Cara Mencari Jari-Jari Lingkaran Jika Diketahui Luasnya

"Langkah mudah mengetahui jari-jari lingkaran."

Tech | 19 November 2022, 19:20
Cara Mencari Jari-Jari Lingkaran Jika Diketahui Luasnya

Saat pembahasan bangun datar matematika, pasti kita akan menemui pembahasan tentang lingkaran. Lingkaran termasuk bangun datar dua dimensi yang terbentuk oleh kumpulan titik serta memiliki jarak yang sama dari titik tengahnya. Titik tengah merupakan titik pusat lingkaran, setiap lingkaran pasti memiliki jari-jari. Jari-jari ialah jarak antara titik tengah lingkaran dengan salah satu titik luarnya.

Selain jari-jari, lingkaran juga memiliki diameter. Diameter ini merupakan garis penghubung antara titik lingkaran luar yang melintasi titik pusat lingkaran. Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita juga sering mendapati benda yang berbentuk lingkaran. Untuk mencari jari-jari lingkaran dapat dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Secara detailnya akan diulas sahabat daun di bawah ini.

Sebelum memahami rumusnya, ada beberapa unsur penting lingkaran yang perlu diketahui. Berikut unsur-unsur dalam lingkaran:

- Titik pusat lingkaran, sebuah titik yang berada tepat di tengah-tengah lingkaran. Memiliki jarak yang sama antara setiap titik lengkungan lingkaran.
- Diameter lingkaran, suatu garis yang membentuk jarak sisi lingkaran dengan sisi seberang yang melintasi titik pusat. Dapat juga dikatakan dua kali panjang dari jari-jari.
- Jari-jari lingkaran, suatu jarak yang terbentuk dari titik pusat sampai dengan sisi lingkaran. Begitu juga dengan sebaliknya, sesuai dengan bentuknya bisa dari segala arah.

Itulah beberapa unsur penting bangun datar sebuah lingkaran yang dapat diketahui. Selanjutnya mari kita membahas cara mencari jari-jari lingkaran.

Cara Mencari Jari-Jari Lingkaran Jika Diketahui Luasnya

Daun.id

sumber; pexels.com

Untuk mencari jari-jari jika diketahui luasnya tentu memiliki rumus yang berbeda. Sebaiknya kita kenali beberapa rumus di bawah ini terlebih dahulu:

L = π x r²

Keterangan:

L = Luas lingkaran
π = 22/7 atau 3,14
r = Jari-jari lingkaran

r = √(L : π)

Keterangan:

r = Jari-jari lingkaran
L = Luas lingkaran
π = 22/7 atau 3,14

Agar lebih dapat memahami tentang langkah mencari jari-jari lingkaran jika diketahui luasnya. Mari kita mengerjakan beberapa contoh soal di bawah ini.

Contoh soal:

Sebuah lingkaran diketahui memiliki luas lingkaran 1000 cm². Tentukan jari-jari lingkarannya!

Diketahui:

L = 1000 cm²
π = 22/7 atau 3,14
r = ?

Penyelesaian:

r = √L : π
r = √1000 : 22/7
r = √318
r = 17 cm

Diketahui jari-jari lingkaran di atas sepanjang 17 cm.

Demikianlah rumus mencari jari-jari lingkaran jika diketahui luasnya. Caranya cukup terbilang sederhana dan mudah, buatlah contoh soal sendiri agar lebih mudah memahaminya.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya