5 Cara Mengatasi Penyimpanan Limit Google Drive dengan Mudah dan Efektif

"Menggunakan Google Drive adalah cara cerdas untuk menyimpan data secara gratis dan dapat diakses dengan perangkat apapun selama terhubung internet."

Tech | 17 January 2022, 16:00
5 Cara Mengatasi Penyimpanan Limit Google Drive dengan Mudah dan Efektif

Kemajuan teknologi yang semakin mudah membuat aktivitas manusia menjadi semakin cepat, contohnya saja Google Drive. Google Drive merupakan layanan penyimpanan yang diluncurkan oleh Google sejak tahun 2012.

Google Drive ini adalah suatu layanan penyimpanan berbasis could yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan mengakses file secara online. Sehingga Anda dapat melakukan efisiensi data pada hard disk Anda.

Namun, penyimpanan pada Google Drive ini memiliki limit dalam menyimpan dan mendownload file. Dalam menyimpan file, Google Drive memiliki limit penyimpanan sebesar 15 GB.

Sementara dalam mendownload file, Google Drive memiliki limit saat terlalu banyak akun yang mengakses file secara bersamaan. Google Drive akan secara otomatis mengunci file, tujuanya agar tidak terjadi penyalahgunaan.

Untuk mengatasi masalah limit tersebut, Anda dapat melakukan beberapa cara yang cukup efektif.

Berikut adalah cara mengatasi limit pada Google Drive, antara lain:

1. Menghapus Data yang Tidak Penting

Daun.id

istimewa

Penyimpanan sebesar 15 GB dalam Google Drive memungkinkan Anda menyimpan berbagai data yang penting bagi Anda. Anda dapat menyimpan file video, foto, dokumen dan jenis file lainya dalam Google Drive.

Jika keperluan Anda dalam Google Drive hanya untuk mengupload file untuk teman Anda atau fungsinya sebagai akses, bukan sebagai penyimpanan utama. Anda dapat menghapus beberapa data yang tidak penting atau memindahkanya dalam hard disk jika masih penting.

2. Upgrade Google Drive

Daun.id

istimewa

Limit yang dimiliki Google Drive saat Anda menggunakanya secara gratis hanyalah 15 GB. Jika Anda hendak menggunakan Google Drive sebagai penyimpanan utama atau file yang hendak Anda kirimkan besar dan dalam jumlah banyak, Anda dapat melakukan upgrade Google Drive.

Anda dapat menambah penyimpanan dalam Google Drive mulai dari 100 GB untuk basic, 200 GB untuk standard, hingga 1 TB untuk premium. Anda dapat memilih untuk berlangganan per bulan atau per tahun.

3. Buat Akun Google Cadangan
Cara mudah untuk mengatasi Google Drive limit yaitu membuka akun Gmail baru sebagai ruang untuk menambah ruang penyimpanan. Cara ini merupakan solusi agar Anda memiliki penyimpanan yang lebih besar. Selain itu, cara ini dapat Anda gunakan untuk memisahkan/membedakan file .

Dengan Google Drive cadanga dapat membuat Anda lebih mudah dalam mengirim file tanpa mengunduhnya terlebih dulu.

4. Mengubah URL
Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi limit di Google Drive adalah dengan melakukan merubah URL-nya. Modifikasi URL ini dilakukan agar Anda bisa menduplikasi file Google Drive dan mendownload-nya seperti biasa meskipun sudah mencapai batas limit download.

Caranya adalah sebagai berikut:
- Ubah URL yang ingin didownload dengan cara menghapus bagian '&export=download'.
- Ganti bagian 'uc' menjadi 'open'. Tekan tombol enter.
- Klik ikon 'Add to My Drive' untuk pindahkan file yang ingin didownload ke My Drive. Tunggu hingga ikon-nya berubah seperti berikut.

Daun.id

istimewa

- Klik ikon 'Folder', kemudian klik menu 'My Drive'.
- Di halaman akun Google Drive milikmu, klik kanan pada file tersebut kemudian pilih menu 'Buat Salinan'.
- Klik kanan pada file salinan tersebut, lalu pilih 'Download'.

5. Oke Drive
Ada cara yang lebih praktis yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Google Drive limit. Caranya yaitu dengan memanfaatkan situs bypass Google Drive limit generator bernama OkeDrive.

Berikut langkah-langkah berikut ini mengenai cara download Google Drive limit dengan Oke Drive.
- Copy link URL file Google Drive yang ingin didownload.
- Kunjungi situs OkeDrive.com (www.okedrive.com) dari aplikasi browser HP/laptop.
- Login atau Sign Up akun di situs OkeDrive.
- Klik ikon menu di pojok kanan atas dan kemudian pilih menu 'Upload Link'
Paste/salin link file Google Drive di kolom yang sudah disediakan.
- Pilih tombol 'Upload'.
- Klik link download yang tersedia, kemudian tekan tombol 'Download'.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya