Quasar: Fenomena Alam Paling Dahsyat di Alam Semesta

"Quasar adalah objek paling terang dan paling kuat di alam semesta. Temukan lebih banyak tentang quasar dan kekuatannya yang luar biasa."

Tech | 02 April 2024, 09:40
Quasar: Fenomena Alam Paling Dahsyat di Alam Semesta

Quasar, singkatan dari 'quasi-stellar radio source', adalah objek astronomi yang memiliki kecerahan luar biasa di alam semesta. Mereka adalah inti galaksi yang sangat terang dan kuat, melebihi kecerahan seluruh galaksi tempat mereka berada. Quasar terbentuk ketika materi jatuh ke dalam lubang hitam supermasif di pusat galaksi.

Quasar ditemukan pada tahun 1960-an dan menjadi objek yang menarik bagi para astronom. Mereka memancarkan energi yang luar biasa, bahkan lebih terang daripada seluruh bintang dalam galaksi tempat mereka berada. Kecerahan quasar berasal dari cakram akresi di sekitar lubang hitam, di mana materi yang jatuh ke dalam lubang hitam dipanaskan dan memancarkan radiasi yang sangat kuat.

Quasar juga dikenal sebagai 'mesin waktu' karena mereka dapat memberikan informasi tentang alam semesta pada saat yang sangat awal. Karena cahaya dari quasar membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencapai Bumi, kita dapat melihat quasar yang berjarak miliaran tahun cahaya dari kita. Dengan mempelajari quasar, para astronom dapat memahami lebih banyak tentang evolusi alam semesta dan bagaimana galaksi terbentuk dan berkembang seiring waktu.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya