Sejarah Singkat Perkembangan Islam di Beberapa Negara, dari India hingga Rusia

"Islam berkemang cukup cepat di semua belahan dunia"

Kisah Islami | 22 March 2023, 18:23
Sejarah Singkat Perkembangan Islam di Beberapa Negara, dari India hingga Rusia
 Islam adalah agama yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad SAW. Islam tidak hanya berkembang di jazirah Arab saja, melainkan Islam berkembang hingga ke berbagai penjuru dunia.

Banyak fakta-fakta unik tentang sejarah perkembangan Islam di dunia tersebut. Ada yang lewat jalur perdagangan, ada juga melalui konflik peperangan.

Nah, untuk mengetahui sejarah perkembangan Islam di beberapa negara, berikut ulasan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Fakta Masuknya Islam di India, Bangunan Peninggalannya Masih Berdiri Kokoh

Islam masuk ke India pada abad ke-7 lewat perdagangan dan jalur perdagangan dari Timur Tengah. Pada abad ke-8 dan ke-9, Islam mulai berkembang lewat aktivitas sufi dan para peziarah.

2. Fakta Perang Sassanian, Awal Masuknya Islam di Iran

Dinasti Sassanian sukses dikalahkan oleh Islam. Dengan kemenangan tersebut membuat Islam berhasil masuk ke tanah Iran dan mempengaruhi berbagai bentuk dan perkembangan khalifah dalam Islam

3. Sejarah Masuknya Islam di Rusia, Akan Jadi Terbesar di Eropa

Rusia memiliki sejarah yang panjang dengan Islam. Sejak masuknya Islam ke Rusia pada abad ke-8, hubungan antara keduanya tersebut berubah-ubah dari waktu ke waktu.

4. Fakta Perkembangan Islam di Benua Eropa, Peninggalan Masih Berdiri Kokoh

Perkembangan Islam di Eropa tak dapat lepas dari penaklukan Semenanjung Andalusia yang sekarang Spanyol. Penaklukan Andalusia tersebut dipimpin oleh Tariq bin Ziyad pada tahun 711 masehi atau pada masa pemerintahan Khalifah Walid bin Abdul Malik pada masa Dinasty Umayyah.


Artikel Pilihan


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya