Obat Analsik untuk Radang Tenggorokan, Ketahui Kegunaan, Dosis dan Efek Samping

"Berikut ini adalah penjelasan tentang obat Analsik yang perlu Anda ketahui."

Life | 09 January 2023, 20:32
Obat Analsik untuk Radang Tenggorokan, Ketahui Kegunaan, Dosis dan Efek Samping

Radang tenggorokan adalah rasa nyeri yang terjadi akibat iritasi pada tenggorokan. Kondisi ini umumnya sering disertai dengan infeksi, seperti pilek atau flu. Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi berbicara berlebihan, luka bakar dari makanan panas, mulut yang sangat kering, atau tidur dengan mulut terbuka.
Daun.id

istimewa

Obat Analsik untuk Radang Tenggorokan

Obat analsik ini bukanlah obat khusus untuk radang tenggorokan. Melainkan obat pereda nyeri yang penggunaanya harus menggunakan resep dokter. Analsik merupakan obat pereda nyeri dengan kombinasi bahan aktif metampiron (metamizole) dan diazepam. Analsik merupakan obat yang masuk ke dalam golongan obat keras sehingga penggunaannya tidak bisa sembarangan dan harus menggunakan resep dokter. Obat Analsik masuk ke dalam golongan NSAID (Non Steroidal Anti-Inflammatory Drugs). 

Kandungan metampiron yang ada dalam obat ini bekerja dengan cara menghambat hormon prostaglandin yang menimbulkan rasa nyeri pada tubuh dan menurunkan suhu tubuh ketika demam. Sedangkan diazepam yang terkandung dalam Analsik bekerja dengan cara meningkatkan asam gamma aminobutyric (GABA) yang mengurangi rasa nyeri dan menghasilkan efek tenang. 

Jadi, Analsik adalah obat untuk mengurangi rasa nyeri sedang hingga berat. Kegunaan obat Analsik salah satunya adalah untuk menangani nyeri pasca operasi. 

Keterangan:
Golongan: Psikotropika
Kelas Terapi: Obat Anti-inflamasi Nonsteroid
Kandungan: Metamizole 500 mg dan Diazepam 2 mg
Kemasan: Boks, 10 Strip @ 10 kaplet
Farmasi: Sanbe Farma
Harga Analsik: Rp55.000 - Rp85.000/strip


Dosis Analsik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, obat ini merupakan obat yang memerlukan resep dokter. Anda tidak dapat melebihkan atau mengurangi dosis tanpa pengawasan dari dokter. Ikuti aturan minum dan dosis yang dianjurkan dokter Anda, dan konsultasikan segera jika muncul efek samping yang tidak biasa.

Kontraindikasi
Penggunaan obat ini dapat menimbulkan efek samping dan dikontraindikasikan penggunaannya jika dikonsumsi bersama sejumlah obat-obatan tertentu.

Interaksi Obat
Interaksi mungkin saja terjadi jika Analsik dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain. Obat yang dapat menimbulkan interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat ini adalah obat-obatan NSAID lainnya seperti aspirin dan ibuprofen, obat-obatan antikoagulan seperti warfarin, obat diuretik, obat antidepresan seperti fluoxetin, dan obat penyakit autoimun seperti cyclosporin.


Efek Samping Analsik

Penggunaan Analsik juga dapat menimbulkan efek samping. Gejala efek samping yang paling umum akibat penggunaan obat ini, yaitu:

  • Rasa kantuk
  • Depresi
  • Hipotensi, retensi urin
  • Konstipasi
  • Reaksi alergi
  • Segera periksakan diri ke dokter jika reaksi alergi atau gejala efek samping lainnya tidak kunjung mereda. 


Kelompok Berisiko
Selain berisiko menimbulkan interaksi, obat ini juga dikontraindikasikan penggunaannya oleh beberapa kelompok. Analsik dikontraindikasikan penggunaannya oleh orang dengan riwayat hipersensitif dengan kandungan metampiron dan diazepam, atau kandungan lain dalam obat. Selain itu obat ini juga dikontraindikasikan terhadap orang yang memiliki tekanan darah rendah (hipotensi), gangguan pernapasan, glaukoma, wanita hamil, menyusui, atau berencana melakukan program kehamilan.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 20 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:02  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya