Hafal Surat Ini Akan Membuat Anda Jadi Lawyer di Depan Malaikat Munkar Nakir: Top 3 Islami. Mengapa Gus Baha Tidak Mengenakan Jubah?

"Gus Baha mengungkapkan keutamaan surat Al-Mulk sebagai pembela di alam kubur. Artikel juga membahas alasan Gus Baha tidak mengenakan jubah dan doa agar dijauhkan dari rasa malas beribadah."

Life | 04 May 2024, 21:08
Hafal Surat Ini Akan Membuat Anda Jadi Lawyer di Depan Malaikat Munkar Nakir: Top 3 Islami. Mengapa Gus Baha Tidak Mengenakan Jubah?

, Jakarta - Ulama ahli Al-Qur'an Gus Baha mengungkapkan fadhilah surat Al-Mulk atau Surat Tabarak. Salah satunya yakni akan menjadi lawyer atau pembela seorang muslim di depan Malaikat Munkar dan Nakir di alam kubur.

Advertisement

Seperti diketahui, di alam barzakh, seseorang akan bertemu dengan Malaikat Munkar Nakir dan ditanya sejumlah hal. Surat ini, kata Gus Baha, akan membela seseorang yang hafal dan senantiasa membacanya.

Penjelasan Gus Baha soal keutamaan surat Al-Mulk yang akan menjadi pembela seorang muslim di alam kubur ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami , Rabu (1/5/2024).

Artikel kedua yang juga menyita perhatian adalah alasan Gus Baha tidak mengenakan jubah, baju batik dan lainnya, melainkan kemeja putih dalam nyaris tiap pengajiannya.

Sementara, artikel ketiga yaitu doa agar dijauhkan dari rasa malas beribadah.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

Simak Video Pilihan Ini:

1. Gus Baha Minta Hafalkan Surat Ini, Akan Menjadi Lawyer di Depan Malaikat Munkar Nakir

Alam kubur

Ulama kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha membagikan ilmu dan cara tentang bagaimana cara memiliki lawyer atau pengacara saat bertemu malaikat Munkar Nakir.

Seperti kita ketahui, lawyer atau pengacara memiliki tugas membantu orang terkait masalah hukum. Lalu bagaimana hubungannya dengan malaikat Munkar Nakir.

Dalam youtube berdurasi pendek channel @ruangulama_official Gus Baha meminta jemaah untuk menghafalkan Surat Tabarak, atau Surat Al-Mulk.

"Hafalkan dan ajarkan surah Tabarak, karena itu yang akan menjadi lawyer Anda di depan malaikat Munkar Nakir," kata Gus Baha.

Ia menggambarkan dengan hafal surah tersebut malaikat akan dibantah terus sebelum mensyafaati penghafalnya. Malaikat, kata Gus Baha, akan diprotes terus oleh surat ini.

Selengkapnya baca di sini

Advertisement

2. Terungkap, Alasan Gus Baha Tidak Memakai Jubah dan Selalu Kenakan Kemeja Putih

Gus Baha (YT Bolo Pusat)

Ulama ahli Al-Qur'an KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) identik dengan kemeja putih, kopyah hitam dan sarung. Busana ini menjadi trade mark Gus Baha.

Dalam salah satu ceramahnya, santri kinasih Mbah Moen, ini pernah mengungkapkan alasannya tidak memakai jubah.

Padahal sebagaimana kita ketahui, beliau merupakan salah seorang yang alim dan luas pengetahuannya dalam bidang agama.

Terkait kemeja putihnya yang menjadi sorotan, menurutnya, terdapat alasan yang mendasarinya, bukan asal-asalan saja.Gus Baha punya alasan kenapa kerap memakai baju berwarna putih.

"Seingat saya belum pernah saya ngaji tidak pakai baju putih," tuturnya sebagaimaan dikutip dari tayangan YouTube Short @Muslim.Permanen, Selasa (30/04/2024).

Selengkapnya baca di sini

3. Ingin Dijauhkan dari Rasa Malas Beribadah? Baca Doa Ini

Ilustrasi waktu-waktu mustajab untuk berdoa (dok.freepik.com)

Adakalanya kita merasa sangat bersemangat untuk beribadah. Akan tetapi, terkadang dalam waktu yang tak lama kondisi itu berubah sebaliknya.

Rasulullah SAW telah mengingatkan umatnya agar senantiasa optimis dalam hidup. Kendati demikian, tak sedikit justru merasa kehilangan arah dan tak semangat menjalaninya.

Memang demikianlah kondisi iman dalam diri seseorang, kadang naik dan turun. Hal tersebut dapat terjadi karena situasi batin yang memang tidak memiliki kecenderungan untuk ibadah.

Oleh sebab itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melunakkan hati agar diringankan dan dimudahkan dalam beribadah adalah dengan membaca doa.

Melansir dari laman , berikut adalah bacaan doa agar hati senantiasa tergerak untuk beribadah. Semoga dapat diamalkan.

Selengkapnya baca di sini

Advertisement


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya