7 Cara Mengatasi Insecure, Cintai dan Maafkan Dirimu Sendiri

"Insecure dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja, hal ini dapat terjadi ketika ekspetasi tidak sesuai dengan realita."

Life | 03 February 2022, 16:19
7 Cara Mengatasi Insecure, Cintai dan Maafkan Dirimu Sendiri

Munculnya perasaan insecure dapat terjadi akibat dari pengaruh faktor yang terdapat di dalam dan luar  dari seseorang. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Insecure pada umumnya merupakan suatu kondisi kurang nyaman dengan adanya diri sendiri, selain itu juga dapat mengurangi rasa percaya diri.

Hingga dapat mempengaruhi mental seseorang, bahkan perasaan insecure dapat membuat seseorang merasa malu, takut, gelisah secara berlebihan. Kondisi insecure yang dialami oleh seseorang dapat terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Kondisi ini dapat mempengaruhi kondisi hidup seseorang.

Bahkan dapat memicu pikiran negatif tentang kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menyesuaikan diri dengan teman sebaya, menemukan penerimaan, dan dukungan, serta mencapai tujuan. Salah satu pemicu dari luar diri ialah perlakuan orang lain yang sering memandang sebelah mata. Sementara dari dalam ialah memiliki kepribadian melankolis.

Rasa insecure yang muncul dalam diri seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa penyabab, dan tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Hal ini berkaitan dengan kegagalan, kecemasan terhadap masa depan, hingga kondisi masa lampau.

Mengenal dampak negatif rasa insecure

Insecure yang dialami dapat menimbulkan dampak negatif terhadap diri seseorang yang mengalami insecure. Bahkan pada kasus tertentu insecure dapat membahayakan diri seseorang. Berikut ini dampak negatif insecure yang dialami seseorang :

Daun.id

sumber; pexels

- Gangguan kecemasan secara berlebihan
- Muncul masalah body image
- Muncul nyeri pada bagian anggota tubuh tertentu.
- Mengalami gangguan hubungan antar sesama
- Psikosomatis, gangguan fisik yang disebabkan oleh kondisi psikologis
- Makan kurang teratur karena terjadi gangguan
- Depresi, kondisi mental seseorang yang kurang baik
- Paranoid, munculnya rasa takut dan curiga secara berlebihan.
- Overthinking, rasa bersalah secara berlebihan

Itulah beberapa dampak negatif yang terjadi ketika seseorang mengalami rasa insecure. Hindarilah rasa insecure agar tidak terjadi beberapa kondisi seperti di atas.

Mengenal penyebab insecure

Insecure dapat terjadi pada diri seseorang yang diakibatkan oleh pengalaman dari luar maupun diri seseorang. Misalnya perlakuan bulliying dari orang lain dapat menyebabkan rasa insecure, selain itu juga ada beberapa penyebab lainnya.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab munculnya rasa insecure :

- Pengalaman buruk atau trauma yang dialami oleh seseorang pada masa lampau dapat menyebabkan insecure. Kondisi ini dapat membuat seseorang yang mengalami merasa tidak nyaman dari berbagai sisi, hingga terhadap diri sendiri.

- Mengharapkan sesuatu berjalan secara sempurna, kondisi ini dapat disebut dengan perfeksionis. Hal ini dapat dialami oleh seseorang yang memiliki potensi yang gemilang, namun hal ini dapat menjadi bumerang bagi dirinya. Jika ada sesuatu yang tidak tercapai atau kegagalan dapat memicu rasa bersalah secara mendalam.

- Stigma kurang baik dari orang lain, kondisi ini dapat membuat seseorang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Akhirnya seseorang memilih untuk bersembunyi dari keramaian dan menutup diri terhadap orang lain.

- Tingginya ekspetasi, kondisi ini dapat membuat seseorang berharap secara lebih. Sehingga dalam angan-angan hanya terbayang kebahagiaan, tingginya ekspetasi harus diimbangi dengan kesiapan menerima kegagalan. Hal ini untuk mengantisipasi ketika terjadi kegagalan, sebab isi hidup bukan hanya keberhasilan.

- Terkekang dan tekanan, kondisi ini dapat membuat seseorang ketika mengambil keputusan selalu dipengaruhi oleh tekanan. Sehingga dapat memicu seseorang berfikir secara mandiri. Hal ini juga dapat menyebabkan insecure.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya rasa insecure terhadap diri seseorang. Kelola dengan baik agar diri tidak terjebak dalam rasa insecure dalam jangka waktu yang panjang.

Cara mengatasi insecure

Nah beberapa penyebab munculnya rasa insecure telah kita ketahui seperti di atas. Tentunya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa insecure yang menghantui diri seseorang.

Berikut ini cara mengatasi insecure:

1. Hindari menyalahkan diri sendiri

Daun.id

sumber; pexels

Bahwa seseorang dapat mengalami beberapa kesalahan dalam hidupnya, bahkan semua orang dapat mengalami kondisi ini. Ingat, bahwa dirimu bukan satu-satunya orang yang mengalami kesalahan. Memang melawan rasa bersalah terhadap diri sendiri bukan sesuatu yang mudah, cobalah dengan memaafkan diri sendiri. Sehingga dapat mengatasi insecure yang terjadi.

2. Menghindari orang yang membuatmu insecure

Lontaran komentar yang negatif pada diri seseorang dapat menciptakan rasa insecure. Misalnya teman toxic atau pasangan toxice, hindarilah orang-orang tersebut karena dapat membuat rasa insecure. Alih-alih ingin membangun semangat, dan terkadang nampak seakan-akan untuk kebaikan dirimu sendiri, padahal tidak sama sekali. Hindarilah orang-orang tersebut untuk mengatasi rasa insecure.

3. Menciptakan sesuatu yang membuat bahagia

Daun.id

sumber; pexels

Mulailah dengan fokus terhadap dirimu sendiri, lakukan sesuatu yang dapat membuat dirimu bahagia. Gunakan waktumu untuk membaca, belajar menulis, berdiskusi dengan orang yang tepat, atau atau hal lainnya. Menciptakan sesuatu yang membuatmu bahagia dapat mengatasi insecure.

4. Jangan membandingkan diri dengan orang lain secara berlebihan

Tanpa disadari penggunaan media sosial secara berlebihan dapat membuat seseorang menerima informasi secara berlebihan. Seseorang yang tidak menyadari akan hal ini dapat terseret derasnya arus, hingga dia tidak sadar telah membandingkan dirinya dengan orang lain melalui medsos. Kondisi ini dapat menyebabkan insecure. Stop membandingkan diri dengan orang lain dapat mengatasi insecure.

5. Selalu berfikir positif

Daun.id

sumber; pexels

Kondisi hidup memang selalu berubah-ubah, sehingga fikiran seseorang juga mudah untuk berubah-ubah. Dari positif ke negatif yang disebabkan oleh berbagai kondisi yang dihadapi. Setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi suatu kejadian, selalu berfikir positif dapat mengatasi insecure.

6. Ciptakan lingkungan yang bernuansa positif

Lingkungan yang bernuansa positif dapat membuat seseorang menjadi semakin percaya diri. Setidaknya dapat mempengaruhi seseorang untuk selalu berfikir positif dan merasa nyaman. Lingkungan yang bernuansa positif dapat memberikan energi yang positif pula, sehingga dapat mengatasi insecure.

7. Cintailah diri sendiri

Daun.id

sumber; pexels

Terkadang kita terlalu sibuk mencintai orang lain, hingga lupa untuk mencintai diri sendiri. Padahal kondisi ini dapat menimbulkan rasa insecure, selain itu maafkanlah diri sendiri ketika pernah mengalami kesalahan. Hal ini dapat mengatasi insecure yang terjadi pada seseorang.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa insecure. Mulailah mengelola hidup dengan baik agar tidak mudah terjebak dalam rasa insecure. Menjadilah orang yang selalu semangat dalam kondisi dan situasi apapun.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya