Cara Mudah Mengedit Pesan WhatsApp yang Salah Ketik (Typo) dan Anti Ribet

"Pelajari cara mengedit pesan WhatsApp yang salah ketik dengan mudah dan cepat. Temukan aturan dan batasan fitur ini serta langkah-langkahnya untuk Android, iPhone, WhatsApp Web, dan Desktop."

Tech | 07 May 2024, 13:57
Cara Mudah Mengedit Pesan WhatsApp yang Salah Ketik (Typo) dan Anti Ribet

Pasti banyak dari kita yang suka salah ketik alias typo saat mengirim pesan di WhatsApp. Seringkali juga, kita menyadari kesalahan setelah pesan terkirim.

Jangan khawatir. Kamu dapat mengedit pesan untuk memperbaiki kesalahan dalam teks. Namun sebelum mempelajari cara mengedit pesan di WhatsApp, kamu harus mengetahui aturan dan batasan fitur tersebut. Pertama, kamu hanya dapat mengedit pesan dalam waktu 15 menit setelah pengirimannya.

Kedua, WhatsApp tidak menyimpan riwayat revisi hasil edit kamu. Sebagai gantinya, penerima hanya akan mengetahui bahwa pesan telah diedit dari label yang muncul di sebelahnya. Kamu juga tidak dapat menghapus pesan sepenuhnya saat mengeditnya.

Dimungkinkan juga untuk mengedit pesan yang dikirim dalam percakapan yang menghilang. Meskipun kamu dapat menyimpan pesan yang hilang di WhatsApp, kamu tidak dapat melacak riwayat edit pesan. Perhatikan juga bahwa hanya mungkin untuk mengedit pesan terkirim, kamu tidak dapat mengedit pesan yang diterima dari orang lain.

Terakhir, kamu hanya dapat mengedit satu pesan WhatsApp yang dikirim dalam satu waktu. Artinya pengeditan massal tidak dimungkinkan. Namun, kamu dapat mengedit beberapa pesan terkirim satu per satu selama jendela 15 menit untuk mengeditnya belum kedaluwarsa.

Cara mengedit pesan terkirim di WhatsApp untuk Android atau iPhone

Kamu dapat mengedit pesan terkirim di WhatsApp dalam percakapan grup dan individu. Langkah-langkahnya serupa di Android dan iOS. Untuk mengedit pesan WhatsApp Anda, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka percakapan WhatsApp di mana kamu ingin mengedit pesan yang baru saja kamu kirim.

2. Tekan lama pada pesan yang ingin kamu edit.

3. Di Android, pilih ikon pensil dari bilah alat di atas. Jika tidak ada ikon pensil, tekan titik tiga lalu pilih Edit. Di iPhone, pilih opsi Edit dari menu yang muncul. Kamu sekarang dapat mengedit pesan terkirim.

3. Ketuk tanda centang di sebelah kotak teks untuk mengonfirmasi bahwa kamu telah mengedit pesan.

Label yang diedit akan muncul dengan pesan yang direvisi setelah dikirim. Perhatikan bahwa kamu tidak dapat mengedit media atau dokumen setelah mengirimkannya dalam percakapan WhatsApp. Namun, kamu dapat mengedit teks di media sebelum meneruskannya ke obrolan WhatsApp lainnya.

Cara mengedit pesan terkirim di WhatsApp Web atau Desktop

Kamu juga dapat mengedit pesan WhatsApp yang kamu kirim di WhatsApp Web atau menggunakan aplikasi desktop. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengedit pesan.

1. Buka percakapan WhatsApp tempat kamu mengirim pesan yang ingin kamu edit.

2. Klik panah kecil yang menghadap ke bawah di sebelah pesan yang kamu kirim, diikuti dengan Edit.

3. Dari jendela dialog yang terbuka, edit pesan sesuai kebutuhan.

4. Tekan Enter atau klik tanda centang di sebelah kotak teks untuk mengonfirmasi pengeditan.

Hampir semua layanan perpesanan popular saat ini memungkinkan kamu mengedit pesan terkirim, tidak terkecuali WhatsApp. Fitur ini berguna untuk memperbaiki kesalahan ketik dengan cepat. Tetapi ingat bahwa kamu harus membuat semua perubahan dalam waktu 15 menit. Setelah periode waktu ini berakhir, satu-satunya pilihan kamu adalah menghapus teks dan mengirim yang baru.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya