7 Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah, Jangan Terburu-buru Beli Baru

"Kamu dapat memperbaiki headset mati dengan cara tepat."

Life | 02 February 2022, 12:21
7 Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah, Jangan Terburu-buru Beli Baru

Pemakaian headset tentu telah lama banyak digunakan, dengan semakin banyaknya orang-orang menggunakan headset handphone atau komputer. Headset sering dipakai ketika kamu menonton film, mendengarkan musik, bermain, atau mengobrol dengan seseorang ketika dengan handphone.

Ketika dunia digital semakin berkembang, pemakaian headset dengan mic kian banyak sebab kini masyarakat melakukan berbagai aktivitas secara online, dari belajar, bekerja, dan kegiatan yang lain.

Dalam melakukan kegiatan online tersebut kamu membutuhkan headset dalam berkomukasi, dari mendengar atau berbicara, melalui laptop, komputer, hingga handphone. Sehingga, terkadang ketika headset yang dimiliki terdapat beberapa masalah sehingga fungsinya tak maksimal, salah satunya ialah headset mati sebelah.

Kamu juga perlu mengetahui penyebabnya, yakni:

1. Memutar volume secara full

Menonton atau mendengarkan musik pasti lebih seru menggunakan suara yang keras. Akan tetapi, hal yang menyebabkan headset mati sebalah kiri atau kanan juga bisa dikarenakan volume yang full.

Jika headset kadang dipakai dengan volume yang full, sehingga dapat menimbulkan kerusakan terhadap driver. Masalah itu juga berbahaya untuk pedengarnya selain itu headset juga dapat rawan terjadi kerusakan.

2. Tidak memakai pelindung

Hal lainnya yang menimbulkan headset mati sebelah ialah kamu tidak memakai cas guna melindungi headet dengan langsung. Case pelindung ini kadang dapat diperoleh ketika membeli headset dengan langsung.

Di samping itu, case pelindung bisa seperti dompet kecil yang bermanfaat guna melindungi saat headset tidak dipakai. Tidak memedulikan case pelindung bagi headset juga bisa mengakibatkan headset cenderung lebih rentang rusak dan dapat menimbulkan headset mati sebelah.

3. Spesifikasi tidak jelas

Kamu juga harus memperhatikan ketika membeli headset, yakni dengan mengetahui spesifikasinya. Kadang headset yang tidak bawaan dari ponsel asli dapat lebih susah apabila dicek spesifikasinya. Keadaan tersebut yang kadang-kadang menyebabkan sering ada produk palsu dan rentan terjadi kerusakan.

4. Kerusakan kabel

Tidak merapikan kabel headset juga buruk dalam ketahanan kabel. Di sisi lain, keadaan tersebut memicu kabel rusak, apabila kabel kamu rusak sehingga dapat mengakibatkan headsetmu mati sebalah atau tidak mampu berfungsi secara baik.

5. Tidak merapikan kabel ketika menyimpan headset

Sesudah memakai headset kadang mampu menaruhnya secara sembarangan atau lupa merapikan kabel. Apabila kamu tak merapikan headset maka dapat menimbulkan kerusakan di driver yang berguna mengirimkan audio. Sehingga dapat mengakibatkan headset mati sebelah dan tidak menyalurkan audio dengan menyeluruh.

Hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi headset mati sebelah, seperti:

1. Sambungkan kabel dengan selotip

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi headset mati sebelah selanjutnya, sambungkan bagian kabel yang terputus dengan warna yang sama memakai selotip. Jangan hingga tentang kabel lain akibat dapat membuat jaringan pada headset rusak. Apabila selotip telah merata, coba putar lagi audio di headset dalam mencoba apakah telah kembali terdengar secara baik pada sisi yang mati.

2. Headset yang mati sebelah

Keadaan ini kadang terjadi sebab kabel earphone terjadi putus di dalamnya. Meskipun, kadang earphone yang tak berkualitas juga dapat terjadi keadaan ini saat terbentur. Dalam mengatasinya, kamu bisa coba mendengarkan musik kemudian menekuk kabel hingga bagian yang mati mengeluarkan suara.

Apabila telah mengetahui lokasi kendalanya, kamu bisa menggunting kabel jadi 2 bagian, usahakan agar tidak menggunting kabel kecil yang ada di bagian dalamnya. Sesudah digunting, mampu tampak 3-4 jaringan kabel yang bermacam-macam warna yang ukurannya kecil.

3. Cek posisi kerusakan

- Langkah pertama yang harus dilakukan ialah mencari posisi kerusakan kabel. Kamu dapat sambungkan headset di smarpthone Android atau iPhone ataupun laptop, kemudian putar musik atau file audio.

- Kemudian raba atau tekuk kabel dari ujung colokan headset sampai mendekati telinga. Apabila terdengar suara saat kamu meraba bagian tertentu, maka kemungkinan di bagian tersebut kabel headset terputus.

- Cara ini tidak perlu dilakukan jika memang posisi kerusakan telah tampak, contohnya pada kabel yang terkelupas di bagian ujung colokan.

4. Gunting permukaan headset

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sesudah kamu menemukan posisi kerusakan, gunting pada bagian permukaan luar headset, kemudian memanjang 5 cm dari bagian yang rusak. Ketika menggunting upayakan jangan sampai memutus kabel di bagian dalam. Lalu, mampu tampak 3 atau 4 jaringan kabel dengan berbagai warna yang lebih kecil pada bagian dalam. Kamu dapat mencari kabel yang terputus terhadap kabel-kabel itu.

5. Lepas kepala speaker

- Kamu dapat melepas terlebih dulu kepala speaker headset agar membongkat plastik penutupnya. Usahakan tidak merusaknya akibat kamu perlu akan menutupnya lagi.

- Cek bagian pada speaker headset, apa terdapat bagian ujung kabel yang terputus dan tidak tersambung di chip speaker headset iphone mati sebelah kanan pada iPhone terbaru atau lama.

6. Solder bagian terputus

Apabila ada, maka kamu perlu menyolder kabel terputus ini dengan sedikit timah supaya tersambung lagi. Hati-hati saat proses menyolder, kamu jangan terkena tangan atau bagian lain di headset. Tunggu hingga timah mengering dan usahakan kabel sudah terhubung. Lalu tutup lagi headset, kemudian coba putar audio lagi apakah telah terdengar secara baik.

7. Jika tidak ada koneksi longgar

Apabila tidak ada koneksi yang longgar pada lubang suara, driver headset kemungkinan rusak. Dalam mengganti driver, kamu dapat mengikuti tutorialnya dengan berikut ini:

- Potong segel karet pada sekitar pengemudi dan lepaskan. Posisikan driver baru pada slot kosong, upayakan agar tidak menyentuh diafragma tipis.

- Tambahkan sedikit lem pada sekitar tepinya, supaya tetap diposisikan.

- Pasang lagi lubang suara yang diperbaiki dan uji coba.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya