Sejarah Masuknya Islam di Rusia, Akan Jadi Terbesar di Eropa

"Rusia akan menjadi negara Islam terbesar"

Life | 05 February 2023, 11:57
Sejarah Masuknya Islam di Rusia, Akan Jadi Terbesar di Eropa

Rusia memiliki sejarah yang panjang dengan Islam. Sejak masuknya Islam ke Rusia pada abad ke-8, hubungan antara keduanya tersebut berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Dalam beberapa periode sejarah Rusia menunjukkan jika toleransi dan dukungan terhadap keberadaan Islam, sementara pada periode lain menunjukkan diskriminasi serta pembatasan terhadap praktik agama Islam.

Rusia merupakan salah satu negara yang turut menyaksikan era kejayaan Islam. Dan hingga kini agama Islam di Rusia menjadi terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks. Hingga kini umat Muslim di Rusia masih berjumlah besar bahkan diperkirakan jika nanti pada tahun 2050, Rusia menjadi negara Islam Eropa terbesar.

Masuknya Islam ke Rusia

Daun.id

Sumber: Facebook Abi Sofyan

Masuknya Islam ke Rusia berawal dari umay Muslim yang menetap di Derbent, Rusia. Mereka tinggal setelah penaklukan Arab pada abad ke-8. Pada tahun 922 berdirilah kerajaan Islam pertama di Rusia bernama Bulgaria Volga atau Bulghar.

Hubungan mesra terjadil dari Raja Bulghar yakni Yiltuwar Almush dengan Kekhalifahan Abbasiyah di Bagdad. Sejak berdirinya kerajaan Islam, perkembangan Islam di Rusia cukup pesat dan sukses memperlebar wilayah.

Kemunduran perkembangan Islam di Rusia

Sebenarnya kemuncuan Kesultanan Kazan yang merupakan bekas Dinasti Golden Horde yang juga merupakan salah satu kerajaan Islam di Rusia membuat perkembangan Islam di Rusia semakin pesat, namun sejak Kesultanan Kazan ditaklukan oeh Ivan IV dari Ketsaran Rusia, perkembangan Islam mengalami kemunduran.

Terhidung sejak penaklukan Ivan IV hingga masa kekuasaan Catherine Agung pada 1762, perkembangan Islam di Rusia mengalami kemunduruan yang signifikan.

Apalagi pada era Soviet, praktik agama termasuk Islam dilarang keras dan banyak masjid dan tempat ibadah lainnya ditutup atau diubah menjadi museum.

Islam kembali berjaya setelah era Uni Soviet

Daun.id

Sumber: Facebook Strawberry

Setelah Uni Soviet runtuh pada tahun 1991, praktik agama termasuk Islam kembali diakui dan dapat dilakukan secara bebas di Rusia.

Islam kembali berkembang di tanah Rusia dan pusat kebudayaan Islam di Rusia seperti Madrasah kembali dibuka pada tahun 1991 di Moskwa

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya