Manfaat Al-Waqi'ah dalam Menarik Rezeki, Waktu yang Digunakan oleh Rasulullah untuk Membacanya

"Surah Al-Waqi'ah memiliki manfaat dalam menarik rezeki dan waktu yang digunakan oleh Rasulullah untuk membacanya"

Life | 15 May 2024, 05:02
Manfaat Al-Waqi'ah dalam Menarik Rezeki, Waktu yang Digunakan oleh Rasulullah untuk Membacanya

Salah satu surah yang membahas tentang kiamat ialah surah Al-Waqi’ah. Surah Al-Waqi’ah mengisahkan kejadian dahsyat seputar kiamat.

Berdasarkan keterangan hadis Rasulullah SAW, salah satu fadhilah surah ini ialah mampu menarik rezeki.

Surah Al-Waqi’ah tergolong surah makiyyah, yaitu surah-surah yang turun di kota Makkah dan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

Surah ini juga merupakan salah satu surah yang kerap dibaca Rasulullah SAW. Lalu kapan waktu Rasulullah membaca surah ini?

Menurut Republika, surah Al-Waqi'ah memiliki manfaat dan tujuan yang terdapat di dalam pondasi akidah dan tujuan utama Al-Qur'an. Surah Al-Waqi'ah juga pernah disinggung oleh Nabi Muhammad SAW.

Suatu kali Abu Bakar bertemu Rasulullah SAW lalu berkata, 'Wahai Rasulullah, Anda telah beruban.'

Kemudian Nabi Muhammad SAW bersabda, 'Saya telah dibuat beruban oleh Surah Hud, Al-Waqi'ah, Al-Mursalat, Amma Yatasan Alun, dan Izasy-Syamsyu Kuwwirat (HR Tirmidzi dari jalur Ibnu Abbas)'

Keempat Surah yang disebutkan dalam hadits itu, memiliki kesamaan yaitu sama-sama mengulas Hari Akhir. Ayat-ayat di dalamnya menjadi saksi kebenaran atas hadits Nabi Muhammad tentang Hari Kebangkitan dan Hari Pembalasan serta kesulitan besar yang terjadi di dalamnya.

Tepat di sebelah makam dan mimbar Rasulullah terdapat raudhah yang biasanya digunakan jemaah untuk berdoa dan bermunajat kepada Allah SWT.

Berbagai kesulitan pada Hari Akhir, yang disebutkan dalam empat surah tersebut, termasuk Al-Waqi'ah, menjadi peringatan untuk mencela ketergantungan manusia pada dunia, dan mendesak mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi Hari Kiamat.

Kesadaran tersebut hanya akan datang pada mereka yang merenungkan Surah Al-Waqi'ah dan tiga surah yang lain. Hari Kiamat dan kedatangannya yang sudah dekat adalah peringatan yang kuat bagi orang-orang yang lalai dan tertipu pada kekayaan duniawi.

Karena itu, seorang Muslim hendaknya membiasakan diri untuk membaca Surah Al-Waqi'ah. Adapun waktu yang tepat untuk membacanya yaitu sebagaimana tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Dari Jabir bin Samra RA, dia berkata, 'Rasulullah SAW biasa membaca (Surah) Al-Waqi'ah dan Surah sejenisnya pada waktu Subuh.' (HR Ahmad)

Dalam riwayat lain, dari Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah bersabda, 'Siapa yang membaca Surah Al-Waqi'ah setiap malam, tidak akan mengalami kemiskinan selamanya.' (HR Baihaqi)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya