Fakta Unik Sejarah, tentang Tukang Cukur BJ Habibie hingga Mobil Baru KH Idham Chalid

"Fakta sejarah ini jarang sekali diungkap ke publik"

Fakta Sejarah | 27 January 2023, 09:33
Fakta Unik Sejarah, tentang Tukang Cukur BJ Habibie hingga Mobil Baru KH Idham Chalid
Sejarah Tanah Air menyimpan banyak cerita di baliknya yang jarang diungkap ke publik. Semisal sejarah presiden Indonesia mulai Soekarno hingga Presiden Joko Widodo.

Nah, di balik sosok-sosok itu ternyata ada banyak kisah unik yang mungkin saja sederhana, tapi menyimpan banyak makna. Seperti siapa tukang cukur BJ Habibie? Bagaimana kisah kesederhanaan salah satu menteri era Soekarno? hingga bagaimana cerita KH Idcham Chalid memiliki mobil baru?

Kisah-kisah sederhana namun menjadi fakta sejarah Tanah Air ini, kami hadirnya secara singkat agar mudah dibaca. Oleh karena itu, simak selengkapnya di sini:   

1. Cerita Tukang Cukur BJ Habibie, Sekali Cukur Rp 500 Ribu

Pak Nasim sendiri sebenarnya masih sempat tak percaya jika dirinya dipercaya untuk mencukur rambut di kepala Presiden ketiga RI itu. Ia pun mengaku sempat gerogi di awal-awal mendapat job untuk mencukur rambut Habibie.


2. Kisah Kegigihan Nyai Sholihah Ibunda Gus Dur, Sempat Jualan Beras

Di balik sosoknya yang begitu fenomenal, ada peran seorang perempuan yang begitu gigih dan sungguh-sungguh. Wanita itu adalah Munawaroh atau Nyai Hajah Sholihah alias Nyai Sholihah yang tak lain adalah ibunda Gus Dur.


3. Kisah Kesederhanaan Menteri Ir. Sutami di Era Soekarno, Rumah Cicilan dan Tak Mampu Bayar Listrik

Ir. Sutami yang kelahiran 19 Oktober 1928 itu juga dikenal sebagai menteri yang anti kemapanan. Dia memang sengaja tak menggunakan fasilitas yang diberkian negara secara berlebihan. Setelah rumah bocor dan dibeli dengan cara angsur, rupanya PLN pernah mencabut aliran listrik di rumahnya lantaran tak mampu bayar listrik.


4. Kisah KH Idham Naik Mobil Bareng KH Saifuddin Zuhri, Padahal Baru Belajar Nyetir

Sebelum memiliki mobil, Kiai Idcham Chalid senasib dengan Kiai Saifuddin, anggota geng nebenger. Salah satu mobil yang sering ditumpangi adalah milik kawan mereka, Kiai AS Bachmidlah. Mobil tua yang kadang-kadang mogok.



Artikel Pilihan


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya