Doa Tiba di Kampung Halaman, Bisa Amalkan Saat Mudik Lebaran

"Mudik lebaran menjadi momen yang dinanti-nantikan banyak masyarakat untuk bisa pulang ke kampung halaman. Dalam perjalanan mudik, seseorang mungkin akan merasakan perasaan tidak sabar yang menyelimuti..."

Life | 07 April 2024, 09:08
Doa Tiba di Kampung Halaman, Bisa Amalkan Saat Mudik Lebaran

Mudik lebaran menjadi momen yang dinanti-nantikan banyak masyarakat untuk bisa pulang ke kampung halaman. Bagi individu yang tinggal dan bekerja di kota besar, momen mudik lebaran menjadi sangat istimewa karena mereka bisa bertemu dengan keluarga yang jauh dari jangkauan mereka sehari-hari.

Dalam perjalanan mudik, seseorang mungkin akan merasakan perasaan tidak sabar yang menyelimuti dirinya. Mereka ingin segera sampai di tempat tujuan agar dapat memberikan sungkem kepada orangtua dan bersilaturahmi dengan kerabat yang sudah lama tidak bertemu.

Namun, perasaan tidak sabar tersebut segera tergantikan dengan perasaan lega dan bahagia begitu mereka tiba di kampung halaman. Rasa lelah yang dirasakan selama perjalanan pun segera hilang setelah mereka bertemu dengan orangtua dan merasakan kehangatan keluarga.

Saat tiba di kampung halaman, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu membaca doa. Mengutip dari Nu Online, Jumat (5/4/2024), ada doa khusus yang dapat dibaca saat tiba di kampung halaman.

Doa ini merupakan ungkapan syukur atas keselamatan dan kesempatan untuk bisa berkumpul dengan keluarga tercinta. Dengan membaca doa ini, diharapkan kita dapat merasakan keberkahan dan mendapatkan perlindungan serta kebahagiaan di hari yang suci.

Doanya

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لَنَا بِهَا قَرَارًا وَرِزْقًا حَسَنًا

Allahummaj’al lana biha qarara wa rizqan hasanan.

Artinya,

"Ya Allah, jadikanlah bagi kami dengannya (kampung) tempat tinggal dan rezeki yang baik."

Doa dalam perjalanan mudik

Doa perjalanan mudik lebaran

اَللَّهُمَّ بِكَ أَسْتَعِيْنُ، وَعَلَيْكَ أَتَوَكَّلُ، اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ لِي صُعُوْبَةَ أَمْرِيْ، وَسَهِّلْ عَلَيَّ مَشَقَّةَ سَفَرِيْ، وَارْزُقْنِيْ مِنَ الخَيْرِ أَكْثَرَ مِمَّا أَطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَرٍّ، رَبِّ اشْرَحْ لِيِ صَدْرِيْ، وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

Allāhumma bika asta‘īnu, wa ‘alaika atawakkalu. Allāhumma żallil lī ṣu‘ūbata amrī, wa sahhil ‘alayya masyaqqata safarī, warzuqnī minal khairi mim mā aṭlubu, waṣrif ‘annī kulla ṣyarr, rabbiṣraḥlī ṣadrī wa yassir lī amrī.

Artinya,

"Ya Allah, kepada-Mu aku memohon pertolongan dan kepada-Mu aku berpasrah. Ya Allah, ringankan kesulitan pada urusanku, mudahkanlah kendala perjalananku, karuniakanlah kebaikan bagiku melebihi apa yang kuminta, palingkanlah segala kejahatan dariku, bukakanlah dadaku, dan mudahkanlah urusanku."

Doa bekendara saat mudik lainnya

Berikut doa lainnya yang bisa diamalkan saat perjalanan mudik:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هٰذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هٰذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Allâhumma innâ nas’aluka fî safarinâ hâdzâ al-birra wat taqwâ wa minal ‘amali mâ tardlâ. Allâhumma hawwin ‘alainâ safaranâ hâdzâ, wa-thwi ‘annâ bu‘dahu. Allâhumma antash shâḫibu fis safari, wal khalîfatu fil ahli. Allâhumma innî a‘ûdzubika min wa‘tsâ-is safari wa ka-âbatil mandhari wa sû-il munqalabi fil mâli wal ahli.

Artinya,

"Ya Allah kami memohon kebaikan dan ketakwaan dalam perjalanan kami dan keridhaan dalam amalan kami. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini. Dekatkanlah jauhnya jarak perjalanan ini. Ya Allah Engkaulah yang menyertai kami dalam perjalanan ini, dan pengganti yang menjaga keluarga kami. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perjalanan yang sulit lagi melelahkan, dari pemandangan yang menyedihkan, serta dari tempat kembali yang buruk, baik dalam harta maupun keluarga."


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya