Niat dan Tata Cara Sholat Hajat: Solusi untuk Segala Permasalahan dan Tercapainya Keinginan

"Sholat hajat adalah salah satu ibadah yang dapat dilakukan untuk memohon kepada Allah SWT agar segala permasalahan dapat teratasi dan keinginan dapat tercapai. Dalam melakukan sholat hajat, ada bebera..."

Life | 12 April 2024, 23:38
Niat dan Tata Cara Sholat Hajat: Solusi untuk Segala Permasalahan dan Tercapainya Keinginan

Secara bahasa hajat artinya kehendak atau keinginan. Tatkala manusia memiliki hajat atau sebuah keinginan, maka dianjurkan untuk melaksanakan sholat hajat. Untuk dapat melaksanakannya dengan baik penting mengetahui tata cara sholat hajat yang benar.

Sholat hajat dilakukan sedikitnya 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat dengan setiap dua rakaat satu kali salam. Jika seseorang menghadapi permasalah, maka solusinya salah satunya ialah melaksanakan sholat hajat. Tentu saja jika ada hajat atau keinginan yang akan kita capai, selain berusaha mencapai keinginan tersebut, maka ikhtiar lainnya ialah melaksanakan sholat hajat.

Dalam pelaksanaannya sholat hajat tidak sulit dan tidak jauh berbeda dengan sholat-sholat sunah lainnya. Namun penting mengetahui tata caranya agar ibadah kita diterima Allah SWT.

Menukil laman kemanag.go.id, cara melaksanakan shalat hajat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan shalat sunnah pada umumnya, namun demikian ada perbedaan yang mendasar yaitu pada niat dan doanya.

Syekh Nawawi Al-Bantani dalam kitab Nihayatuz Zain menyebutkan bahwa orang yang sedang mengalami kesempitan, berhajat untuk kemaslahatan agama dan dunianya, dan merasakan kesulitan, hendaklah melakukakun shalat hajat.

Adapun cara melaksanakan shalat hajat adalah sebagaimana berikut:

  1. Niat melaksanakan shalat hajat: أُصَلِّيْ سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى (Ushallî sunnatal ḫâjati rak‘ataini adâ‘an lillâhi ta‘âlâ).
  2. Membaca Surat Al-Fatihah yang dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek (dianjurkan untuk membaca surat Al-Ikhlas dan ayat kursi).
  3. Setelah selesai shalat, dianjurkan untuk membaca shalawat dan doa.

Setelah itu, dianjurkan juga untuk membaca doa Rasulullah saw. Selanjutnya, orang yang sedang memiliki hajat tertentu bisa melanjutkan bacaan doa Rasulullah saw riwayat Imam At-Tirmidzi. Setelah doa-doa tersebut dipanjatkan, tahapan terakhir adalah memanjatkan doa dengan khusu memohon kepada Allah agar urusan atau hajat khususnya itu bisa dikabulkan.

Dengan mengikuti tata cara sholat hajat ini dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan, diharapkan segala permasalahan dapat teratasi dan keinginan dapat tercapai. Jangan lupa untuk selalu memohon kepada Allah SWT dalam setiap langkah hidup kita, karena Dialah satu-satunya yang dapat memberikan solusi atas segala permasalahan.

Penulis : Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya