Otorita IKN Klaim Tidak Pake Domain Verklaring ala Belanda dalam Pembebasan Lahan

"Otorita IKN membantah menggunakan domain Verklaring seperti yang dilakukan Belanda dalam proses pembebasan lahan."

Tech | 27 March 2024, 19:44

Otorita Indonesia Kawasan Industri Kendal (IKN) menegaskan bahwa mereka tidak menggunakan domain Verklaring seperti yang dilakukan oleh Belanda dalam proses pembebasan lahan. Hal ini disampaikan sebagai respons terhadap berita yang beredar mengenai penggunaan domain tersebut dalam pembebasan lahan proyek IKN.

Menurut Direktur Utama IKN, Bagus Sediadi, pihaknya tidak menggunakan istilah Verklaring atau domain serupa dalam pembebasan lahan. IKN menggunakan mekanisme pembebasan lahan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Bagus juga menambahkan bahwa IKN telah melibatkan pihak berwenang, seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Pemerintah Daerah, dalam proses pembebasan lahan. IKN juga telah mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini.

Dalam kasus pembebasan lahan proyek IKN, Bagus mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pembayaran ganti rugi kepada pemilik lahan sesuai dengan nilai yang telah disepakati. IKN juga telah memberikan kompensasi kepada masyarakat yang terkena dampak dari pembebasan lahan tersebut.

Bagus menegaskan bahwa IKN berkomitmen untuk menjalankan proyek dengan transparansi dan menghormati hak-hak masyarakat setempat. Pihaknya juga terus berupaya menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak terkait dalam proses pembebasan lahan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya