12 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download dengan Cepat dan Mudah

"Salah satu cara mengatasi Play Store tidak bisa mendownload adalah dengan me-restart Android."

Tech | 14 January 2022, 15:32
12 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download dengan Cepat dan Mudah

Google Play Store atau kerap disebut Play Store merupakan aplikasi resmi dari sistem operasi Android yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google. Play Store ini berfungsi selayaknya sebagai toko resmi untuk sistem operasi Android, dan sejarahnya aplikasi unduhan ini dirilis pertama kali pada tahun 2008.

Dengan Play Store, pengguna Andriod dapat menelusuri dan mengunduh berbagai aplikasi yang ada di dalamnya. Play Store juga berfungsi seperti toko media digital, yaitu menawarkan program musik, buku, aplikasi, film hingga TV. Lebih dari 3.5 juta aplikasi diterbitkan oleh Play Store pada tahun 2017.

Dengan segala kemudahan yang disuguhkan oleh Play Store, tak jarang aplikasi ini juga dapat mengalami masalah. Kebanyakan masalah yang muncul adalah aplikasi tidak dapat didownload, Play Store tidak dapat dibuka, Play Store tidak dapat menjalankan aplikasi setelah dibuka dan proses download macet atau tidak selesai.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download

1. Pastikan Anda Memiliki Koneksi Internet yang Kuat

Daun.id

pexels.com

Anda harus memiliki koneksi internet yang kuat. Carilah koneksi internet yang kuat baik itu dari koneksi wifi ataupun menggunakan data seluler dari Android Anda. Kemudian, cobalah untuk download ulang.

2. Menghapus Cache & Data Play Store
Cara ini akan berguna untuk me-refresh aplikasi dan dapat membantu menyelesaikan masalah Play Store tidak bisa download.

- Pertama, buka setelan aplikasi di perangkat Android Anda melalui setelan/pengaturan.
- Pilih opsi Aplikasi & notifikasi kemudian lihat semua aplikasi.
- Scroll ke bawah, lalu pilih Play Store.
- Ketuk Penyimpanan lalu Hapus Cache.
- Selanjutnya, ketuk Hapus data.
- Buka kembali Play Store & cobalah untuk download lagi.

3. Mulai Ulang Perangkat
Jika Anda masih tidak dapat mendownload setelah menghapus cache & data Play Store, mulai ulang perangkat Anda.

- Tekan dan tahan tombol Daya hingga muncul menu pop-up.
- Ketuk Matikan atau Mulai ulang jika ada pilihan tersebut.

4. Bersihkan Ruang

Jika ruang penyimpanan Android hampir penuh, ini akan mengganggu proses download dan penginstalan aplikasi. Saat ruang penyimpanan perangkat hampir, akan muncul notifikasi tentang ruang penyimpanan. Atau jika hanya tersisa kurang dari 1 GB biasanya juga akan menampilkan notifikasi.

5. Periksa Kartu SD

Daun.id

pexels.com

Saat penyimpanan aplikasi Anda taruh di kartu SD, bisa jadi Play Store tidak bisa mendownload adalah karena kartu SD Anda tidak terhubung. Coba untuk keluarkan atau lepaskan, lalu masukkan kembali.

6.Instal Ulang atau Update Play Store
Pastikan Anda sudah terhubung ke Wi-Fi dan data seluler yang kuat. Anda bisa melakukan instal ulang aplikasi Play Store dengan menghapusnya terlebih dulu.

Anda juga bisa melakukan update Play Store jika versi Play Store Anda sudah kadaluarsa. Agar lebih mudah, Anda bisa mengaktifkan update otomatis pada setelan Android.

7. Hapus & Tambahkan kembali Akun Google Anda
Saat menghapus akun google Anda, sejumlah informasi juga akan dihapus dari perangkat Android Anda. Namun, data yang sudah ditautkan ke Akun Google Anda akan tetap tersedia jika telah dicadangkan di cloud.

Data tersebut akan kembali tersedia di perangkat Android saat akun Anda kembali ditambahkan. Maka pastikan Anda sudah memback up file-file penting sebelum melakukan langkah ini.

8. Atur Kembali Waktu dan Tanggal
Saat koneksi internet dan pengaturan Google Play Store sudah normal, namun belum bisa untuk mendownload. Yang selanjutnya Anda cek adalah pengaturan waktu.

Pastikan, waktu dan tanggal pada perangkat Android yang Anda gunakan sama dengan waktu dan tanggal yang sebenarnya. Lebih mudah, Anda dapat mengaktifkan "Automatically Set Date & Time".

9. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Saat Android Anda terlalu banyak terisi aplikasi akan membuat memori menjadi penuh. Akibatnya, Anda jadi tidak dapat mendownload aplikasi lain. Cobalah untuk menghapus beberapa aplikasi yang mungkin sudah tidak Anda gunakan lagi.

10. Matikan Koneksi VPN

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mematikan koneksi VPN pada smartphone dengan cara:

- Buka “Wireless and Networks”
- Pilih More
- Lalu Cari “VPN”
- Kemudian “Putuskan Koneksi” yang sedang tersambung
- Pilih Ok. Maka koneksi VPN akan terputus

Coba buka kembali Google Play Store, apakah bisa dibuka atau tidak.

11. Lakukan Reset Host (Root)
Anda dapat mengatasi ini dengan cara melakukan reset host (root) untuk memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka. Berikut caranya:

- Pertama, Anda adalah instal aplikasi “Root Explorer” kemudian buka aplikasi tersebut.
- Setting opsi pilihan Mount as R/W (Read/Write).
- Masuk ke direktori “System Etc”.
- Buka file host yang terdapat didalamnya, lalu klik “Open in a text editor”.
- Pada file host tersebut terdapat banyak sekali alamat host, hapus semua dan sisakan satu saja file host dengan alamat “127.0.0.1 localhost”.
- Simpan file host yang sudah di edit tersebut lalu keluar.
- Setelah langkah-langkah diatas kamu ikuti, maka kemudian restart HP kamu.
- Tunggu proses restart HP selesai. Setelah itu coba buka kembali Google Play Store.

12. Hapus Proxy

Jika masalah Play Store tidak bisa download Anda bukan karena kapasitas memori yang penuh, namun karena mendapatkan pesan error 491, error 403, dan sebagainya, maka cobalah untuk menghapus proxy yang ada di pengaturan APN perangkat Anda. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya