Cara Mencari Tinggi Segitiga dan Soalnya

"Cari tinggi segitiga dengan mudah dan efektif."

Life | 29 October 2022, 08:58
Cara Mencari Tinggi Segitiga dan Soalnya

Segitiga merupakan salah satu jenis bangun datar yang sering dijumpai saat belajar matematika. Bangun datar yang satu ini tentu saja dapat dicari rumusnya. Jika diketahui beberapa sisinya dan kamu perlu mencoba mencari sisi yang lain. Adapun caranya yakni sebagai berikut ini:

Melansir dari buku Lulus UN Matematika SMP/MTs, karya Drs. Joko Untoro, apabila tinggi segitiga tidak diketahui di soal, kamu dapat menghitungnya dengan memakai cara mencari tinggi segitiga. Berikut cara menghitungnya, yakni:

1. Mencari tinggi segitiga dengan memakai alas dan luas
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun rumus luas segitiga, yakni: L=1/2at

L = luas segitiga
a = panjang alas segitiga
t = tinggi segitiga dari alasnya

Contoh soal:

Luas segitiga ialah 20, dan panjang salah satu sisinya ialah 4, jika ditulis berarti L = 20 dan a = 4.

Kamu dapat memasukkan nilai yang diketahui dalam rumus L=1/2at dan dihitung. Pertama, kamu bisa mengalikan alas (a) dengan 1/2, lalu bagi luas (L) dengan hasil perhitungannya. Nilai yang didapatkan ialah tinggi segitiga tersebut.

Berikut contohnya, yakni: 20 = 1/2(4)t

20 = 2t
10 = t

2. Mencari tinggi segitiga sama sisi
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Segitiga sama sisi memiliki 3 sisi yang sama panjang, dan tiga sudut sama besar, masing-masing 60°. Apabila segitiga sama sisi dibagi menjadi dua bagian sama besar, kamu akan memperoleh dua segitiga siku-siku yang kongruen.

Berikut contoh soalnya:

Segitiga sama sisi mempunyai panjang setiap sisinya 8.

Teorema Pythagoras menjelaskan bahwa bagi semua segitiga siku-siku dengan panjang sisi a dan b, serta sisi miring c berlaku rumus: a2 + b2 = c2.

Untuk segitiga sama sisi sendiri, dibagi menjadi dua bagian sama besar, dan ditandai sisi-sisinya sebagai variabel a, b, dan c. Panjang sisi miring c akan sama dengan panjang sisi segitiga sama sisi. Sisi a akan sama dengan 1/2 panjang sisi sebelumnya, dan sisi b merupakan tinggi segitiga yang perlu dicari.

Memakai contoh segitiga sama sisi dengan panjang sisi = 8 c = 8 dan a = 4.

Kamu bisa nilai itu pada Teorema Pythagoras dan cari nilai b2. Pertama, kuadratkan c dan a dengan dikalikan masing-masing angka memakai angka yang sama. Lalu, kurangi a2 dari c2.

42 + b2 = 82
16 + b2 = 64
b2 = 48

Kamu bisa mencari akar kuadrat b2 guna mengetahui tinggi segitiga itu. Pakai fungsi akar kuadrat di kalkulatormu guna mencari Sqrt(2). Hasil perhitungannya ialah tinggi segitiga sama sisi tersebut.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 29 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya