu yang dimiliki

- Banyak bertanya.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya