Gempa 6,0 Guncang Timur Laut Tuban, Tidak Ada Ancaman Tsunami

"Pada Jumat (22/3/2024) pukul 11:22:45, terjadi gempa dengan magnitudo 6,0 di Timur Laut Tuban, Jawa Timur. BMKG menyatakan tidak ada ancaman tsunami."

Life | 24 March 2024, 20:31
Gempa 6,0 Guncang Timur Laut Tuban, Tidak Ada Ancaman Tsunami

Pati, - Pada Jumat (22/3/2024) pukul 11:22:45, telah terjadi gempa dengan magnitudo 6,0. Lokasi gempa terjadi di 5.74 LS, 112.32 BT atau 132 km timur laut Tuban Jawa Timur. Sementara gempa tersebut memiliki kedalaman 10 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Namun BMKG memberikan arahan agar masyarakat berhati-hati akan terjadinya gempa susulan.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," demikian imbauan BMKG.

Meskipun gempa berpusat di Timur Laut Tuban Jawa Timur, gempa ini dirasakan hingga Pati Jawa Tengah.

Suhali, warga Desa Dukuhmulyo, Jakenan, Pati merasa cukup kaget dengan lindu atau gempa kecil yang baru saja ia rasakan.

Namun karena kekuatan gempa yang tidak terlalu besar, ada juga yang tidak menyadari adanya gempa. Salah Satunya Umi Sakdiyah, yang juga warga Desa Dukuhmulyo.

Pengasuh Pesantren Al-Qur’any Azzayadi Surakarta, KH Abdul Karim atau biasa disapa Gus Karim pernah memberikan ijazah doa saat terjadi gempa bumi. Hal ini sebagaimana yang dikutip dari dalam tulisan Doa Ketika Gempa Bumi.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya