Hilirisasi Digital: Apakah Kemampuan SDM dan Infrastruktur Sudah Mencukupi? [Video]

"Hilirisasi Digital menjadi janji politik yang diusung Paslon Prabowo-Gibran yang telah dinyatakan menang oleh KPU dalam kontestasi Pilpres 2024. Namun demikian rencana hilirisasi digital Prabowo-Gibra..."

Tech | 14 April 2024, 23:45

Hilirisasi Digital menjadi janji politik yang diusung Paslon Prabowo-Gibran yang telah dinyatakan menang oleh KPU dalam kontestasi Pilpres 2024. Namun demikian rencana hilirisasi digital Prabowo-Gibran ini telah sebut Research INDEF, Izzudin Al Farras Adha harus diperjelas kembali mengingat secara literatur akademik tidak ada istilah hilirisasi digital.

Izzudin menilai hilirisasi digital yang dimaksud Paslon 02 mungkin terkait ekonomi digital dalam arti luas dalam konteks pengembangan bisnis UMKM lewat ekosistem e-Commerce. Saat ini terdapat sejumlah tantangan terkait pengembangan sektor hilir digitalisasi yakni penguatan manufaktur hingga digital bisnis dan platform ekonomi.

Di sisi lain, Head of Department Doctor of Computer Science Universitas Bina Nusantara, Ford Lumban Gaol menilai hilirisasi digital dalam konteks pertumbuhan ekonomi RI terkait digitalisasi yang dilanjutkan dengan transformasi.

Hanya saja masih diperlukan upaya pemerintah mendorong transformasi digital yang bisa diutilisasi oleh industri sehingga dapat mendorong lapangan kerja dan perekonomian RI.

Seperti apa PR Hilirisasi Digital dari pasangan Prabowo-Gibran? Selengkapnya simak dialog Andi Shalini dengan Head of Department Doctor of Computer Science Universitas Bina Nusantara, Ford Lumban Gaol dan Research INDEF, Izzudin Al Farras Adha dalam Profit,CNBCIndonesia (Jum'at, 22/03/2024)

Saksikan live streaming program-program TV lainnya di sini


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya