7 Cara Mengatasi Layar HP Samsung J2 Prime Bergerak Sendiri, Mudah dan Simpel

"Ada beragam penyebab yang membuat layar HP Samsung J2 Prime bergerak sendiri, berikut ini adalah cara mengatasinya."

Tech | 31 January 2022, 12:03
7 Cara Mengatasi Layar HP Samsung J2 Prime Bergerak Sendiri, Mudah dan Simpel

Sebagai perusahaan elektronik yang cukup besar, Samsung telah meluncurkan berbagi macam produk ke berbagai negara. Baik itu untuk keperluan rumah tangga hingga HP.

Kesuksesan perusahaan ini disebabkan oleh banyak aspek, salah satunya adalah target pasar. Samsung mampu menjangkau konsumen dari tingkat bawah menengah dan atas.

Salah satu produk dari Samsung yang cukup laris pada awal keluaranya di Indonesia adalah smartphone bernama Galaxy J2 prime. HP ini cukup bandel dibanding HP lain dari merk Samsung di kelas bawah.

HP ini juga sangat digemari karena banyaknya fitur yang dimiiki, chipset MediaTek MT6737T Quad-core berkecepatan 1,4 GHz dan RAM 1,5 GB. Spesikafi yang cukup ringan untuk kegiatan sehari-hari dan aplikasi-aplikasi ringan.

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri

Namun pada beberapa kasus, HP Samsung dengan tipe J2 Prime dapat begerak dengan sendirian. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Berikut adalah penyebab layar HP Samsung J2 Prime bergerak sendiri:

- Touchscreen mengalami kerusakan.
- Menggunakan touchscreen atau LCD non-original atau murahan.
- Smartphone mengalami overheat atau panas berlebih.
- Terjadi bugs pada sistem operasi yang digunakan hp Samsung.
- Charger mengalami kerusakan sehingga daya listrik yang mengalir ke HP tidak stabil.
- Kerusakan pada bagian baterai.
- Smartphone bekerja terlalu berat sehingga mengalami lag.
- Pelindung layar (Screen Guard) yang melapisi layar kotor.
- Layar HP terkena tetesan air.

Cara Mengatasi HP Bergerak Sendiri
Seperti yang diketahui, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan layar HP Samsung J2 Prime bergerak sendiri. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut adalah cara mengatasi layar HP J2 Prime bergerak sendiri, antara lain:

1. Mengganti Layar LCD

Daun.id

pixabay.com

Selanjutnya, yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi layar HP yang bergerak sendiri adalah dengan mengganti layar LCD. Cara ini dapat Anda lakukan jika layar bergerak sendiri disebabkan karena sensor pada LCD mengalami kerusakan, biasanya karena pecah.

Cara yang yang paling tepat untuk mengatasi layar HP yang bergerak sendiri adalah dengan mengganti layar LCD.

2. Restart HP Samsung J2 Prime
Cara yang dapat Anda lakukan selanjutnya apabila layar tiba-tiba bergerak sendiri adalah dengan merestart HP Samsung Anda. Cara ini cukup mudah, Anda bisa masuk ke recovery mode. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih selama 30 menit.

Kondisi ini biasanya disebabkan karena layar HP Anda sedang dalam kondisi yang panas atau overheat.
 
3. Memasang Tempered Glass

Daun.id

pixabay.com

Cara lain untuk mengatasi layar HP bergerak sendiri adalah dengan memasang tempered glass pada layar HP Anda. Cara ini terbukti ampuh mengatasi layar HP yang bergerak sendiri, Anda harus mencobanya.

Selain berfungsi sebagai pelindung layar, tempered glass juga berfungsi sebagai peranti pendukung kinerja layar.

4. Bersihkan Layar HP

Daun.id

pixabay.com

Cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi layar HP bergerak seniri adalah dengan membersihkan layar HP Anda. Biasanya layar HP bergerak sendiri ini terjadi karena layar HP kotor oleh butiran debu atau basah karena air yang menempel pada permukaan layar HP.

Saat terdapat benda pada layar HP, itu dianggap sentuhan oleh sensor layar HP. Sehingga harus segera membersihkannya saat layar HP kotor.

5. Melakukan Factory Reset
Cara yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini memang cukup ampuh dilakukan oleh para pengguna HP Samsung, khususnya J2 Prime untuk mengatasi berbagai masalah.

Biasanya cara ini dilakukan jika layar bergerak sendiri disebabkan karena terdapat file virus yang membuat sensor pada layar mengalami masalah. Dengan cara reset ini akan menghapus semua data dan file sampah dan virus yang anda pada HP Anda.

6. Ganti Perangkat Pengisi Daya


Daun.id

pexels.com

Jika Anda mengalami masalah ini pada ponsel saat mengisi daya, cara paling efektif adalah dengan mengganti pengisi daya lama dengan yang kompatibel dengan ponsel.

Masalah ini biasanya disebabkan kerena charger sudah rusak. Usahakan untuk menggunakan pengisi daya yang original.

7. Bawa ke Pusat Layanan Resmi

Daun.id

pexels.com

Jika cara di atas belum memberikan hasil yang makasimal, dan layar HP Samsung J2 Prime masih bergerak sendiri. Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah membawanya ke tempat service resmi Samsung untuk memperbaiki layar.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya