Sistem Planet Ekstrasolar yang Matematis Sempurna Menjadi Temuan Hebat

"Sebuah penelitian terbaru menemukan sistem planet ekstrasolar yang memiliki keunikan matematis yang menarik."

Tech | 27 February 2024, 22:19
Sistem Planet Ekstrasolar yang Matematis Sempurna Menjadi Temuan Hebat

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nature Astronomy menemukan sistem planet ekstrasolar yang sangat menarik. Sistem ini terdiri dari tiga planet yang memiliki keunikan matematis yang menakjubkan.

Para peneliti menemukan bahwa rasio periode orbit ketiga planet dalam sistem ini membentuk angka-angka yang sangat dekat dengan bilangan bulat. Hal ini menunjukkan adanya hubungan matematis yang konsisten di antara planet-planet tersebut.

Sistem ini terletak sekitar 200 tahun cahaya dari Bumi dan diberi nama Kepler-80. Planet terdekat dengan bintang utama memiliki periode orbit sekitar 7 hari, yang kemudian diikuti oleh planet kedua dengan periode orbit sekitar 10 hari, dan planet ketiga dengan periode orbit sekitar 17 hari.

Penemuan ini menarik perhatian para ilmuwan karena jarang ditemukan sistem planet ekstrasolar dengan keunikan matematis seperti ini. Para peneliti berpendapat bahwa sistem ini mungkin terbentuk melalui proses evolusi yang kompleks dan masih belum sepenuhnya dipahami.