Ponstan Obat Sakit Gigi, Ketahui Kategori dan Aturan Pakainya

"Berikut aturan pakai ponstan secara lengkap."

Life | 31 December 2022, 08:43
Ponstan Obat Sakit Gigi, Ketahui Kategori dan Aturan Pakainya

Ponstan ialah suatu jenis obat yang sangat bermanfaat dalam meredakan peradangan dan nyeri. Seperti rasa nyeri pada sendi, sakit gigi, sakit kepala, hingga nyeri haid pada perempuan. Obat ponstan bisa didapatkan melalui apotik, tergolong obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS).

Sakit gigi adalah rasa nyeri atau sakit yang terjadi di sekitar gigi atau rahang. Sakit gigi bisa terjadi akibat berbagai macam penyebab, seperti karies gigi, infeksi pada akar gigi, atau radang gusi. Sakit gigi dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat, terutama saat mengunyah atau mengonsumsi makanan yang dingin atau panas.

Sakit gigi juga dapat menyebabkan demam, mual, dan pembengkakan pada wajah. Jika Anda mengalami sakit gigi yang hebat, sebaiknya segera menghubungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Salah satu obat yang direkomendasikan ialah ponstan yang memiliki kandungan asam mefenamant.

Ponstan Obat Sakit Gigi

Daun.id

sumber; pexels.com

Ponstan merupakan obat yang mengandung asam mefenamant, bekerja dengan menghambat zat prostaglandin dalam tubuh. Zat prostaglandin merupakan zat yang dihasilkan akibat cidera pada jaringan tubuh. Fungsi zat ini dapat mempercepat dalam pemulihan luka. Namun di satu sisi juga dapat mengakibatkan peradangan hingga nyeri.

Pembuatan ponstan melibatkan bahan yang disebut asam mefenamant. Jenis obat ini juga tergolong obat resep yang berkategori OAINS. Bermanfaat dalam meredakan peradangan dan nyeri. Dapat dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Kategori anak-anak meliputi usia 14 tahun ke atas.

Jika dikonsumsi untuk ibu hamil, ponstan memiliki dua kategori yaitu:

1. Kategori C: setelah dilakukan studi percobaan pada binatang, obat ini memperlihatkan terdapat efek samping pada binatang. Akan tetapi belum menunjukkan adanya studi terkontrol pada wanita hamil. Obat ini dapat digunakan jika memiliki manfaat yang lebih besar daripada risiko terhadap janin.

2. Kategori D: menunjukkan adanya bukti bahwa kandungan ponstan berisiko pada janin manusia. Akan tetapi juga memiliki manfaat yang lebih besar daripada risikonya. Jadi dapat dikonsumsi pada kondisi yang mengancam nyawa. Tidak disarankan untuk ibu menyusui, pasalnya dapat terserap ke dalam ASI.

Sebelum mengonsumsi obat ini, sebaiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

- Ketika sedang mengalami sakit pendarahan saluran cerna, tidak disarankan untuk mengonsumsi ponstan. Jadi jangan dikonsumsi jika memiliki riwyat penyakit; gagal hati, menjalani operasi bypass jantung, dll.

- Obat ini dapat menyebabkan pusing hiingga rasa mengantuk, jadi ketika mau melakukan kegiatan berat atau membutuhkan kewaspadaan tinggi. Jadi ketika mau mengemudi, tidak disarankan mengonsumsinya.

- Ketika sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan. Sebaiknya beritahukan dokter pada saat berkonsultasi.

- Ketika terjadi alergi obat atau terjadi overdosis, segera berkomunikasi dengan dokter.

- Saat mau mengoonsumsi ponstan, hindari mengonsumsi obat-obatan herbal lainnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya interaksi obat yang dikonsumsi.

- Untuk mengonsumsi ponstan, jangan mengonsumsi alkohol. Hal ini untuk menghindari pendarahan pada saluran cerna.

- Beritahukan dokter, ketika memiliki riwayat asma, hipertensi, penyakit liver, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

- Bagi yang memiliki riwayat alergi terhadap obat, tidak disarankan mengonsumsi ponstan.

Demikianlah ponstan obat sakit gigi yang dapat dikonsumsi. Sebelum memakainya, perhatikan aturannya terlebih dahulu. 

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 23 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:30 SUBUH 04:40 DUHA 06:24 ZUHUR 11:57
ASHAR 15:19 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:05  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya