Cara Gampang Nge-Mirror Layar Android ke TV, Pakai Fitur Casting di Aplikasi

"Ingin melihat foto atau menonton video di layar TV yang lebih besar? Gunakan fitur casting di aplikasi Android untuk nge-mirror layar ponsel ke TV dengan mudah."

Tech | 24 March 2024, 05:31
Cara Gampang Nge-Mirror Layar Android ke TV, Pakai Fitur Casting di Aplikasi

TV dianggap lebih baik daripada smartphone untuk mengonsumsi konten audio visual karena layarnya yang besar. Tetapi bagaimana jika kamu ingin melihat foto atau menonton video yang tersimpan di ponsel di layar yang lebih besar seperti TV? Android memudahkan untuk mencerminkan (mirroring) layar ponsel ke smart TV yang kompatibel.

Bergantung pada perangkat Android yang dimiliki, kamu dapat mengandalkan salah satu metode di bawah ini untuk mirroring layarnya ke TV.

Gunakan fitur casting bawaan di aplikasi

Cara termudah untuk screen mirroring ponsel ke smart TV adalah dengan menggunakan fitur casting bawaan pada aplikasi yang didukung. Misalnya, saat kamu menonton video di YouTube, kamu akan melihat ikon persegi panjang dengan logo Wi-Fi di sudutnya.

Cukup ketuk di atasnya, dan kamu akan melihat semua perangkat yang didukung yang dapat kamu gunakan untuk mentransmisikan video secara nirkabel.

Mirroring perangkat Android dari aplikasi Google Home

Meskipun tombol Cast di aplikasi nyaman, tidak semua aplikasi memiliki kemampuan ini. Dalam kasus seperti itu, kamu dapat dengan mudah screen mirroring ponsel dengan aplikasi Google Home. Namun, kamu perlu menyiapkan Google Chromecast atau smart TV dengan akun Google sebelum dapat melakukannya dengan lancar.

Setelah perangkat Chromecast atau TV pintar berkemampuan Chromecast ditautkan ke akun Google kamu, berikut cara mentransmisikan nirkabel dari Android ke TV.

1. Buka aplikasi Google Home dan tab Perangkat.

2. Pilih TV yang ingin dicerminkan dengan perangkat Android kamu.

3. Ketuk Transmisikan layar saya. Saat kamu mendapatkan pop-up, ketuk Transmisikan layar.

4. Sebagian besar ponsel akan meminta konfirmasi untuk mulai merekam atau mentransmisikan. Ketuk Mulai sekarang.

Mirroring perangkat Galaxy kamu dengan Samsung Smart View

Kamu dapat menggunakan fitur Samsung Smart View untuk mencerminkan perangkat Android jika kamu memiliki ponsel Samsung. Kamu tidak perlu menyiapkan perangkat rumah agar Smart View berfungsi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memastikan smart TV dan perangkat Android kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Kemudian, ikuti langkah ini.

1. Ketuk sakelar Smart View di panel Pengaturan Cepat ponsel Samsung kamu.

2. Tunggu Smart View untuk secara otomatis menemukan perangkat yang kompatibel di tab Phone > Other device. Pilih TV kamu dari daftar perangkat yang muncul.

3. Saat kamu mendapatkan pop-up konfirmasi, ketuk Mulai sekarang.

Ini adalah cara tercepat dan termudah untuk mencerminkan layar ponsel Android ke TV pintar secara nirkabel. Cara-cara tersebut di atas akan berfungsi baik kamu menggunakan perangkat Chromecast, Google TV, atau TV LG yang menjalankan webOS.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya