Gempa Terbaru di Bawean dengan Kekuatan M4,1: Data BMKG

"Gempa terkini di Bawean dengan kekuatan M4,1 dan rangkaian gempa sebelumnya. Analisis BMKG dan intensitas gempa di Bawean."

Tech | 08 April 2024, 00:28

Gempa terkini dari Laut Jawa dirasakan pada Kamis sore, 4 April 2024, pukul 17.51 WIB. Gempa ini memiliki kekuatan M4,1 dan merupakan rangkaian dari gempa M5,9 dan 6,5 yang terjadi pada 22 Maret lalu.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa terkini memiliki episentrum 141 kilometer timur laut Tuban, Jawa Timur, dengan kedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa dirasakan paling kuat di Bawean, yang termasuk wilayah Gresik, Jawa Timur.

Gempa ini dirasakan di Bawean dengan skala intensitas III MMI, yang berarti dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah pada siang hari, seperti ada truk melintas. Namun, tidak ada laporan kerusakan akibat gempa ini dan hasil pemodelan menunjukkan tidak ada potensi tsunami.

Hingga saat ini, BMKG mencatat sudah terjadi 478 aktivitas gempa bumi di kawasan yang sama sejak 22 Maret lalu. Pemicunya adalah aktivitas sesar di laut yang belum teridentifikasi.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya