Kalkulator Zakat

Baca Pengertian Zakat dan Hukumnya, Pahami Hikmah dan Cara Menghitungnya


Kalkulator zakat adalah layanan yang bertujuan untuk mempermudah perhitungan jumlah zakat yang harus ditunaikan setiap umat muslim. Penghitungan zakat tersebut sesuai syariah. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui berapa jumlah zakat yang harus Anda tunaikan, silahkan gunakan fasilitas kalkulator ini.


Jenis Zakat



Zakat penghasilan dikenal juga sebagai zakat profesi. Zakat penghasilan ini merupakan bagian dari zakat maal yang wajib dikeluarkan oleh seseorang yang berpenghasilan. Harta tersebut dari pekerjaan yang tidak melanggar syariah. Adapun nisab zakat penghasilan adalah sebesar 85 gram emas per tahun. Kadar zakat penghasilan senilai 2,5%. Namun dalam praktiknya, zakat penghasilan ini dapat ditunaikan tidak dalam waktu setahun. Tapi bisa ditunaikan tiap bulan dengan nilai nisab per bulan dihitung setara dengan nilai seperduabelas dari 85 gram emas, dengan kadar 2,5%. Sehingga jika penghasilan setiap bulan telah melebihi nilai nisab bulanan, maka wajib dikeluarkan zakat sebesar 2,5% dari penghasilannya tersebut. Penghitungan zakat ini didasarkan pada Al Qur'an Surah Al Baqarah ayat 267, Peraturan Menteri Agama Nomer 31 Tahun 2019, Fatwa MUI Nomer 3 Tahun 2003.








Panduan Zakat


Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Februari 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasanganmu. Jika kamu masih sendiri, ada kemungkinan kamu akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Pisces Selengkapnya




AI