Pewarta Kompeten yang Ahli dalam Menyusun Konten SEO: Tantangan dan Strategi Mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan

Life | 16 May 2024, 09:26

"Menjadi wartawan kompeten yang tersertifikasi Dewan Pers tidak pernah ada dalam bayangan saya sebagai Syakir NF di masa kecil. Selama 2x12 jam, saya diuji dengan 11 mata ujian yang cukup menantang. Uj..."

Menjadi wartawan kompeten yang tersertifikasi Dewan Pers tidak pernah ada dalam bayangan saya sebagai Syakir NF di masa kecil. Selama 2x12 jam, saya diuji dengan 11 mata ujian yang cukup menantang. Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tersebut dilaksanakan Dewan Pers pada 26-27 April 2024 di Hotel Sultan Jakarta dengan menggandeng sejumlah lembaga uji, yakni LUKW Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS), Kompas, Pewarta Foto Indonesia (PFI), MNC, dan ANTV. Peserta yang berjumlah 162 orang wartawan itu sebelumnya mengikuti pra-UKW pada 25 April 2024 di hotel yang sama.

Penguji saya, Lahyanto Nadie, merupakan wartawan senior yang juga aktif di dunia akademik, juga seorang budayawan. Waktu yang terbatas juga menjadi hal yang sangat menuntut ketelitian kita sebagai peserta uji. Dalam hal ini, narasumber utama adalah pelaku atau korban itu sendiri. Dari wawancara ketiga narasumber itu, saya menulis satu liputan dengan judul Niat Menolong Malah Bikin Kantong Bolong. Nilai pun diketahui oleh peserta uji secara langsung. Hal lain yang cukup mencuri perhatian peserta uji adalah pengetahuan dan penerapan Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan berbagai produk hukum Dewan Pers, terutama terkait pedoman pemberitaan ramah anak dan disabilitas, serta Kode Etik Jurnalistik. Saat itu, saya ditanya perihal hak jawab, embargo, dan off the record. Ala kulli hal, akhirnya, saya dan empat rekan lainnya dari berhak menyandang wartawan kompeten. Muhammad Syakir Niamillah Fiza, Redaktur


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:26 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya