Voyager 1 Terus Mengirim Data Kembali ke Bumi Setelah 43 Tahun di Luar Angkasa

"Voyager 1, wahana antariksa NASA yang diluncurkan pada tahun 1977, masih aktif mengirimkan data ke Bumi setelah 43 tahun berada di luar angkasa."

Tech | 24 April 2024, 04:13
Voyager 1 Terus Mengirim Data Kembali ke Bumi Setelah 43 Tahun di Luar Angkasa

Voyager 1 adalah salah satu pencapaian terbesar dalam sejarah eksplorasi antariksa. Diluncurkan pada tanggal 5 September 1977, wahana antariksa ini telah melakukan perjalanan sejauh 22 miliar kilometer dan saat ini berada di luar angkasa.

Meskipun sudah berusia lebih dari empat dekade, Voyager 1 masih aktif mengirimkan data ke Bumi. Hal ini menjadi bukti kehandalan teknologi yang digunakan dalam misi ini. Data yang dikirimkan oleh Voyager 1 memberikan informasi berharga tentang kondisi di luar angkasa yang tidak dapat diakses oleh wahana antariksa lainnya.

Salah satu pencapaian terbesar Voyager 1 adalah saat ia melewati batas tata surya pada tahun 2012. Wahana antariksa ini menjadi objek buatan manusia pertama yang mencapai ruang antarbintang. Setelah melewati batas tata surya, Voyager 1 terus melakukan perjalanan ke arah bintang-bintang lainnya.

Untuk mengirimkan data ke Bumi, Voyager 1 menggunakan antena parabola yang terletak di atas wahana antariksa. Data yang dikirimkan melalui gelombang radio dan diterima oleh stasiun bumi NASA. Meskipun sinyal yang diterima sangat lemah, NASA masih mampu mengumpulkan data yang berharga dari Voyager 1.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya