7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan, Kenali Penyebabnya

"Sakit kepala sebelah kanan bisa disebabkan migrain kronis"

Life | 14 January 2022, 20:45
7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan, Kenali Penyebabnya

Pemicu sakit kepala pada umumnya disebabkan berbagai macam hal atau kondisi. Mulai dari kondisi medis tertentu hingga disebabkan karena aktivitas sehari-hari. Sehingga dapat menimbulkan efek yang berbeda-beda pula.

Salah satu sakit kepala yang ditimbulkannya ialah sakit kepala sebelah kanan, dalam istilah medis disebut dengan migrain (nyeri sakit kepala sebelah). Kondisi ini dapat terjadi dan menimbulkan rasa nyeri di kepala.

Kadang-kadang terjadi dalam waktu yang cukup singkat, kadang juga dalam waktu yang cukup panjang. Sakit kepala sebelah kanan pasalnya juga dapat terjadi berhari-hari. Hal ini sesuai dengan penyebab terjadinya sakit kepala sebelah kanan.

Pada umumnya sakit kepala memang sudah wajar terjadi pada siapa saja. Sebagian besar orang pernah mengalaminya, bahkan hampir keseluruhan. Tentunya hal ini disebabkan oleh berbagai ragam kondisi. Sebelum mengatasinya, kenali penyebabnya terlebih dahulu untuk memudahkan mengatasi sakit kepala sebelah kanan.

Mengenal penyebab sakit kepala sebelah kanan

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala di sebelah kanan, minimal sekali dalam hidupnya. Namun, tidak setiap orang dapat memiliki penyebab sakit kepala yang sama. Setiap orang, terkadang memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab sakit kepala sebelah kanan :

- Migrain kronis, merupakan suatu kondisi sakit kepala pada satu sisi kepala yang memiliki sensasi nyeri, denyut, hingga tingkat rasa sakit yang parah. Gejala awalnya berupa kelelahan, peka terhadap cahaya, hingga nafsu makan menurun.

- Radang selaput otak, dalam istilah medis disebut dengan meningtis. Suatu kondisi sakit kepala hingga ke leher terjadi karena infeksi pada selaput pelindung yang mengelilingi otak dan saraf tukang belakang.

- Tumor otak, gejala yang terjadi pada tumor otak dapat menimbulkan sakit kepala sebelah kanan. Tumor otak terjadi karena pertumbuhan sel-sel abnormal yang terjadi di sekitar otak.

- Humicrania continua, gejala utamanya terasa sakit kepala pada satu sisi saja yang dapat berlangsung secara terus menerus. Meski tipe ini, termasuk jenis sakit kepala yang jarang terjadi. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

- Terjadi cedera di kepala, kepala dapat mengalami cedera akibat berbenturan dengan benda-benda keras. Selain benturan, cedera kepala juga dapat disebabkan oleh benda asing yang masuk ke dalam kepala.

Daun.id

sumber; pexels

- Sakit kepala cluster, jenis sakit kepala ini lebih sering terjadi pada laki-laki pada saat usia muda dewasa. Kondisi ini dapat terjadi dengan ditandai rasa nyeri yang terjadi di sekitar mata.

- Sakit kepala bagian tegang, merupakan sakit kepala biasa yang sudah umumnya terjadi pada tiap orang. Kondisi ini dapat menjalar ke bagian kepala sisi kiri maupun kanan, dapat terjadi pada satu sisi saja. Sehingga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

- Stres, dapat memicu terjadinya sakit kepala yang disebabkan oleh sekumpulan hormon stres. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan. Setelah mengenali penyebabnya, setidaknya dapat memudahkan untuk mendeteksi dan mencari cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan.

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan

Ketika sedang terjadi sakit kepala sebelah kanan, sebaiknya usahakan tetap tenang dan melakukan cara untuk mengatasinya. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan.

Berikut ini cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan :

1. Melakukan relaksasi

Daun.id

sumber; pexels

Relaksasi juga dapat dilakukan dengan bermeditasi, dengan cara memejamkan mata dan mengatur napas dengan lebih tenang. Setelah itu dapat membayangkan suatu favorit yang diinginkan, cara ini dapat membantu mengatasi sakit kepala sebelah kanan.

2. Memijat kepala dengan ringan

Selain dapat dicoba dengan sendiri, cara ini juga bisa meminta bantuan orang lain untuk melakukan pemijatan dengan ringan pada sisi kepala yang terasa sakit. Pijatlah secara berulang-ulang hingga sakit kepala sebelah kanan menghilang.

3. Lakukan peregangan

Daun.id

sumber; pexels

Tegangnya otot yang terjadi pada leher dan pundak dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah kanan. Ketegangan yang terjadi bisa juga dipicu oleh stres, kelelahan, dan lain-lain. Jika kondisi tersebut menjadi pemicu sakit kepala sebelah kanan, maka lakukanlah peregangan untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan.

4. Meningkatkan minum air putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah kanan. Selain itu dehidrasi juga dapat membuat seseorang tampak lemah. Cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan akibat kondisi ini ialah dengan meningkatkan minum air putih. Hingga kebutuhan cairan yang dibutuhkan tubuh terpenuhi, minimal minum air 8 gelas dalam sehari.

5. Menghindari makanan atau minuman

Daun.id

sumber; pexels

Ada beberapa jenis makanan ataupun minuman yang dapat menyebabkan kadar gula rendah. Jika kadar gula rendah, maka dapat menyebabkan terjadi sakit kepala sebelah kanan. Cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan ialah dengan menghindari makanan atau minuman yang menyebabkan kadar gula rendah.

6. Kompres dingin atau hangat

Ketika terjadi sakit kepala sebelah kanan, dapat diatasi dengan cara mengompres kening atau bagian belakang kepala. Hal ini dapat membantu melancarkan peredaran darah pada dan membantu mengendurkan otot yang kaku. Sehingga dapat mengatasi sakit kepala sebelah kanan.

7. Istirahat di tempat yang gelap

Daun.id

sumber; pexels

Pada saat beraktivitas tiba-tiba sakit kepala sebelah kanan muncul. Maka, carilah tempat gelap dan tenang untuk beristirahat atau duduk. Cara ini dapat menenangkan dan membuat rileks pada ketegangan otot penyebab sakit kepala sebelah. Sehingga dapat mengatasi sakit kepala sebelah kanan.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan. Jika sakit kepala sebelah kanan masih membandel atau susah untuk diatasi. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya