13 Cara Mengatasi BAB Keras pada Anak 2 Tahun secara Efektif, Mudah Dipraktikkan

"Jangan biarkan anak menahan BAB, sebab dapat memicu anak 2 tahun."

Life | 21 January 2022, 13:32
13 Cara Mengatasi BAB Keras pada Anak 2 Tahun secara Efektif, Mudah Dipraktikkan

Buang air besar keras terhadap anak biasanya muncul beserta sembelit, yakni keadaan di mana frekuensi buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi BAB keras terhadap anak 2 tahun.

Berdasarkan keterangan John Hopkins Medicine, buang air besar keras terhadap anak muncul akibat kontraksi usus yang terlalu lemah dan lambat maka usus menyerap terlalu banyak air. Keadaan itu paling sering timbul sebab pola makan anak yang kurang cairan, kurang serat, dan terlalu banyak konsumsi makanan olahan.

Melansir Healthy Children, sembelit sering muncul sebab berbagai alasan, seperti penyakit, menahan BAB, pola makan, dan faktor lain yakni:

1. Penyakit tertentu

Apabila anak sakit dan kehilangan nafsu makan, perubahan pola makan mampu merusak sistemnya dan mengakibatkan BAB keras.

BAB keras kemungkin adalah efek samping dari beberapa obat. BAB keras bisa muncul karena keadaan medis tertentu, misalnya hipotiroidisme (kelenjar tiroid yang kurang aktif).

2. Pola makan

Perubahan pola makan, atau kekurangan serat atau cairan terhadap pola makan anak, mampu menimbulkan BAB keras.

3. Menahan BAB

Anak mungkin menahan BAB akibat alasan tertentu. Ia mungkin menahan diri guna menghindari rasa sakit karena buang air besar yang keras, yang mampu menjadi lebih menyakitkan apabila anakmu terkena ruam popok yang memburuk. Atau dia bisa jadi bermasalah mengenai kemandirian dan kontrol, keadaan ini biasanya terjadi antara usia 2 dan 5 tahun.

4. Perubahan lainnya

Secara umum, perubahan apa saja terhadap rutinitas anak, misalnya cuaca panas, bepergian, atau kondisi stres, mampu memengaruhi kesehatannya secara keseluruhan dan fungsi ususnya.

Apabila tak melakukan cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun, keadaan anak mungkin dapat bertambah buruk. Kian lama feses tetap ada pada saluran usus bagian bawah, kencang, kian besar, dan kering.

Lalu menjadi lebih susah dan menyakitkan saat buang air besar. Anak mungkin menahan tinja akibat rasa sakit. Ini menciptakan lingkaran setan.

Berbagai gejala dari anak susah BAB di usia 2 tahun, yakni:

- Nafsu makan buruk

- Perilaku ngambek

- Berhari-hari tanpa buang air besar dengan normal

- Sakit perut, misalnya kram, sakit perut, atau mual

- Pendarahan rektal karena robekan, dikenal fisura

- Kotoran keras yang susah atau nyeri dapat dikeluarkan

Kamu dapat mencoba cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun, yaitu:

1. Campurkan madu dan biji rami

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Madu mampu memperkuat sistem kekebalan dan juga membantu sistem pencernaan. Ini dapat menjadi cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun. Tambahkan 1-2 sendok madu pada segelas susu dan berikan untuk anak ketika perut kosong.

Biji rami juga bisa membantu mengatasi BAB keras. Rebus beberapa biji rami pada air selama beberapa waktu, kemudian saring dan memberikan air itu untuk anak. Ini dapat mencegah sembelit dan BAB yang keras.

2. Meningkatkan konsumsi probiotik

Konsumsi makanan atau minuman yang terdapat probiotik juga dapat menjadi cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun, walaupun dampaknya tidak seefektif bagi orang dewasa.

Kamu dapat memberikan Si Kecil asupan probiotik dari roti sourdough, kefir, kacang polong, greek yogurt, atau miso. Akan tetapi, upayakan semuanya tidak dikandung terlalu tambahan banyak gula ya.

3. Lakukan kegiatan fisik dan mandi air hangat

Tidak terjadi kegiatan fisik mengakibatkan masalah pencernaan dan penurunan metabolisme, yang memperburuk gejala sembelit. Membuat anak sibuk dan melakukan kegiatan fisik setiap hari mampu merangsang BAB.

Usahakan anak bermain di luar ruangan setidaknya sekitar satu jam setiap hari, sebagai cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun. Dalam mengatasi BAB keras, kamu juga dapat memandikan Si Kecil dengan air hangat. Tambahkan beberapa sendok soda kue ke dalam air mandinya dan biarkan anak bersantai pada selama sepuluh sampai lima belas menit.

4. Berikan jus lemon

Melansir Parenting First Cry, jus lemon berkhasiat sebagai obat yang bagus untuk sembelit bagi bayi dan balita. Lemon ada vitamin C yang tinggi, membantu menarik air terhadap usus.

Saat mengandung air meningkat di usus, ini membantu melunakkan tinja dan merangsang buang air besar. Cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun ini juga bisa dilakukan.

5. Melakukan pola makan kaya serat

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Konsumsi makanan kaya serat dan menambah asupan cairan merupakan salah satu cara mengatasi buang air besar keras pada anak yang alami dan ampuh. Sama seperti yang diterangkan pada situs National Institutes of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, asupan ideal serat untuk anak merupakan sebanyak 14-30.8 gram serat setiap harinya.

Misalnya makanan kaya serat yang baik dikonsumsi ketika Si Kecil sedang BAB keras seperti:

- Gandum utuh: beras merah, pasta dan roti gandum, atau oatmeal. 

- Legume: kacang kedelai, kacang merah, atau kacang polong.

- Buah: jeruk, pir, mangga, apel dengan kulit, dan berbagai jenis berry.

- Sayuran: brokoli, wortel, atau sawi hijau.

- Kacang-kacangan: kacang tanah, almond, atau kacang kenari.

Upayakan Si Kecil juga banyak minum air putih atau konsumsi makanan berkadar air tinggi agar feses mudah dikeluarkan.

6. Memakai laksatif

Jika semua cara di atas telah dilakukan dan Si Kecil masih susah buang air besar sebab feses yang keras, kamu dapat mencoba berikan laksatif atau pencahar sebagai cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun.

Berdasarkan situs Kids Health, laksatif dapat bekerja dengan tiga cara, yakni melembutkan feses supaya mudah dikeluarkan, merangsang perut agar mudah mendorong feses keluar, atau mengosongkan seluruh isi perut.

Laksatif dapat mengatasi buang air besar keras yang mampu kamu berikan terhadap Si Kecil ada beberapa jenis, yakni:

- Macrogol. Berbentuk bubuk dan perlu dilarutkan menggunakan air.

- Laktulosa. Berbentuk cairan dan dapat dicampur dengan minuman lain.

- Parafin cair/minyak mineral. Paling enak dicampur dengan jus jeruk atau susu coklat dingin.

- Docusate/poloxamer. Berbentuk tablet, kapsul, atau obat tetes, dan cocok agar dipakai oleh anak berusia di bawah 3 tahun.

7. Minum air

Hal ini mungkin terlihat tidak masuk akal, namun kadang orang tua gagal melacak apakah anak-anak mereka cukup minum air atau tidak. Minum air sebagai cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun.

Air sangat penting dalam memastikan pencernaan dan aliran makanan lewat saluran usus. Minum air yang cukup juga mencegah kotoran menjadi kering. Maka upayakan anak tetap terhidrasi.

8. Suplemen serat atau pelunak feses yang dijual bebas

Melansir Mayo Clinic, apabila anak tidak memperoleh banyak serat pada makanannya, menambahkan suplemen serat yang dijual bebas, misalnya Metamucil atau Citrucel, bisa membantu sebagai cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun.

Akan tetapi, anak perlu minum minimal sekitar 1 liter air setiap hari supaya produk ini bekerja secara baik. Tanyakan ke dokter anak guna mengetahui dosis yang sesai bagi usia dan berat badan anak.

Supositoria gliserin bisa dipakai dalam melunakkan tinja pada anak yang tidak mampu menelan pil. Diskusikan dengan dokter anak mengenai cara yang benar dalam memakai produk ini.

9. Campurkan pisang dan air panas

Campuran pisang dan air panas merupakan obat yang cukup populer bagi sembelit dan cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun. Mengkombinasikan pisang dengan air panas, dan mengonsumsinya pada pagi hari, dikenal bisa membantu pencernaan, yang pada akhirnya meredakan masalah sembelit terhadap Si Kecil.

10. Blackberry

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Buah blackberry sangat bermanfaat dalam menstimulasi gerakan peristaltik. Ini merupakan gerakan tidak disengaja pada saluran pencernaan yang muncul secara bergelombang dan membantu mendorong makanan menuju depan.

Hal ini membantu mengatur ulang gerakan usus pada rutinitas biasa dan menjadi cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun. Konsumsi blackberry dengan mengencerkannya dengan air ketika perut kosong.

11. Berikan pijatan perut yang lembut

Menlansir Live Well, bagi bayi dan anak kecil, memijat perut dan melakukan gerakan bersepeda kaki merupakan tindakan yang bagus dalam membantu mengatasi buang air besar.

Kamu juga bisa memijat anus Si Kecil memakai jari, atau memasukkan kapas secara lembut guna membantu merangsang buang air besar. Tindakan ini aman dan tidak terlalu traumatis terhadap bayi atau orang tua.

12. Membuat jadwal makan anak

Makan dengan teratur dapat merangsang gerakan saluran cerna anak, maka anak juga terbiasa dalam buang air besar dengan rutin. Salah satu cara sederhana yang mampu kamu lakukan ialah dengan memberikan anak sarapan setiap pagi.

13. Enema rumah sakit

Terkadang seorang anak dapat mengalami sembelit yang buruk sehingga dia perlu dirawat di rumah sakit dalam waktu yang singkat, agar diberikan enema yang lebih kuat yang akan membersihkan usus (disimpaksi) sebagai cara mengatasi BAB keras pada anak 2 tahun.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 19 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:15 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:52 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya