Bacaan Sholat Jenazah Latin Lengkap dari Niat hingga Salam, Disertai Tata Caranya

"Berikut ini adlaah bacaan sholat jenazah teks latin langkap dari niat sampai salam."

Life | 17 December 2022, 15:40
Bacaan Sholat Jenazah Latin Lengkap dari Niat hingga Salam, Disertai Tata Caranya

Shalat jenazah merupakan sholat yang dilaksanakan ketika ada seorang muslim meninggal dunia. Setiap ada yang meninggal dunia, yang hidup memiliki kewajiban untuk mensholatinya. Hukum sholat jenazah ialah fardhu kifayah. Fardhu kifayah ialah suatu kewajiban yang bilamana sudah dilaksanakan minimal seorang muslim, maka gugurlah kewajiban muslim yang lainnya.

Ketika ada seorang muslim yang meninggal dunia, maka memiliki kewajiban untuk memandikan, mengkafani, menyolatkan, dan menguburkan jenazah. Ketika menggelar sholat jenazah untuk laki-laki, memiliki perbedaan dalam bacaan atau doa dengan jenazah perempuan.

Syarat Sah Sholat Jenazah

Berikut syarat sah yang perlu dilakukan sebelum melakukan sholat jenazah:

  • Salat jenazah sama dengan sholat lain, yakni menutup aurat, suci dari hadas besar dan kecil, suci badan, pakaian, dan tempatnya, serta menghadap kiblat.
  • Jenazah sudah dimandikan dan dikafani.
  • Letak jenazah berada di sebelah kiblat orang yang menyalatkannya, kecuali kalau salat dilakukan di dekat makamnya atau salat gaib.


Berikut orang terkait yang berhak mengurus jenazah:

  • Orang yang diwasiyatkan, dengan syarat, orang yang diwasiatkan bukan orang fasik atau ahli bidah.
  • Ulama atau pemimpin agama.
  • Orang tua dari jenazah tersebut.
  • Anak-anak si jenazah ke bawah.
  • Keluarga terdekat.
  • Kaum muslimin.

Bacaan dan Tata Cara Sholat Jenazah

Daun.id

unplash.com

Selain itu pelaksanaannya, sholat jenazah ini berbeda dengan sholat fardhu lima waktu. Sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti bacaan niat sholat jenazah untuk jenazah laki-laki. Begitu juga perbedaan letak seorang imam sholat jenazah bagi jenazah laki-laki maupun perempuan:

- Saat mensholati jenazah laki-laki, posisi imam menempatkan diri di sisi kepala.

- Sedangkan saat mensholati jenazah perempuan, posisi imam menempatkan diri di sisi pantat atau di tengah.

Jadi ada sedikit perbedaan untuk letak seorang imam pada saat sholat jenazah bagi jenazah jenis kelamin laki-laki dan perempuan.

- Bacaan niat shoalat jenazah

Lafal niat sholat jenazah (laki-laki) :
Doa Tarawih Teks Arab, Latin, dan Artinya, Dilengkapi Witir

Teks latin: Ushalli ‘alâ hâdzal mayyiti fardlan lillâhi ta’âlâ.

Artinya: “Aku niat shalat atas jenazah (laki-laki) ini fardhu karena Allah ta’âlâ.”

Lafal niat sholat jenazah (perempuan):

Teks latin: Ushalli ‘alâ hâdzihil mayyitati fardlan lillâhi ta’âlâ

Artinya: “Aku niat shalat atas jenazah (perempuan) ini fardhu karena Allah ta’âlâ.”

 - Membaca surat al-fatihah setelah takbir pertama

Teks Latin: "Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdu lilla hi rabbil 'alamiin. Ar rahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash shiraathal mustaqiim. Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin."

Artinya : "Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam, Yang Maha Pengasih, Paha Penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

- Takbir kedua, lalu membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW
 
Teks Latin: "Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa muhammad."

Artinya: "Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad."

Bacaan sholawat versi panjang:

"Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ âli sayyidinâ Muhammad, kamâ shallaita ‘alâ sayyidinâ Ibrâhîm wa ‘alâ âli sayyidinâ Ibrâhim, wa bârik ‘alâ sayyidinâ Muhammad, wa ‘alâ âli sayyidinâ Muhammad, kamâ bârakta ‘alâ sayyidina Ibrâhîm wa ‘alâ âli sayyidinâ Ibrâhîm fil ‘âlamîna innaka hamîdun majîd."

 Artinya: "Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

- Takbir ketiga, lalu mendoakan jenazah laki-laki. Berikut ini doanya:
 
 "Allahummagfir lahu warhamhu wa 'afihi wa 'fu'anhu wakrim nuzulahu wa wasi' madkholahu wagsilhu bilma'i watsalju wal bardi wa naqqihi minadzunubi walkhotoyaya kama yunaqqi atssaubulabyadhu binaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi, wahlan khoyron min ahliho, wa zaujan khoyron min zaujihi waqihi fitnatalqobri wa 'adzabi nnar."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Selamatkan dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya. Mandikanlah dia (mayit) dengan air, salju, dan embun. Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, juga istri yang lebih baik dari istrinya. Dan peliharalah (lindungilah) ia dari azab kubur dan neraka."

- Membaca takbir keempat, dan mendoakan jenazah laki-laki:
 
Teks Latin: "Allahumma tarimna Ajrohu walataftinna bakdahu."

Artinya: "Ya Allah, janganlah jadikan pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia."

- Salam
Selanjutnya, ditutup dengan salam sebagai berikut ini:

 Teks Latin: Assalâmu‘alaikum warahmatullâhi wabarakatuh

"Semoga keselamatan, kasih sayang, dan keberkahan dari Allah tercurah atas kalian."
 
Demikianlah bacaan lengkap sholat jenazah laki-laki yang harus dibaca pada saat mensholati jenazah laki-laki. Semoga bermanfaat, Wallahu a‘lam bi as-shawab.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya