Playlist AI ala Spotify: Menyajikan Lagu Sedih dan Musik Pengiring Pertarungan

"Spotify mengembangkan fitur playlist AI yang dapat menyajikan lagu sedih dan musik pengiring pertarungan. Temukan cara memakainya di artikel ini."

Tech | 12 April 2024, 00:03

Jakarta - Spotify semakin berambisi mengembangkan fitur pembuatan daftar lagu alias playlist berbasis kecerdasan buatan alias AI. Penyedia lagu, lirik, podcast, audio edukasi, dan belakangan juga mencakup video streaming, tersebut selalu berusaha selangkah lebih maju dari pesaingnya, seperti Apple Music maupun Amazon Music.

Dirangkum dari Tech Crunch dan laman resmi Spotify, daftar lagu dibuat berdasarkan perintah tertulis yang diterjemahkan oleh AI. Sistem playlist pintar yang sebelumnya hanya tersedia pada android dan iOS di Inggris dan Australia mulai diperluas secara bertahap.

Kata kunci dari pengguna tak sebatas soal genre atau musik dari periode tertentu, namun lebih berupa arahan yang lebih personal. Bentuk keyword sistem pintar itu bukan seperti 'Musik Metalcore Terpopuler 2010'. Pengguna bisa meminta hal unik, misalnya 'lagu untuk merayu kucing', atau 'irama yang cocok untuk melawan zombie'. Bisa juga 'lagu penghibur ketika mengerjakan tugas akhir'.

Disokong AI, Spotify bisa menerjemahkan berbagai jenis keyword mulai dari tempat, hewan, aktivitas, film, warna, bahkan emoji. Pengguna akan disuguhi saran playlist yang dinilai paling tepat. Tentunya layanan ini hanya untuk pemakai paket premium.

Cara Memakai Playlist AI Spotify

Berikut sejumlah langkah untuk mendapat daftar lagu berbasis AI:

- Buka aplikasi Spotify dan pilih Your Library

- Ketuk tombol plus (+) di sudut kanan atas aplikasi dan pilih Playlist AI

- Pilihlah salah satu perintah yang disarankan dengan kreatif dan spesifik. Misalnya 'musik sedih untuk melukis bunga yang sekarat' atau 'lagu untuk menunggang kuda menuju matahari terbenam'

- Setelah menunggu beberapa saat, Spotify akan menawarkan beberapa lagu yang sesuai

- Selanjutnya, pengguna bisa mengelola pilihan lagu dengan melihat pratinjau dan menghapus trek. Daftar yang sudah dibuat bisa direvisi dan disempurnakan. Kata kunci tambahannya juga harus kreatif, misalnya 'harus lebih pop' atau 'butuh beat yang lebih kencang'

- Ketuk panel create dan hasil pencarian AI tadi akan disimpan secara otomatis dalam Your Library


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya