Bacaan Bilal Sholat Tarawih 11 Rakaat, Dilengkapi Doa Setelahnya

"lebih lanjut simak di bawah ini"

Life | 24 December 2022, 15:05
Bacaan Bilal Sholat Tarawih 11 Rakaat, Dilengkapi Doa Setelahnya

Pada bulan suci Ramadhan, setiap muslim disunnahkan untuk mengerjakan sholat tarawih, sholat sunnah yang hanya ada pada bulan suci Ramadhan. Waktu pelaksanaannya pada malam hari, pada umumnya digelar setelah sholat isya. Biasanya sholat tarawih akan ditutup dengan sholat witir tiga rakaat.

Pada umumnya, umat muslim akan menggelar sholat tarawih secara berjamaah di masjid, mushola, hingga di rumah bareng keluarga. Ibadah sunnah yang hanya dapat dikerjakan di Bulan Ramadhan yaitu sholat tarawih. Sholat Tarawih merupakan salah satu amaliah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah saw selama hidupnya yang kemudian diteruskan oleh para sahabat dan umat Islam.

Al-Hafidh Ibnu Hajar al-‘Asqalani menjelaskan bahwa sholat Tarawih dengan shalat sunnah yang khusus dilakukan pada malam-malam Ramadhan. Dinamakan Tarawih karena orang yang melakukannya beristirahat sejenak di antara dua kali salam atau istirahat setiap empat rakaat. (Ibnu Hajar al-‘Asqalani, Fathul Bâri Syaru Shahîhil Bukhâri, [Bairut, Dârul Ma’rifah, 1998], juz IV, halaman 250). Rasulullah saw bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ  (متفق عليه)

Artinya: “Barang siapa melakukan sholat (Tarawih) pada Ramadhan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih).   Imam an-Nawawi dalam Syarhu Muslim menyatakan, yang dimaksud hadits di atas adalah sholat Tarawih. Dengan hadits ini mayoritas ulama sepakat bahwa hukumnya adalah sunnah.

Bilal itu sendiri merupakan orang yang memimpin lantunan shalawat dan taradhdhi di sela-sela sholat Tarawih atau tepatnya saat sebelum menjalankan sholat dan setelah salam. Biasanya masjid atau mushola menggunakan bilal dalam mengerjakan sholat tarawih secara berjamaah.

Dan bacaan bilal tersebut memiliki fungsi untuk membantu imam dalam mengingatkan jumlah rakaat sholat tarawih yang telah dilakukan. Hal ini karena jumlah rakaat sholat tarawih cukup banyak, sehingga seruan bila dapat memudahkan imam dalam mengingat jumlah rakaat sholat tarawih.

Mulanya, sebutan bilal merujuk pada Bilal bin Rabah, sahabat Rasulullah yang bertugas untuk mengumandangkan seruan sholat atau azan. Istilah bilal kemudian digunakan oleh orang-orang yang memberikan instruksi dalam sholat untuk memudahkan hitungan rakaat.

Bacaan Bilal Tarawih 11 Rakaat Lengkap

Bacaan bilal tidak harus sama, dan bisa diisi atau diganti dengan bacaan apa saja. Jika suatu jamaah tidak menggunakan bilal, maka hal itu tidak masalah selama imam dan makmum dapat mengingat jumlah rakaat sholat yang dilakukannya.
Daun.id

sumber: pixabay

1. Sebelum tarawih pertama

سُبْحَانَ المَلِكُ المَعْبُوْدْ, سُبْحَانَ المَلِكُ الْمَوْجُوْدِ, سُبْحَانَ الْمَلِكُ اْلحَيُّ الَّذِى لَايَنَامُ وَلَا يَمُوْتُ وَلَايَفُوْتُ اَبَدًا, سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ الْمَلَائِكةُ وَالرُّوْحُ, سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُلِله ِ وَلاَ اِلَهَ اِلَّااللهِ وَاللهُ اَكْبَرْ, وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ العَظِيْمِ

Subbaanal malikil ma'buudi, subhaanal malikil maujuudi, subhaanal malikil hayyil ladzii laayanaamu walaa yamutu walaa yafuutu abadan subbuuhun, quddusun rabbunaa wa rabbul malaaikati warruuhi, subhaanallaahi walhamdu lillaahi walaa ilaaha - illallaahu wallaahu akbaru, walaa haula walaa quwwata illa a billaahil 'aliyyil 'azhiimi.

Bilal:

 اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ x3

Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad 3x

صَلُّوْا سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ الله

Shollu sunnatat-tarawihi rak'ataini jami'atan rahimakumullah

Jamaah:

الصّلاةُ لآ إله إلاَّ الله

Asholatu Laa ilaha ilallah

2. Sebelum rakaat 3-4
Bilal:

فَـضْلاً مِنَ اللهِ وَ نِعُـمَةً وَمَـغْـفِرَةً وَرَحْمَةً لاَ ِالهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ المُلْكُ و لَهُ الحَمْدُ، يُحْيِـيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَي كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْـرٌ

Adl-Lam Minallaahi Wani’matan Wamaghfiratan Warahmatan Laa Ilaaha Ilaaha Illallahu Wahdahu Laa Syariika Lahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu Yuhyii Wayumiitu Wahuwa ‘Alaa Kulli Syai-In Qadiir

Jamaah:

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ

Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad

Jamaah:

 صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ

Shalallahu wassalam alaihi

3. Sebelum Rakaat 5-6
Bilal:

 سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْمَعْبُوْدِ سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْمَعْبُوْدِ سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْحَيِّ ا لَّذِيْ لَايَنَامُ وَلَايَمُوْتُ وَلَايَفُوْتُ أَبَدًا، سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَاوَرَبُّ الْمَلَاءِكَةِوَالرُّوْحِ، سُبْحَانَ اللّٰهِ وَالْحَمْدُللّٰهِ وَلَاإِلَهَ إِلَّااللّٰهُ وَاللّٰهُ اَكْبَرُ، وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَاِلَّابِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيِمِ

Subhanal malikil ma'bud, subhanal malikil ma'bud Subhanal malikil hayyillazi la yanamu wala yamutu wala yafutu abadan, Subbuhun quddusun rabbuna wa rabbul malaikatu warruh, Subhanallahi walhamdulillahi wa la ilaha illallahu wallahu akbar, Wala haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil 'azim.

Bilal:

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ

Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad

Jamaah:

صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ

Shalallahu wassalam alaihi

4. Sebelum Rakaat 7-8
Bilal:

 لَا إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللّٰهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ...اَلْخِلَافَةُ ٱلرَّاشِدَةُ اَبُوْ بَكَرْ الصِّدِّيْقُ وَعُمَرُ ابْنُ الْخَطَّابْ وَعُثْمَانُ بْنُ عَفَّانْ وَعَلِيْ بِنْ اَبِيْ طَالِبْ

Khulafaur rasyidin Abu Bakar Shiddiq wa Umar bin Khattab wa 'Utsman bin Affan wa Ali bin Abi Thaib

Jamaah:

 رَضِيَ اللهُ عَنْهُ

Radhiyallahu 'anhu

5. Bacaan Bilal Witir

صَلُّوْا سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةً رَحِمَكُمُ اللهُ

Shallu sunnatal witri rokataini jamiata rahimakumullah

لآ إله إلاَّ الله محمّدٌ رسولُ الله صلّى الله عليهِ وسل. اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ

Laa ilaha ilallah Muhammadu Rasulullah shalaallahu alaihi wa salam. Allahumma sholii wa sallim wa bariik alaih wa 'alaa aalih 

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya