Kisah-kisah Islami untuk Mempertebal Iman, tentang Filosof Al Farabi hingga Khalid bin Walid

"Kisah-kisah yang memberi hikmah"

Kisah Islami | 27 March 2023, 13:31
Kisah-kisah Islami untuk Mempertebal Iman, tentang Filosof Al Farabi hingga Khalid bin Walid
Kisah-kisah islami punya banyak dampak positif bagi ketebalan iman seseorang. Dengan membaca kisah-kisah islami, maka kita akan mendapat banyak hikmah.

Kisah-kisah itu ada yang diceritakan lewat kitab suci Al Quran, namun juga ada yang dikisahkan melalui hadist, ataupun kitab-kitab yang dikarang oleh ulama atau pemikir Islam.

Nah, berikut beberapa kisah islami yang dihimpun dari beberapa sumber. Kisah-kisah ini akan mempertebal iman umat Islam.

1. Kisah Al Farabi Filosof Besar Islam, Kuasai 70 Bahasa dan Dikagumi Ibnu Sina

Sejak usia belia Al Farabi diceritakan telah memiliki kecerdasan yang istimewa karena dengan cepat menguasai hampir setiap yang dipelajarinya. Pada awal pendidikannya ini, Al-Farabi belajar al-Qur’an, tata bahasa, kesusasteraan, ilmu-ilmu agama (fiqh, tafsir dan ilmu hadits) dan aritmatika dasar. Al-Farabi muda belajar ilmu-ilmu islam dan musik di Bukhara, dan tinggal di Kazakhstan sampai umur 50.

2. Kisah Ahmed Deebat, Ulama Besar Islam yang Hafal Injil

Ahmed Deebat ini membandingkan ayat-ayat Al Qur'an dengan ayat-ayat Injil dengan cara yang beragam. Hal tersebutlah yang membuatnya sangat disegani dan sekaligus dibenci oleh misionaris-misionaris. Para misionaris itu harus berpikir berulang kali sebelum melakoni perdebatan dengan Ahmed Deebat.

3. Khalid bin Walid Panglima Besar Islam, Pernah Meminum Racun

Khalid berasal dari keluarga terpandang kaum Quraisy. Ayah Khalid adalah Walid bin Mugirah adalah salah satu pemimpin yang berkuasa pada masa itu. Keluarga mereka juga terkenal sebagai keluarga yang kaya dengan memiliki harta berupa kebun, emas, hingga budak.

4. Kisah Abu Qilabah Sahabat Nabi yang Paling Sabar, Tetap Bersyukur Meski Putranya Wafat Dimakan Singa

Nama lengkap Abu Qilabah adalah Abdullah bin Zaid al-Jarmi. Ketika hidup, ia termasuk seorang perawi yang banyak meriwayatkan hadits dari sahabat Anas bin Malik. Abu Qilabah sendiri adalah sahabat yang masyhur sebagai ahli ibadah dan zuhud. Ia berasal dari kota Bashrah dan wafat di Syam pada 104 H.


Artikel Pilihan


Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Aries akan mengalami kehidupan percintaan yang penuh gairah. Kamu akan menemukan dirimu lebih terbuka untuk menjalin hubungan baru atau memperdalam hubungan yang sudah ada. Namun, tetaplah berhati-hati dan jangan terburu-buru dalam membuat keputusan besar dalam percintaanmu.



Aries Selengkapnya