Cara Mengatasi Uban Hanya dengan 2 Jenis Biji-bijian, Tanpa Perlu Mengeluarkan Banyak Uang di Salon

"Ingin mengatasi uban tanpa perlu ke salon? Baca artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi uban hanya dengan 2 jenis biji-bijian yang efektif dan murah."

Life | 08 May 2024, 19:58
Cara Mengatasi Uban Hanya dengan 2 Jenis Biji-bijian, Tanpa Perlu Mengeluarkan Banyak Uang di Salon

Berbagai tanda penuaan akan muncul saat seseorang memasuki usia lanjut. Salah satunya adalah rambut yang putih. Rambut yang mulai memutih memang umum dialami oleh seseorang yang usianya di atas 40 tahun. Namun kondisi ini juga bisa dialami orang yang masih remaja lho.

Rambut yang memutih karena penuaan disebut uban, sedangkan yang muncul pada remaja disebut uban prematur. Berbeda dengan uban karena penuaan, uban prematur sepenuhnya dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetika.

Uban disebabkan oleh folikel rambut yang sudah tak lagi memproduksi melanin, yang merupakan zat pemberi warna rambut. Pasalnya saat seseorang menua, regenerasi sel juga akan menurun yang akan membuat kadar melanin ikut berkurang. Karena itulah, helaian rambut yang tumbuh tidak akan mendapatkan pigmen yang sempurna.

Selain faktor usia, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan munculnya uban. Seperti genetik, stres, perawatan rambut yang salah, terlalu sering melakukan styling menggunakan pewarna kimia dan alat pemanas, hingga gaya hidup tidak sehat.

Walaupun umum dialami dan pasti muncul saat seseorang sudah berusia lanjut, namun adanya uban cukup membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Biasanya, karena akan membuat tampilan jadi tampak lebih tua. Karena hal itu, banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi uban agar tak tumbuh lebih banyak.

Ada yang melakukan semir di salon, mewarnai rambut sendiri, serta memanfaatkan bahan-bahan alami. Semir di salon memang efektif untuk mengatasi tampilan uban di kepala, namun cara ini perlu dilakukan berulang, sehingga membutuhkan biaya yang tak sedikit. Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tak kalah efektif dari semir rambut di salon.

Seperti unggahan dari seorang pria melalui akun TikTok pribadinya @ubatkampung, yang memakai 2 jenis biji-bijian. Biji-bijian yang digunakan adalah biji pepaya dan jintan hitam.

Kandungan biji pepaya untuk mengatasi uban.

Biji pepaya kerap kali dianggap tidak berguna dan hanya dibuang begitu saja. Padahal biji pepaya ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan rambut lho. Seperti mengatasi uban dan menyuburkan rambut. Bukan tanpa alasan, bahan alami ini mengandung glucoside cacirin dan karpain yang dapat menghitamkan rambut beruban. Biji pepaya juga efektif untuk menutrisi rambut dan menguatkan akar rambut berkat kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya.

Manfaat jintan hitam untuk menghitamkan uban secara alami.

Jintan memang menjadi salah satu rempah yang umum digunakan untuk memasak, namun jintan hitam atau yang disebut habbatussauda ini juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Jintan hitam mempunyai manfaat untuk menghitamkan rambut secara alami.

Kandungan asam linoleat yang tinggi dalam jintan hitam diklaim membantu mencegah pengurangan melanin dalam sel rambut, sehingga mampu menunda pertumbuhan uban. Mengaplikasikannya secara rutin pada kulit kepala juga dapat menjaga rambut tetap berkilau dan bebas rontok.

Hanya dengan dua jenis biji-bijian tersebut, kamu bisa membuat masker rambut yang diklaim efektif untuk mengatasi tampilan uban agar tak tumbuh lebih banyak. Begini cara membuat dan menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ubatkampung, Sabtu (4/5).

Bahan:

- 2 sendok makan biji pepaya
- 2 sendok makan jintan hitam
- Air secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

1. Sangrai biji pepaya dan jintan hitam selama 3-5 menit.
2. Tumbuk kedua biji tersebut sampai benar-benar halus.
3. Tambahkan sedikit air lalu aduk keduanya.
4. Aplikasikan pada rambut yang beruban dan kulit kepala secara menyeluruh.

5. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap.
6. Diamkan selama 2-3 jam.
7. Bilas menggunakan air sampai bersih.
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan rambut bebas uban.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya