Panduan Pendaftaran Apple Developer Academy yang Dibahas oleh Tim Cook dan Jokowi

"Apple menggunakan pendekatan investasi yang berbeda di Indonesia dengan membangun infrastruktur pendidikan bagi calon pengembang software. Dapatkan informasi lengkap tentang Apple Developer Academy da..."

Tech | 20 April 2024, 01:28
Panduan Pendaftaran Apple Developer Academy yang Dibahas oleh Tim Cook dan Jokowi

Jakarta, - Apple menggunakan pendekatan investasi yang berbeda di Indonesia, yakni dengan membangun infrastruktur pendidikan bagi calon pengembang software. Infrastruktur itu berupa Apple Developer Academy yang sudah ada di 4 kota, Tangerang, Surabaya, Batam, dan terbaru akan diresmikan di Bali.

Apple Developer Academy menawarkan kesempatan bagi semua orang yang berusia 18 tahun ke atas untuk mempelajari topik yang berfokus pada pengkodean, desain, dan keterampilan profesional.

Mengutip laman resmi Apple Academy Binus, mereka akan membuka kelompok akademik berikutnya yang dimulai dari Maret 2025 hingga Desember 2025.

Para peserta Apple Developer Academy akan melakukan 10 bulan program pembelajaran untuk mengembangkan aplikasi sendiri atau menjadi seorang profesional.

"Kurikulum keterampilan profesional kami akan mempertajam keterampilan kepemimpinan Anda untuk membangun tim, berkolaborasi secara efektif, dan membedakan diri Anda dalam CV Anda," tulis Apple di website tersebut, dikutip Rabu (17/4/2024).

"Pembuat kode adalah hal yang umum, tetapi pengembang masih jarang ada. Pengalaman di akademi ini akan membantu Anda menjadi "profesional Berbentuk T" -- yang memiliki perpaduan unik antara teknologi, desain, dan keterampilan bisnis, dengan kemampuan berkomunikasi lintas disiplin ilmu," lanjut keterangan tersebut.

Untuk bisa bergabung dalam program ini, khususnya Apple Developer Academy di Tangerang, Anda bisa membuka website https://developeracademy.apps.binus.ac.id/ dan melakukan registrasi di sana dengan mengklik tombol "Apply Now".

Total investasi Apple di Indonesia

Seperti yang telah disebutkan, Apple Academy menjadi bentuk investasi Apple di Indonesia. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengungkap, total investasinya sekitar Rp 1,6 triliun dari 4 fasilitas Apple Developer Academy yang dibangun di Indonesia.

Hal ini diungkap oleh Agus usai Tim Cook bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo pada pagi ini, Rabu (17/4/2024). Salah satu agenda dalam pertemuan tersebut membahas soal investasi di Indonesia.

Agus mengatakan, saat ini aturan tentang peredaran Handphone, Komputer, dan Tablet (HKT) di Indonesia adalah wajib memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 35%.

Aturan itu sudah dikeluarkan sejak 2021 melalui Peraturan Menteri Kominfo (Permenkominfo).

Lebih lanjut, Agus mengatakan pada 2023 lalu, ada sekitar 49-50 juta HP yang diproduksi di Indonesia. Dari angka itu, impor hanya sekitar 2,79 juta unit.

"Dari 2,79 juta unit itu boleh saya sampaikan 85% adalah produk Apple," kata dia, ditemui di Istana Merdeka.

"Oleh sebab itu, kepentingan dari Indonesia adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia," ia menambahkan.

Menurut Agus, ada banyak cara untuk menghitung nilai tambah TKDN, dan Apple menggunakan pendekatan melalui Apple Developer Academy.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya