Gelombang Panas Semakin Lambat dan Bertahan Lebih Lama, Penelitian Ungkap

"Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gelombang panas saat ini bergerak lebih lambat dan bertahan lebih lama, mengancam kesehatan dan kehidupan manusia."

Tech | 01 April 2024, 01:43
Gelombang Panas Semakin Lambat dan Bertahan Lebih Lama, Penelitian Ungkap

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa gelombang panas saat ini bergerak lebih lambat dan bertahan lebih lama dibandingkan dengan sebelumnya. Fenomena ini menimbulkan ancaman serius terhadap kesehatan dan kehidupan manusia di seluruh dunia.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nature Climate Change, gelombang panas yang terjadi saat ini cenderung bergerak dengan kecepatan yang lebih lambat. Hal ini berarti bahwa wilayah yang terkena dampak gelombang panas akan mengalami suhu yang ekstrem dalam waktu yang lebih lama.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa gelombang panas saat ini memiliki kecenderungan untuk bertahan lebih lama. Dalam beberapa kasus, gelombang panas dapat berlangsung hingga beberapa minggu, meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi, kelelahan panas, dan bahkan kematian.

Penelitian ini juga menyoroti dampak yang lebih besar terhadap kesehatan manusia. Gelombang panas yang bergerak lebih lambat dan bertahan lebih lama dapat menyebabkan peningkatan risiko terjadinya penyakit terkait panas seperti heatstroke, heat exhaustion, dan heat cramps. Selain itu, kondisi ini juga dapat memperburuk kondisi medis yang sudah ada, seperti penyakit jantung, asma, dan diabetes.

Para ilmuwan mengaitkan perubahan ini dengan perubahan iklim global yang terjadi akibat aktivitas manusia. Peningkatan suhu global dan perubahan pola cuaca menjadi faktor utama yang mempengaruhi pergerakan dan durasi gelombang panas.

Studi ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak gelombang panas saat ini dan pentingnya mengambil tindakan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan memitigasi perubahan iklim. Upaya kolektif diperlukan untuk melindungi kesehatan dan kehidupan manusia dari ancaman gelombang panas yang semakin ekstrem.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 11 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:47 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya