Gus Baha Mengkritik Yayasan Yatim Piatu dan Mengingatkan Pesan Mbah Moen

"Gus Baha mengkritik yayasan yatim piatu dan mengingatkan pesan Mbah Moen tentang pentingnya anak yatim piatu bersama keluarganya"

Life | 13 April 2024, 18:33
Gus Baha Mengkritik Yayasan Yatim Piatu dan Mengingatkan Pesan Mbah Moen

Sosok alim alamah KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha pernah menyentil yayasan yatim piatu. Kala itu Gus Baha berkisah jika dirinya pernah kedatangan tamu dari yayasan yatim piatu yang minta doa kepadanya.

Dengan kedatangan tamu dari organisasi semacam ini seharusnya Gus Baha senang atau bahkan memujinya, namun justru reaksi yang diberikan malah dingin. Ternyata Gus Baha memiliki pegangan tersendiri mengenai yatim piatu ini. Inipun berdasar pendapat dhawuh gurunya KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen.

Seperti diketahui, yayasan yatim piatu merupakan sebuah lembaga amal yang bertujuan untuk memberikan perlindungan, pemeliharaan, dan pendidikan kepada anak-anak yang kehilangan salah satu atau kedua orang tua mereka.

Melalui berbagai program dan kegiatan, yayasan ini berupaya memberikan dukungan emosional, pendidikan, serta kebutuhan dasar bagi anak-anak yatim piatu agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam lingkungan yang aman dan peduli.

Dengan memperhatikan aspek-aspek fisik, psikologis, dan sosial, yayasan ini berperan penting dalam membantu membangun masa depan yang lebih baik bagi generasi penerus yang membutuhkan.

Gus Baha setuju saja selama itu semuanya sehat, yayasan sehat, keuangan sehat, serta perilaku yang sehat. Gus Baha mengatakan jika anak yatim piatu itu sebaiknya bersama keluarganya. Anak-anak tersebut milik keluarganya.

Menurut Gus Baha, dengan upaya dan niat baik sebagai yayasan, biasanya yayasan itu merasa jika perilaku menolongnya adalah hal baik dan dibanggakan. Namun tidak demikian bagi Gus Baha. Gus Baha juga mengingat nasihat gurunya Mbah Moen, 'Yayasan yatim piatu yo apik, tapi gak oleh bocah tercabut soko keluargane'.

Selain itu, persoalan lainnya yang timbul adalah persoalannya dikhawatirkan, anak ini nanti kehilangan jalur keluarga.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya